Ukuran Velg Xpander dan Ciri Velg Rusak

Ukuran Velg Xpander – Velg atau pelek merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai tumpuan mobil dan pusat putaran roda. Velg juga memiliki pengaruh besar pada tampilan luar mobil anda.

Advertisements

Mitsubishi Xpander miliki ukuran velg yang berbeda setiap tipenya. Karena fungsinya yang penting, sebaiknya anda tidak asal ketika mengganti velg Xpander.

Lalu berapa ukuran standar velg Xpander anda?

Ukuran velg Xpander ultimate adalah diameter ring 17 inci dan ukuran velg Xpander Sport, Xpander Exceed, dan Xpander GLS memiliki ukuran velg dengan diameter ring yang sama yaitu 16 inci.

untuk informasi lebih lanjut mengenai ukuran velg Xpander, anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Xpander
  • Tips Merawat Velg Xpander
  • Penyebab Velg Xpander Rusak
  • Dampak Ganti Ukuran Velg Xpander
  • Ciri-ciri Velg Xpander Rusak
Advertisements

Ukuran Velg Mitsubishi Xpander

Bagi anda pemilik mobil Xpander, sebelum mengganti velg Mitsubishi Xpander anda sebaiknya anda mengetahui ukuran standar velg anda. Hal ini juga bisa digunakan sebagai patokan ketika anda akan memodifikasi velg anda.

Berikut ukuran standar velg Xpander:

Tipe XpanderUkuran Velg
Xpander Ultimate17 Inci
Xpander Sport16 Inci
Xpander Exceed16 Inci
Xpander GLS16 Inci

 Selain mengetahui ukuran diameter ring, anda juga perlu mengetahui ukuran PCD atau pitch circle diameter yang merujuk pada jumlah baut dan jarak lubang baut pada velg. Semua tipe Xpander memiliki ukuran PCD yang sama yaitu 5 x 114,3 mm, yang artinya velg memiliki 5 lubang baut dengan jarak 114,3 mm antar lubangnya. 

Bagi anda yang ingin membeli velg Xpander, anda juga bisa mendapatkannya secara online di toko otomotif terpercaya via Shopee. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengunjungi toko otomotif di Shopee anda bisa menekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Ciri-Ciri Velg Xpander Rusak

Velg yang rusak akan mempengaruhi kestabilan dan kenyamanan anda saat berkendara, ketika velg anda rusak, biasanya akan menunjukan gejala atau ciri. berikut beberapa ciri-ciri ketika velg anda rusak yang dapat anda ketahui :

  • Setir terasa bergetar ketika melaju dengan kecepatan tinggi
  • Terdengar suara berdecit dari velg
  • Tekanan angina ban mudah berkurang
  • Adanya bagian yang aus pada permukaan velg

Penyebab Velg Mobil Xpander Rusak

Saat velg dalam kondisi rusak otomatis akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan anda saat berkendara. Tidak hanya itu velg yang rusak juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain.

Berikut beberapa penyebab utama velg Xpander anda rusak yang dapat anda ketahui :

Advertisements

Jalan rusak dan berlubang

Berkendara di jalan yang rusak dan berlubang dapat meningkatkan risiko velg anda cepat rusak. hal ini dikarenakan benturan dan hentakan yang keras dapat menyebabkan velg penyok terutama pada bagian bibir velg.

Spesifikasi ban tidak sesuai dengan velg

Penggunaan ban yang spesifikasinya tidak sesuai dengan ukuran velg, dapat berisiko merusak velg dan ban itu sendiri, selain itu juga akan mengganggu kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara.

Tekan angin ban kurang

Tekanan angin ban yang kuran dari standar yang direkomendasikan dapat menyebabkan bagian bibir velg penyok dan cepat aus. Sebaiknya pastikan tekanan angin ban anda stabil dan cukup.

Dampak Ganti Ukuran Velg Mobil Xpander

Modifikasi velg banyak dilakukan oleh pemilik mobil, terutama dengan mengubah ukuran velg mobil dengan ukuran yang lebih besar. Disamping itu, dengan mengganti ukuran velg dari ukuran standar yang ditentukan, tentu saja  memiliki dampak yang dapat merugikan bagi kendaraan dan pemilik.

Berikut beberapa dampak yang dapat muncul :

Pengendalian kemudi terganggu

Adanya perubahan diameter pada velg akan mempengaruhi beban putar pada kemudi, semakin besar anda mengubah ukuran velg, beban putar kemudi juga akan semakin berat.

Kenyamanan berkendara berkurang

Mengganti ukuran velg lebih besar otomatis akan mengorbankan ketebalan ban, dan posisi pemasangan ban. Hal ini akan menyebabkan mobil terasa kurang nyaman dan ban terasa keras.

Akselerasi mobil menurun

Mengganti ukuran velg lebih besar dari ukuran standar, mengakibatkan titik tumpuan beban kendaraan juga semakin besar, hal itu tentu saja akan menurunkan akselerasi mobil, karena tenaga mesin yang digunakan untuk memulai laju awal kendaraan akan menjadi lebih besar.

Jarak pengereman lebih panjang

Velg dengan diameter yang lebih besar otomatis akan menyebabkan pengereman membutuhkan tenaga yang lebih besar, sehingga jarak pengereman menjadi lebih panjang dari biasanya.

Ban aus sebelah

Ketika mengganti ukuran velg lebih besar kebanyakan orang akan melakukan negative camber atau memasukkan bagian atas ban kedalam velg untuk menyesuaikan dengan ukuran velg, namun hal ini menyebabkan permukaan ban tidak menginjak aspal sepenuhnya, sehingga ban akan cepat aus sebelah.

Tips Merawat Velg Mitsubishi Xpander

Untuk menjaga agar velg Xpander anda selalu dalam kondisi baik  dan mencegah kerusakan dini, anda perlu melakukan perawatan pada velg anda. Berikut beberapa tips merawat velg yang dapat anda ikuti :

Hindari jalan rusak dan berlubang

ketika mobil anda melewati jalanan yang rusak dan berlubang, hentakan dan benturan dapat berisiko menyebabkan velg Xpander anda rusak atau penyok terutama bagian bibir velg. Jika rute jalan tidak bisa dihindari, usahakan untuk tidak mengebut.

Perhatikan tekanan angin ban

Pastikan tekanan angin ban anda cukup dan stabil, karena tumpuan beban mobil terdapat pada roda terutama pada velg dan ban, jika tekanan ban kuran dan tidak stabil dapat menyebabkan velg anda penyok dan rusak.

Bersihkan velg secara rutin

Posisi velg yang berada di bawah, menyebabkan velg mudah kotor terutama ketika hujan dan melewati jalanan yang kotor dan becek. Air hujan yang mengandung asam dapat menyebabkan terjadinya korosi dan karat pada velg anda. Segera bersihkan velg ketika terlihat kotor dan bersihkan velg secara rutin.