Advertisements
banner iklan

Ukuran Velg Panther dan Rekomendasi Nya

Ukuran Velg Panther – Pada saat mengganti velg dan ban, alangkah baiknya jika Anda mengetahui ukuran standar velg Panther. Dikarenakan tipe mobil Panther tidak hanya satu, silahkan simak artikel berikut untuk mendapatkan informasi mengenai ukuran velg Panther semua tipe.

Berapa ukuran velg Panther? Ukuran velg Panther adalah 14 sampai dengan 15 inchi pada bagian diameter ring. Ukuran tersebut tergantung dengan tipe mobil.

Daftar Isi :

  • Ukuran Standar Velg Panther
  • Ciri – Ciri Velg Mobil Panther Rusak
  • Hal Yang Diperhatikan Saat Ganti Velg Panther
  • Akibat Ganti Velg Mobil Isuzu Panther
  • Rekomendasi Velg Isuzu Phanter
Advertisements

Ukuran Standar Velg Panther

Velg memiliki peran yang sangat untuk kendaraan bermotor. Selain sebagai penopang seluruh beban kendaraan, velg berfungsi sebagai media penggerak kendaraan.

Keterkaitan antara velg dan ban sangat kuat. Hal ini dikarenakan, ukuran velg mempengaruhi besarnya ukuran ban yang digunakan. Untuk itu, sebelum melakukan penggantian ban, sebaiknya Anda perlu mengetahui ukuran velg terlebih dahulu.

Berikut daftar ukuran standar velg Panther.

Tipe MobilUkuran Velg
Panther LSR14
Panther LVR14
Panther TouringRing 15
Panther Grand TouringRing 15
Panther Hi SportyRing 15

Ukuran ban yang tertulis R14 atau Ring 14 berarti velg memiliki ukuran diameter ring 14 inchi. Selain ukuran diameter ring, saat mengganti velg, Anda juga harus mengetahui ukuran PCD.

PCD (Pitch Circle Diameter) merupakan ukuran jarak antara lubang bor dengan velg. Biasanya tiap tipe mobil memiliki ukuran yang berbeda. Panther kotak memiliki ukuran PCD 114,3 x 4, sedangkan Panther Kapsul 139,7 x 6.

Usia pemakaian velg yang terlalu lama dapat menyebabkan berkurangnya tingkat kenyamanan saat berkendara. Saat velg mengalami pengurangan kinerja, atau kerusakan yang parah, melakukan penggantian velg dapat menjadi solusinya.

Untuk mendapatkan velg dengan ukuran standar, Anda dapat membelinya secara online melalui Shopee. Cek ketersediaan velg Panther di Shopee dengan cara klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Rekomendasi Velg Isuzu Panther

JIka Anda ingin mengganti ukuran velg mobil, sesuai dengan kebutuhan mobil, dan usahakan untuk membeli yang asli.

Berikut beberapa rekomendasi velg Isuzu Panther.

  • HSR MYTH-07 Ring 16 (Design Original), Rp. 5.599.900.
  • HSR Ring 16, PCD 114,3/100×4, Rp. 5.300.000
  • Sahara JT9027 HSR Ring 15×8 – ET8 BMF (4 Pcs), Rp. 5.099.000
  • Daytona Ring 14, Lebar 6 inchi, Rp. 3.888.000.

Ciri – Ciri Velg Mobil Panther Rusak

Di bawah ini adalah beberapa ciri – ciri velg mobil Panther rusak.

  • Ban mobiil mudah kempes
  • Saat berkendara, terasa bergetar pada lingkar kemudi
  • Terdapat perbedaan bentuk antara bagian kanan dan kiri ban
Advertisements

Hal Yang Diperhatikan Saat Ganti Velg Panther

Sebelum Anda melakukan penggantian velg mobil Panther dengan ukuran tidak standar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari dampak yang ditimbulkan.

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan saat mengganti velg mobil Panther.

Ukuran Diameter Luar Ban

Dengan mengetahui ukuran luar diameter ban, Anda dapat mengganti velg yang sesuai dengan ukuran ban. Apabila Anda ingin mengganti ukuran velg, usahakan ukuran diameter luar ban tetap sama.

Ukuran Lebar Velg

Selain ukuran diameter, lebar velg dapat mempengaruhi kemampuan cengkraman ban. Semakin besar ukuran lebar ban, maka semakin besar bidang cengkraman. Hal tersebut dapat menyebabkan gejala understeer.

Jenis dan Bahan Velg

Saat Anda membeli velg mobil, pastikan Anda mengetahui jenis dan bahan yang digunakan velg. Hal ini dikarenakan, jenis bahan yang digunakan pada velg dapat mempengaruhi kinerja mesin saat memutar roda dan pengereman.

Efek Penggantian Ukuran Velg

Penggantian velg mobil yang tidak sesuai ukuran standar, dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Selain itu, ukuran velg yang diganti lebih besar dapat membuat beban putar sistem kemudi semakin berat, sehingga dapat menyebabkan usia pemakaian bearing roda semakin pendek.

Apabila Anda ingin mengganti ukuran velg mobil Panther Pick Up, sebaiknya ganti dengan ukuran 2 inchi di atas ukuran standar, untuk menjaga kestabilan. Ukuran tersebut merupakan ukuran ideal. Namun, sebaiknya lakukan diskusi terlebih dahulu dengan orang yang lebih paham.

Ukuran Rasio Ban

Saat mengganti velg, perhatikan juga rasio ukuran ban. Untuk perhitungan rasio biasanya membandingkan ukuran lebar ban (diukur dari bagian dalam ban) dan tinggi ban (diukur dari tapak sampai bagian ban yang memegang sisi pelek).

Dengan mengetahui rasio tersebut, Anda dapat mengetahui tebal tipis ban. Hal ini dikarenakan, semakin tipis ukuran ban, maka tingkat pembebanan (defleksi) semakin kecil, sehingga dapat mengurangi kemampuan peredaman getaran.

Dampak Ganti Ukuran Velg Mobil Isuzu Panther

Penggantian velg mobil Panther yang tidak sesuai dengan ukuran standar, dan di tempat asal – asalan dapat menimbulkan beberapa resiko, antara lain :

  • Dapat mengurangi kecepatan mobil
  • Kemampuan rem mobil berkurang, karena ukuran ban tidak sesuai
  • Konsumsi bahan bakar lebih boros, jika ukuran ban lebih kecil
  • Pengeluaran biaya semakin lebih besar

Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan penggantian velg dengan ukuran standar, di tempat yang terpercaya.