Ukuran Velg Vespa dan Rekomendasi Nya

Ukuran velg vespa – Velg atau pelek merupakan bulatan logam yang berada pada tengah roda yang berfungsi sebagai pusat putaran roda. Vespa memiliki ukuran velg yang berbeda setiap tipenya. Karena fungsinya yang cukup penting, jangan sampai salah ketika akan menggantinya.

Advertisements

Lantas berapa ukuran velg Vespa?

Ukuran velg Vespa S 125 bagian depan adalah 11 inci dan bagian belakang 10 inci, velg Vespa Sprint S 150 bagian depan dan belakang adalah 12 inci, velg Vespa LX bagian depan adalah 11 inci dan bagian belakang 10 inci, dan velg Vespa Primavera bagian depan dan belakang adalah 11 inci.

Untuk informasi lebih jelas mengenai ukuran velg Vespa, anda bisa membaca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Velg Vespa
  • Fungsi Velg Vespa
  • Tips Merawa Velg Vespa
  • Penyebab Velg Vespa Rusak
  • Rekomendasi Velg Vespa
Advertisements

Ukuran Velg Vespa

Ukuran velg Vespa memiliki ukuran yang berbeda setiap tipenya, anda bisa mengetahui ukuran setiap tipe Vespa pada tabel di bawah ini:

Tipe VespaVelg DepanVelg Belakang
Vespa S 12511 inci10 inci
Vespa Sprint S 15012 inci12 inci
Vespa LX11 inci10 inci
Vespa Primavera11 inci11 inci

Jika anda ingin membeli velg Vespa dengan harga murah dan original. Anda bisa membeli produknya toko otomotif online terpercaya Shopee. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke halaman Shopee:

Rekomendasi Velg Vespa

Advertisements

Bagi anda yang ingin memodifikasi velg vespa agar tampilan vespa anda lebih menarik, berikut beberapa rekomendasi velg ukuran R10-13 yang bisa anda gunakan:

  • Velg VRossi Uno (Rp. 1.699.000)
  • Velg Maru’s W125 black  (Rp. 4.000.000)
  • Velg Zelioni comb 1 BBS Chrome (Rp. 20.000.000)
  • Velg Maru’s W252 (Rp. 27.000.000)

Seluruh velg di atas aman anda gunakan pada vespa anda, namun sebaiknya anda berkonsultasi pada mekanik bengkel kepercayaan anda sebelum mengganti velg Vespa anda.

Fungsi Velg Vespa

Velg merupakan salah satu komponen utama dalam laju kendaraan. Velg pada Vespa mempunyai fungsi utama sebagai tempat putaran ban pada roda dan menopang beban kendaraan. Dengan adanya velg ban dapat terpasang dengan presisi sempurna.

Apabila velg rusak maka laju kendaraan dan kenyamanan anda saat benkendara dapat terganggu. Dengan demikian anda perlu memperhatikan velg dari segi kualitas dan ukuran velg yang anda gunakan. Serta rawat dan cek secara berkala velg yang anda gunakan.

Tips Merawat Velg Vespa

Agar velg vespa anda tidak mudah rusak dan berumur panjang, anda perlu merawat velg vespa anda. Berikut beberapa tips merawat velg vespa yang dapat anda lakukan:

Bersihkan velg secara rutin

Pastikan velg anda tetap bersih, segera cuci motor anda setelah melewati jalanan yang kotor dan berlumpur terutama setelah hujan. Karena air hujan mengandung asam yang dapat menyebabkan velg mengalami korosi dan karat.

Perhatikan cara berkendara anda

Advertisements

Berkendaralah dengan kecepatan yang aman  dan tidak ugal-ugalan. Hindari jalan rusak dan berbatu, jika jalan rusak tidak bisa dihindari, pastikan untuk tidak mengebut.

Pastikan tekanan angin ban cukup

Pastikan tekanan ban vespa anda memiliki tekanan yang cukup, tekanan ban yang kurang dapat menyebabkan velg anda penyok. Apalagi jika hal ini berlangsung cukup lama.

Lakukan pemeriksaan rutin

Lakukan pemeriksaan rutin setiap bulan pada vespa, tujuannya untuk memeriksa kondisi vespa secara keseluruhan, termasuk pemeriksaan kondisi velg vespa. Sehingga kerusakan dini dapat terdeteksi.   

Penyebab Velg Vespa Rusak

Meskipun letaknya terlindungi oleh ban, namun velg juga bisa penyok, retak ataupun pecah. Penyebabnya berbagai macam. Berikut beberapa penyebab velg Vespa rusak yang bisa anda ketahui:

Jalan yang rusak dan tidak rata

Jalanan yang rusak dan berbatu dapat menyebabkan terjadinya penyok pada bagian tepi velg Vespa. Selain itu pengereman yang mendadak saat melewati jalanan yang berlubang juga bisa menyebabkan velg penyok. Karena beban hanya akan bertumpu pada velg.

Tekanan angin ban kurang

Jika tekanan angin ban kurang, tumpuan beban kendaraan akan langsung bertumbu pada velg, apabila berlangsung dalam waktu yang lama akan menyebabkan velg bengkok.

Penggunaan ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg

Penggantian ban harus mengikuti dengan spesifikasi velg Vespa, apabila tidak sesuai dengan velg dapat membuat velg rusak selain itu juga dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara.