Ukuran Velg Supra dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Velg Supra – Honda Supra menjadi salah satu motor bebek yang masih banyak ditemui di jalanan. Meski begitu, tampilan Honda Supra bisa dibuat lebih keren dengan cara mengganti velg nya. Namun sebelum itu, pemilik Supra harus mengetahui ukuran velg standarnya.

Advertisements

Berapa ukuran velg Supra? Ukuran velg Supra GTR 150 R adalah 1.85 x 17 untuk velg depan dan 3.50 x 17 untuk velg belakang. sedangkan untuk ukuran velg Supra Fit X, Supra Fit S, dan Supra X 125 R adalah 1.40 x 17 untuk velg depan dan 1.60 x 17 untuk velg belakang.

Berikut ini beberapa pembahasan tentang velg Supra.

  • Ukuran Velg Honda Supra Semua Tipe
  • Rekomendasi Merk Velg Honda Supra
  • Penyebab Velg Supra Cepat Rusak
  • Dampak Buruk Press Velg Motor Supra
  • Tips Merawat Velg Motor Supra
Advertisements

Ukuran Velg Supra

Honda Supra pertama kali diproduksi pada tahun 1997 dan memiliki beberapa seri. Ukuran velg Honda Supra lama memiliki ukuran yang sama, sedangkan untuk motor Supra kelas sport seperti Supra GTR memiliki ukuran velg yang berbeda dari Supra generasi sebelumnya.

Berikut ukuran standar velg Supra series lengkap:

Merk MotorUkuran Velg DepanUkuran Velg Belakang
Supra Fit X1.40 x 171.60 x 17
Supra Fit S1.40 x 171.60 x 17
Supra X 125R1.40 X 171.60 X 17
Supra GTR 150 R1.85 x 173.50 x 17

Untuk mendapatkan harga velg Supra yang murah namun berkualitas, Anda bisa membelinya di Shopee. Ada voucher gratis ongkir untuk setiap pembelian produk Velg Supra. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk melihat pilihan produknya.

Advertisements

Rekomendasi Merk Velg Motor Supra

Kualitas velg akan berpengaruh terhadap ketahanannya. Namun hal tersebut tentu diimbangi dengan perawatan yang maksimal. Ada banyak merk velg yang cocok untuk Supra, antara lain:

  • TDR W Shape (Rp. 320.000)
  • Enkei (Rp. 959.000)
  • Rossi tromol Ring 17 (Rp. 685.000)
  • Racing Honda Supra (Rp. 745.000)
  • Comet (Rp. 370.000)

Penyebab Velg Motor Supra Cepat Rusak

Meskipun terbuat dari material yang berkualitas, jika Anda memiliki kebiasaan berkendara yang buruk bisa menyebabkan velg cepat rusak. Untuk itu, Anda perlu menghindari beberapa hal jika ingin velg Supra Anda bisa lebih awet.

Berikut adalah beberapa penyebab velg Supra rusak yang perlu Anda waspadai.

Tekanan angin ban Supra tidak sesuai

Selain merusak ban, tekanan angin pada ban Supra bisa menyebabkan velg rusak. Jika tekanan angin ban terlalu tinggi, ban bisa berpotensi pecah saat motor dikendarai. Akibatnya velg akan mengalami benturan yang keras.

Begitupun jika tekanan angin ban Supra yang kurang, getaran yang diserap ban tidak akan maksimal sehingga velg lah yang menjadi sasarannya.

Motor Supra sering melewati jalan rusak

Kondisi jalan yang berlubang dan penuh batu bisa menjadi penyebab velg Supra cepat rusak. Apalagi jika kondisi tekanan ban yang tidak stabil, maka hantaman lubang di jalan akan langsung diterima oleh pelek.

Akibatnya, velg bisa peyang terutama pada bagian bibir velg. Jika sudah seperti itu, Anda perlu mengganti velg Supra dengan yang baru.

Ukuran velg dan ban Supra tidak sesuai standar

Honda Supra memiliki spesifikasi ban dan velgnya sendiri. Jika modifikasi ukuran velg yang dilakukan tidak sesuai anjuran, tentu akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Selain itu, perubahan ukuran velg ataupun ban juga akan mempengaruhi kinerja komponen motor lainnya dan bisa berpotensi mengalami kerusakan.

Dampak Buruk Press Velg Motor Supra

Advertisements

Banyak orang memilih press velg sebagai langkah untuk memperbaiki velg yang penyok. Tujuannya agar biaya yang dihabiskan lebih sedikit. Namun perlu diketahui, melakukan press velg Supra sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan.

Hal tersebut karena velg Supra yang peyang telah mendapatkan tekanan yang tinggi pada saat motor menghantam lubang di jalan. Jika dilakuan press ulang, maka ketahanan material velg tersebut akan semakin tipis dan rapuh.

Jika kondisi velg seperti itu masih digunakan, tentu akan berbahaya bagi pengendara. Resiko terburuknya velg bisa pecah, keseimbangan motor menjadi tidak stabil dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Meskipun Anda bisa menghemat ratusan ribu melalui press velg, alangkah lebih baik jika velg Supra yang sudah rusak diganti saja dengan yang baru. Sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Tips Merawat Velg Honda Supra

Untuk mengurangi resiko velg motor Supra mengalami kerusakan, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Sebelum motor Supra digunakan, pastikan tekanan angin bannya sesuai
  • Kurangi kecepatan saat melewati jalan yang tidak rata
  • Berkendaralah dengan hati – hati agar tidak menghantam lubang di jalan
  • Gunakan spesifikasi velg dan ban Supra yang sesuai
  • Lakukan pemeriksaan kondisi velg secara rutin