Ukuran Velg Nmax dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Velg Nmax – Apabila telah terjadi kerusakan yang cukup parah, dan mengharuskan Anda untuk melakukan penggantian velg, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu ukuran Velg Nmax. Oleh karena itu, silahkan simak artikel berikut untuk  mengetahui ukuran velg Nmax.

Advertisements

Berapa ukuran velg Nmax? Ukuran velg Nmax adalah 3 inchi untuk lebar velg bagian depan, dan 3,5 inchi untuk lebar velg bagian belakang. Namun, kedua velg tersebut memiliki diameter ring 13.

Daftar Isi :

  • Daftar Ukuran Velg Nmax
  • Penyebab Velg Nmax Cepat Rusak
  • Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Velg
  • Efek Samping Ganti Ukuran Velg Nmax Lebih Besar
  • Rekomendasi Velg Nmax Serta Harganya
Advertisements

Ukuran Velg Nmax

Ukuran lebar velg Nmax yaitu 3 inchi untuk bagian depan, dan 3,5 inchi pada bagian belakang. Sedangkan, untuk ukuran diameter ring Nmax Standar, ABS, dan All New adalah sama yaitu R13.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu kecewa, karena dapat dilakukan modifikasi pada bagian velg. Namun, tetap disarankan untuk menggunakan velg Nmax sesuai standar untuk mendapat kenyamanan saat berkendara.

Rekomendasi Velg Motor Nmax Serta Harganya

Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi velg motor Honda Nmax.

  • Velg Nmax Depan – Original Yamaha Genuine, Rp. 915.000
  • Velg Nmax 2020 Belakang – Original Gold, Rp. 1.191.800
  • Velg Nmax 2018 Belakang – Original YGP, Rp. 1.053.000.

Pembelian velg motor Nmax dapat dilakukan secara online via Shopee. Dengan pembelian secara online, memungkinkan Anda mendapatkan diskon dan bebas biaya pengiriman. Bagi Anda yang tertarik membeli velg Nmax di Shopee, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Penyebab Velg Motor Nmax Cepat Rusak

Kerusakan yang terjadi pada velg motor Nmax dapat mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara. Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa penyebab velg Nmax cepat rusak.

Jumlah tekanan angin pada ban kurang

Jumlah tekanan angin yang kurang pada ban dapat merusak velg Nmax Anda. Ban dengan jumlah tekanan angin standar dapat meredam guncangan lebih baik. Namun, jika jumlah tekanan angin pada ban motor kurang, maka ban tidak cukup meredam guncangan.

Apabila ban dengan kondisi kekurangan jumlah tekanan angin tetap digunakan, dalam jumlah waktu yang lama dapat membuat velg bengkok.

Berkendara melewati jalan terjal dengan kecepatan tinggi

Ketika Anda melihat jalan berlubang, atau permukaan jalan yang tidak rata, hindari berkendara dengan kecepatan tinggi.

Hal itu dikarenakan, jika Anda melakukan pengereman secara mendadak (hard breaking), maka dapat titik tumpu akan terletak pada bagian ban depan, sehingga dapat membuat shock depan patah.

Penggunaan velg dengan ukuran tidak sesuai ban

Apabila ukuran ban yang digunakan pada motor Nmax tidak sesuai atau lebih kecil dari ukuran velg, dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Selain itu, ukuran ban yang lebih kecil dari ukuran velg dan sering digunakan, dapat membuat velg motor cepat bengkok.

Kesalahan dalam pemasangan velg

Selain pemilihan ukuran velg, pemasangan velg menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Jika Anda melakukan pemasangan secara paksa, tidak jarang dapat membuat cat velg mengelupas, serta bengkok.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Ukuran Velg

Biasanya pemilik motor Nmax melakukan modifikasi pada ukuran velg agar terlihat lebih sporty. Namun, sebelum melakukan penggantian ukuran velg Nmax, perhatikan hal – hal berikut ini.

Advertisements
  • Pilih ukuran velg yang tidak mentok pada bagian kaki – kaki
  • Gunakan ukuran maksimal 1 atau 2 tingkat di atas ukuran standar
  • Lakukan penggantian hanya pada velg bagian belakang lebih besar

Penggantian ukuran velg lebih besar hanya pada bagian belakang bertujuan agar Anda tetap mendapat kenyamanan saat berkendara. Hal ini dikarenakan, apabila ukuran kedua velg (depan dan belakang) diubah berpotensi membuat kemudi menjadi lebih berat.

Efek Samping Ganti Ukuran Velg Yamaha Nmax Lebih Besar

Di samping kelebihannya yang dapat membuat ground clearance lebih tinggi, dan tampilan motor terlihat lebih menarik, penggantian ukuran velg lebih besar dapat memberikan dampak negatif.

Berikut beberapa efek samping dari penggantian ukuran velg motor Nmax lebih besar.

  • Konsumsi bahan bakar Nmax bertabah boros
  • Dapat membuat perputaran roda lebih berat
  • Jika Anda mengganti ukuran velg menjadi 14 inchi, tanpa melakukan modifikasi bagian sepatbor, maka dapat membuat ban depan mentok dengan sepatbor.

Untuk meminimalisir terjadinya efek samping, sebaiknya penggantian ukuran velg tidak terlalu jauh dari ukuran standar.