Ukuran Velg Vixion dan Penyebab Velg Rusak

Ukuran Velg Vixion – Velg atau pelek memiliki fungsi sebagai tumpuan motor dan tempat pemasangan ban. Velg Vixion memiliki ukuran yang berbeda-beda pada setiap tipenya. Jika anda akan mengganti velg Vixion anda, anda perlu mengetahui ukuran velg Vixion anda.

Advertisements

Lalu berapa ukuran standar velg Vixion?

Ukuran velg Vixion Old (lama) adalah 1,60 inci untuk bagian depan dan 1,85 inci bagian belakang, Vixion Lightning (NVL) dan Vixion Advance (NVA) adalah 2,15 inci bagian depan dan 3,5 inci bagian belakang, All New Vixion 150 cc adalah 2,15 inci bagian depan dan 3,5 inci bagian belakang, All New Vixion R 155 cc adalah 2,15 inci bagian depan dan 4 inci bagian belakang. Semua tipe Vixion memiliki ukuran ring velg yang sama yaitu 17 inci.

untuk informasi lebih jelas mengenai ukuran velg Yamaha Vixion, Anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Vixion
  • Tips Mengganti Velg Vixion
  • Penyebab Velg Vixion Rusak
  • Tips Merawat Velg Vixion
Advertisements

Ukuran Velg Vixion

Ukuran velg Vixion memiliki ukuran standar yang berbeda-beda pada setiap tipenya, anda bisa mengetahui ukuran velg setiap tipe Vixion pada tabel di bawah ini:

Tipe VixionVelg DepanVelg BelakangRing
Vixion Old1,601,8517
Vixion Lightning (NVL)2,153,5017
Vixion Advance (NVA)2,153,5017
All New Vixion 150cc2,153,5017
All new vixion R 155cc2,154,017

Jika anda ingin membeli velg Vixion yang original, anda bisa membelinya di toko otomotif official  terpercaya di Shopee, selain itu anda juga bisa mendapatkan harga promo dan gratis  biaya pengiriman ke seluruh Indonesia. Untuk mengunjungi halaman Shopee anda bisa menekan tombol di bawah ini :

Advertisements

Tips Mengganti Velg Vixion

Agar terhindar dari adanya kesalahan dan menjaga keamanan dan keselamatan anda kedepannya, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengganti velg Vixion anda. Berikut beberapa tips sebelum mengganti velg Vixion anda :

Sesuaikan jenis velg

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah menyesuaikan ukuran velg dengan ukuran standar velg Vixion anda. Untuk jenis dan model, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda.

Jika anda ingin tampilan manly dan sporty anda bisa menggunakan velg jenis racing, atau anda juga dapat mengganti dengan jenis velg jeruji atau palang dengan berbagai pilihan warna selera anda. Jika anda ingin tampilan simpel dan original, anda bisa menggunakan velg standar original.

Pastikan ukuran ban                                    

Pastikan spesifikasi ban yang anda gunakan sesuai dengan spesifikasi dan ukuran velg Vixion anda. Ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi velg dapat merusak velg dan ban itu sendiri.

Berikan jarak antara lengan ayun dengan ban

Perhatikan posisi lengan ayun (swing arm) dan rantai dengan ban. Sebaikanya beri jarak minimal 3 cm, jangan sampai dengan menambah ukuran velg dapat mengganggu posisi lengan ayun atau tersangkut.

Sesuaikan ukuran gear

Jika anda mengganti ukuran velg lebih besar maka tarikan mesin juga akan lebih besar, sebaiknya anda juga mengganti ukuran gear yang lebih besar. Anda bisa menaikkan ukuran gear satu tingkat.

Penyebab Velg Vixion Rusak

Meskipun letak velg terlindungi oleh ban, namun velg tetap mempunyai risiko terjadinya kerusakan dengan berbagai penyebab, berikut beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada velg Vixion anda :

Advertisements

Jalan rusak dan tidak rata

Jalanan yang rusak dan berbatu dapat berisiko merusak velg, terutama terjadinya penyok pada bagian bibir velg. Selain itu pengereman mendadak saat melewati jalan yang rusak dapat menyebabkan velg penyok, hal ini karena adanya hentakan yang keras.

Tekanan angin ban kurang

Jika tekanan angin pada ban kurang atau tidak stabil, dapat menyebabkan pijakan velg pada ban juga tidak stabil sehingga dapat menyebabkan velg penyok, apalagi jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Penggunaan ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi velg

Penggunaan ukuran ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg dapat menyebabkan velg dan ban itu sendiri cepat rusak selain itu juga akan mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

Cara Merawat Velg Vixion

Agar velg Vixion anda mempunyai umur panjang dan tidak mudah rusak, anda perlu melakukan perawatan pada velg Vixion anda, berikut beberapa tips yang bisa ana ikuti dalam merawat velg Yamaha Vixion anda:

  1. Pastikan tekanan angin ban cukup

    Pastikan tekanan ban anda tidak kurang, tekanan angin ban yang kurang dapat menyebabkan velg cepat rusak dan penyok.

  2. Perhatikan cara berkendara anda

    Usahakan untu berkendara pada kecepatan aman dan tidak ugal-ugalan. Hindari jalan rusak dan berbatu, jika tidak ada pilihan rute lain, pastikan untuk tidak mengebut.

  3. Bersihkan velg secara rutin

    Jaga kebersihan velg anda, terutama setelah kehujanan dan melewati jalanan yang kotor dan berlumpur, karena air hujan dapat mengandung asam yang dapat mempercepat proses korosi dan karat pada velg anda.

  4. Lakukan pemeriksaan rutin

    Lakukan pemeriksaan rutin motor Vixion anda setiap bulan pada bengkel resmi, pemeriksaan ini bertujuan memeriksa secara kinerja komponen motor Vixion anda, salah satunya adalah velg.