Ukuran Velg Satria dan Rekomendasi Nya

Ukuran velg satria – Velg atau pelek merupakan lingkaran logam dalam ban yang berfungsi sebagai tumpuan motor. Jika velg bermasalah, tidak hanya berakibat pada kenyamanan berkendara namun juga pada komponen motor lainnya.

Advertisements

Lantas berapa ukuran velg Satria? Ukuran velg Satria F150 adalah 1,60×17 inci bagian depan dan 1,85×17 inci bagian belakang.

Jika anda mengetahui info lebih lanjut mengenai ukuran velg satria, silahkan baca artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Velg Satria
  • Penyebab Velg Satria Rusak
  • Tips Sebelum Mengganti Velg Satria
  • Tips Merawat Velg Motor Satria
Advertisements

Ukuran Velg Satria

Sebelum memodifikasi velg Satria anda, sebaiknya anda mengetahui ukuran standar velg Satria, sehingga velg yang anda beli tidak salah dan masih memenuhi standar keamanan kendaraan.

Ukuran velg Satria F150 memiliki lebar 1,60 inci dan diameter ring 17 inci pada velg bagian depan dan lebar 1,85 inci dan diameter ring 17 untuk velg bagian belakang.

Jika anda membeli Velg Satria F150 yang dengan harga murah dan original, anda bisa membeli di toko otomotif Shopee terpercaya. Silahkan klik tombol di bawah ini untuk menuju halaman Shopee dan dapatkan gratis ongkir beserta potongan harga sesuai dengan ketentuan.

Advertisements

Tips Mengganti Velg Satria

Agar anda aman dalam mengganti velg Satria anda, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengganti velg Satria :

Pastikan Ukuran Ban

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran ban, sebelum mengganti velg anda pastikan ukuran  dan spesikasi ban anda sesuai dengan ukuran velg anda. Ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi velg dapat berisiko merusak velg dan ban itu sendiri.

Berikan Jarak antara Lengan Ayun dengan Ban

 Perhatikan posisi swing arm atau lengan ayun dan rantai dengan ban. Jangan sampai menambah ukuran velg dapat mengganggu swing arm atau tersanggut. Sebaiknya beri jarak minimal 3 cm.

Ganti Ukuran Gear

Untuk menyesuaikan tarikan mesin yang lebih berat setelah mengganti velg anda, sebaiknya anda juga mengganti ukuran mata gear dengan yang lebih besar. Jika motor anda sebelumnya menggunakan gear 46 anda bisa menggantinya menjadi 47.

Sesuaikan Jenis Velg

Anda bisa menyesuaikan jenis atau model velg sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. Jika ingin tampilan manly dan sporty anda bisa memilih velg jenis racing dengan bahan aluminium, jika anda ingin tampilan simple anda bisa memakai velg jeruji atau palang standard dengan pilihan berbagai warna.

Rekomendasi Velg Suzuki Satria

Jika anda ingin memodifikasi velg satria terutama yang ingin upgrade ke velg racing berikut beberapa rekomendasi velg yang bisa anda pertimbangkan:

Advertisements
  • Velg TK Racing dengan ukuran 1,60×17 (Rp. 850.000)
  • Velg Takasago dengan ukuran 1,85x 17 (Rp. 1.100.000)
  • Velg Racing Boy (RCB) dengan ukuran 1,60×17 ( Rp. 1.800.000)
  • Velg Daytona dengan ukuran 1,60x-1,85×17 (Rp. 2.800.000)

Rekomendasi diatas telah disesuaikan dengan standar keamanan ukuran velg yang dapat dipasang pada Satria F150.

Penyebab Velg Motor Satria Rusak

Meskipun letak velg terlindung oleh ban, namun velg juga tak lepas dari risiko terjadinya kerusakan. Berikut beberapa penyebab utama velg satria anda rusak:

Kondisi Jalan

Benturan dan hentakan yang keras saat melewati jalanan yang rusak dan berbatu, dapat menyebabkan velg penyok bahkan sampai patah. Usahakan menghindari rute jalan yang rusak atau tidak mengebut jika harus melewatinya.  

Spesifikasi Ban Tidak Sesuai

Menggunakan spesifikasi ban yang tidak sesuai dengan velg dapat menyebabkan velg cepat rusak dan juga berisiko pada kenyamanan dan keamaan anda saat berkendara.

Tekanan Angin Ban Kurang

Apabila tekanan angin pada ban kurang, tumpuan beban kendaraan akan langsung berada pada velg, apabila hal ini berlangsung cukup lama, dapat menyebabkan velg bengkok.

Tips Merawat Velg Motor Satria

Agar velg anda berumur panjang, berikut beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk merawat velg Satria anda :

Bersihkan Velg Secara Rutin

Agar terhindar dari korosi dan karat terutama bagi anda yang menggunana velg jari-jari, pastikan velg anda untuk tetap bersih. Segera cuci velg anda setelah melewati jalan yang kotor dan berlumpur.

Pastikan Tekanan Angin Ban Stabil

Pastikan tekanan angin pada ban stabil, segera isi angin bila tekanan angin anda kurang. Tekanan angin yang kurang dapat menyebabbkan velg penyok bahkan bisa patah.

Perhatikan Cara Berkendara Anda

Berkendara pada kecepatan yang aman dan tidak ugal-ugalan saat berkendara. hindari jalan rusak dan berbatu, jika anda harus melewatinya pastikan untuk tidak mengebut.

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Lakukan pemeriksaan rutin sepeda motor setiap sebulan sekali, tujuannya untuk mengetahui kinerja motor dan komponen motor termasuk pemeriksaan kondisi velg.