Ukuran Wiper Honda Jazz : GE8, GD3, GK5

Ukuran Wiper Honda Jazz
Advertisements

Ukuran Wiper Honda Jazz – Honda Jazz termasuk salah satu mobil yang banyak diminati karena desainnya yang mewah, harga terjangkau, dan pajak kendaraan Jazz yang tergolong murah.

Selain itu Jazz juga visibilitas yang luas, namun saat memasuki musim hujan visitabilas akan terganggu jika wiper rusak. Untuk menggantinya anda perlu tahu ukuran wiper Jazz anda.

Lalu berapa ukuran wiper Honda Jazz? Ukuran wiper Honda Jazz GE8 adalah 26” dan 14“ begitu juga dengan  Honda Jazz GK5, sedangkan ukuran wiper Honda Jazz GD3 adalah 24” dan 14”.

Advertisements

Daftar Ukuran Wiper Honda Jazz

Honda Jazz memiliki ukuran wiper yang berbeda-beda tergantung pada bentuk body Jazz tersebut. Bentuk bodi Honda Jazz sudah berevolusi dalam 3 generasi diantaranya adalah generasi pertama yaitu GD3 tahun 2002 – 2006, generasi kedua yaitu GE8 tahun 2007 – 2013, dan generasi yaitu GK5 tahun 2014 – 2020.

Berikut ini adalah daftar ukuran wiper Jazz GE8, GD3 dan GK5 :

Tipe JazzUkuran Wiper DepanUkuran Wiper Belakang
Honda Jazz GE826 inch & 14 inch14 inch
Honda Jazz GD324 inch & 14 inch14 inch
Honda Jazz GK526 inch & 14 inch14 inch
Advertisements

Anda bisa menjadikan ukuran tersebut sebagai patokan saat hendak mengganti wiper Honda Jazz anda.

Ukuran wiper yang sesuai dapat mengganggu visibilitas anda saat berkendara dikarenakan daya membersihkan wiper yang tidak maksimal terutama saat hujan.

Harga Wiper Honda Jazz

Harga Wiper Honda Jazz beraneka ragam, tergantung pada pilihan jenis merk yang anda gunakan. Sebagai perkiraan, berikut ini daftar harga wiper Honda Jazz original Honda :

Jenis WiperHarga
Wiper Original Honda Jazz GE8  Rp. 420.000
Wiper Original Honda Jazz GK5Rp. 500.000
Wiper Original Honda Jazz GD3Rp. 350.000

Selain menggunakan merk original Honda anda juga bisa menggunakan merk lain yang memiliki kualitas tak kalah dari merk original bahkan beberapa merk memiliki kualitas lebih baik.

Untuk dari segi harga, wiper dari merk lain mempunyai selisih harga yang jauh lebih murah dari wiper original, dengan berbagai pilihan harga, kualitas, dan tipe wiper.

Beberapa merk yang banyak direkomendasikan adalah Bosch, RWB dan NWB japan. Kisaran harga wiper dari merk-merk tersebut beraneka ragam mulai Rp. 80.000 – Rp. 400.000.

Biaya Pemasangan Wiper Honda Jazz di Bengkel Resmi

Advertisements

Pada dasarnya anda tidak perlu ke bengkel untuk melakukan penggantian wiper, karena penggantian wiper bisa anda lakukan dengan mudah hanya dengan menekan klip pada bagian tengah wiper.

Untuk biaya pemasangan wiper Honda Jazz di bengkel resmi anda tidak dikenakan biaya jasa atau gratis. Anda hanya dikenakanan biaya wiper baru atau karet wiper baru anda.

Apakah Bisa Honda Jazz Hanya Ganti Karet Wiper Saja?

Bisa, anda bisa mengganti komponen karet wiper saja tanpa harus mengganti seluruh komponen blade wiper.

Selain itu, karet wiper mempunyai usia pemakaian maksimal 1 tahun. Karena karet wiper mobil akan mengeras dan kaku setelah pemakaian lebih dari satu tahun, selain daya membersihkan yang berkurang wiper yang mengeras juga bisa menggores kaca mobil. Idealnya karet diganti 1 – 2 kali dalam satu tahun atau 6-12 bulan sekali.

Dari segi harga karet wiper sendiri juga jauh lebih murah. Harga karet wiper mobil jazz original Honda berkisar Rp. 70.000 – Rp. 90.000 per buah. Untuk karet wiper set kanan dan kiri berkisar antara Rp. 130.000 – Rp. 180.000.

Untuk cara pemasanganya bisa anda lakukan sendiri dengan hanya menarik lepas karet lama dan memasangkan karet yang baru. Anda tidak harus ke bengkel untuk mengganti karet wiper.