Ukuran Velg PCX dan Rekomendasi Nya

Ukuran Velg PCX – Velg Honda PCX 150 memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan generasi yang sebelumnya. Jika Anda ingin mengganti velg PCX, Anda harus mengetahui dulu ukuran standar velg Honda PCX yang Anda gunakan.

Advertisements

Lalu berapa ukuran velg Honda PCX?

Ukuran velg PCX 150 adalah 2.15 untuk velg depan dan 3.50 untuk velg belakang, sedangkan ukuran velg PCX 160 adalah 2.75 untuk velg depan dan 3.50 untuk velg belakang.

Untuk lebih jelasnya informasi tentang motor PCX, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Standar Honda PCX
  • Ukuran Velg Standar PCX dengan Ban Lebih Besar
  • Rekomendasi Velg Honda PCX
  • Penyebab Velg Motor PCX Rusak
  • Tips Merawat Velg Honda PCX

Ukuran Velg Standar Honda PCX

Tipe MotorVelgDepanRing DepanVelg BelakangRing Belakang
PCX 1502.15 inchi14 inchi3.50 inchi14 inchi
PCX 1602.75 inchi14 inchi3.50 inchi13 inchi
Advertisements

Jika Anda sedang mencari velg yang harganya murah, Anda bisa melihat produknya melalui aplikasi Shopee. Anda bisa mendapatkan promo menarik dan voucher gratis ongkir. Tekan tombol di bawah ini untuk melihat produknya.

Ukuran Velg Standar PCX dengan Ban Lebih Besar

Bagi Anda pemiliki motor Honda PCX, Anda bisa menaikkan ukuran ban PCX menjadi lebih besar meskipun menggunakan velg dengan ukuran standar.

Untuk velg standar PCX ukuran 2.15 inchi, Anda bisa menggunakan ban dengan lebar 100 mm untuk bagian  depan. Sedangkan untuk velg belakang berukuran 3.50 inchi, Anda bisa menggunakan ban dengan ukuran 130 mm.

Jika ingin lebih besar lagi, Anda tetap bisa menggunakan ukuran velg PCX standar namun dinaikkan lagi ukuran bannya, yaitu 110/80 untuk ban depan dan 130/70 untuk ban belakang.

Rekomendasi Velg Honda PCX

Banyak velg Honda PCX yang dijual di pasaran baik untuk PCX lokal ataupun PCX Thailand. Velg yang dijualpun memiliki berbagai macam model berkualitas baik. Anda bisa memilih sesuai dengan ukuran motor PCX yang Anda gunakan.

Berikut ini beberapa rekomendasi Honda PCX yang bagus.

Rekomendasi Velg Honda PCX 150

  • Racing V Rossi Galaxy Daytona Gold (Rp 650.000)
  • Wheel Sub Assy Rear Hondas (Rp. 1.200.000)
  • AHM 4460 Velg Racing (Rp. 800.000)
Advertisements

Rekomendasi Velg Honda PCX 160

  • Velg original Honda PCX 160 (Rp. 800.000)
  • Hayaidesu Full Deck Pad Body Protector (Rp. 170.000)
  • Velg PCX 160 Grey Ori Honda 42650 K1Z (Rp.760.000)

Penyebab Velg Motor PCX Rusak

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan velg motor PCX rusak, antara lain:

Motor PCX sering digunakan di jalanan yang rusak

Jalanan yang berlubang dan bebatuan bisa membuat velg motor PCX Anda rusak. Hal tersebut bisa menyebabkan tepi velg penyok. Oleh sebab itu, kurangi kecepatan Anda saat melewati jalanan yang berbatu untuk menjaga velg tetap aman.

Rem secara mendadak (Hard Braking)

Seringkali Anda tidak menyadari adanya lubang di jalan yang menyebabkan Anda melakukan rem mendadak. Padahal hal tersebut bisa menyebabkan velg motor PCX bengkok atau bahkan pecah, karena beban motor berada pada satu titik.

Tekanan angin ban motor PCX tidak stabil

Tekanan angin yang ada di dalam ban harus stabil. Karena tekanan angin ban yang kurang bisa menyebabkan getaran tidak diserap oleh ban, sehingga velg lah yang terkena dampaknya. Jika dibiarkan, lama kelamaan velg PCX bisa rusak.

Tips Merawat Velg Honda PCX

Jika ingin velg motor PCX lebih awet, Anda perlu melakuakan perawatan. Berikut adalah beberapa tips merawat velg Honda PCX agar tahan lama.

Advertisements

Pastikan ban PCX tidak gembos sebelum digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tekanan ban juga mempengaruhi kondisi velg. Oleh sebab itu, pastikan ban motor PCX Anda tidak gembos sebelum digunakan. Anda bisa membawanya ke bengkel untuk mengisi angin ban dengan tekanan yang pas.

Jangan mengendarai motor PCX dengan ugal – ugalan

Anda harus mengubah kebiasaan buruk Anda dalam berkendara. Berkendaralah dengan kecepatan standar dan hati – hati untuk mengantisipasi adanya kubang di jalan. Selain itu, dengan berkendara yang baik juga bisa membantu menjaga komponen motor lainnya dari kerusakan.

Lakukan pengecekan pada Honda PCX secara berkala

Servis motor biasanya dilakukan setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Anda membawa Honda PCX ke bengkel resmi ataupun bengkel umum untuk pegecekan kondisi motor termasuk velgnya.