Ukuran Velg RX King dan Rekomendasi Nya

Advertisements

Ukuran Velg RX King – Agar kendaraan bermotor dapat dikendarai, velg menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Ukuran velg setiap kendaraan berbeda, untuk mengetahui ukuran velg RX King, silahkan simak artikel berikut.

Berapa ukuran standar velg RX King?

Ukuran velg RX King adalah 18×1,6”. Ukuran tersebut digunakan pada velg bagian depan dan belakang.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg RX King
  • Cara Memilih Velg Motor RX King
  • Penyebab Velg Motor RX King Bengkok
  • Rekomendasi Velg Motor Yamaha RX King

Ukuran Velg RX King

Besar ukuran velg motor RX King akan mempengaruhi ukuran ban yang digunakan. Ukuran velg standar RX King adalah 18 inchi dengan lebar 1,6 inchi pada roda depan dan belakang.

Kapan waktu ganti velg RX King?

Ketika tidak ada gangguan yang terjadi pada velg motor, maka belum perlu melakukan penggantian. Namun, jika velg yang digunakan berjenis spoke wheel atau jari – jari yang terbuat dari besi, biasanya memiliki usia pemakaian yang lebih singkat.

Hal tersebut dikarenakan, velg yang terbuat dari besi, akan cepat berkarat dan keropos, apabila sering terkena air dan kotoran.

Jika pada velg RX King sudah tidak memberikan kenyamanan saat berkendara, sebaiknya lakukan penggantian velg dengan ukuran yang sesuai standar dan original. Pembelian velg RX tersebut dapat Anda lakukan secara online via Shopee.

Harga velg RX king depan dan belakang original dengan ukuran standar, sekitar Rp. 400.000. Untuk mengetahui ketersediaan velg RX King di Shopee, silahkan klik tombol di bawah ini.

Rekomendasi Velg Yamaha RX King

Berikut ini adalah rekomendasi velg motor Yamaha RX King beserta harganya.

  • Velg RX King Original Ring 18 (depan + belakang), Rp. 400.000
  • Velg RX King Ring 18 (Jari – Jari + Tromol), Rp. 850.000
  • Velg RX King Original Ring 18 (Full Set Jari – Jari + Tromol), Rp. 1.150.000.

Penyebab Velg Motor RX King Bengkok

Kerusakaan yang terjadi pada velg motor dapat disebabkan karena beberapa hal, yaitu :

  • Kurangnya tekanan angin pada ban motor
  • Sering melewati jalan berlubang / terjal dengan kecepatan tinggi
  • Ketidakcocokan antara ukuran ban dan velg
  • Pemasangan velg dan ban tidak benar

Cara Memilih Velg Motor RX King

Untuk mendapatkan velg yang sesuai pada motor RX King, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain :

1.    Ketahui ukuran ban motor RX King

Dikarenakan velg memiliki fungsi sebagai penopang ban motor, maka sebelum membeli velg motor baru, cek ukuran ban yang akan dipasangkan. Apabila terdapat ketidakcocokan antara ukuran velg dan ban, dapat mengganggu keseimbangan motor saat dikendarai.

2.    Pilih velg sesuai kebutuhan

Perlu diketahui bahwa jenis velg motor, dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat dikendarai pada medan tertentu. Velg dengan jari – jari memiliki karakter yang tidak kaku, sehingga mampu digunakan pada medan yang berat.

 Sedangkan, velg cast wheel berkarakter kaku, tetapi memiliki bobot yang lebih ringan. Velg ini cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan, karena dapat mengalami pecah saat melewati medan berat.

3.    Ketahui jenis bahan dan spesifikasi velg

Sebelum membeli velg motor yang baru, sebaiknya ketahui jenis bahan velg yang digunakan. Apabila Anda membeli velg aftermarket, biasanya terdapat 2 jenis pilihan yaitu velg terbuat dari besi atau alumunium.

Velg yang terbuat dari besi memiliki karakter yang kuat, tetapi memiliki bobot yang berat, dan resiko berkarat lebih tinggi. Sedangkan, velg yang terbuat dari alumunium bersifat lebih ringan, dan memiliki warna yang variatif.

Namun, disarankan bagi Anda yang hendak mengganti velg motor RX King, gunakan velg yang berasal dari pabrikan resmi.

4.    Gunakan velg dengan ukuran standar

Untuk mendapatkan tingkat kenyamanan yang terjaga, sebaiknya gunakan velg dengan ukuran standar. Namun, jika Anda ingin melakukan modifikasi, Anda harus berdiskusi terlebih dahulu dengan orang yang ahli.

5.    Cek kondisi velg secara detail

Jika ingin membeli velg motor RX King bekas, Anda perlu berhati – hati dan teliti dalam mengecek kondisi detail velg motor.

Apabila pada velg tersebut ditemukan beberapa pecahan pada bibir velg, sebaiknya Anda tidak perlu membelinya. Hal ini dikarenakan, keawetan velg motor, dapat dilihat dari kondisi bibir velg.