Ukuran Velg Mobilio Serta Rekomendasi Nya

Ukuran Velg Mobilio – Velg atau pelek merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai penahan beban dan tempat putaran roda,. Velg juga memberikan pengaruh besar pada tampilan luar mobil. Karena fungsinya yang sangat penting, sebaiknya anda tidak asal saat mengganti velg.

Advertisements

Lalu berapa ukuran velg mobilio? Ukuran velg mobilio adalah diameter 15 inci, lebar 5,5 inci  dengan ukuran PCD Mobilio 4×100 yang artinya velg memiliki 4 baut dengan jarak antar baut pada velg 100 mm.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai ukuran velg mobilio, silahkan membaca artikel dibawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran vleg mobilio
  • Tips  merawat velg mobilio
  • Penyebab vleg mobilio sering rusak
  • Dampak ganti velg mobilio
  • Ciri-ciri velg mobilio rusak
Advertisements

Ukuran Velg Honda Mobilio

Bagi anda yang memiliki Mobilio, sebelum anda mengganti velg Mobilio, sebaiknya anda mengetahui dahulu spesifikasi vleg standar Honda Mobilio. Hal ini bisa anda gunakan sebagai patokan untuk mengganti velg mobilio anda.

Berikut spesifikasi standar ukuran velg Mobilio:

Ukuran standar vleg memiliki diameter ring 15 inci, lebar 5,5inci, PCD 4×5.  Velg mobilio memiliki profil ban dengan ukuran standar 185/65 R15.

Jika anda ingin membeli velg bekualitas dengan harga yang murah dan original, anda bisa membelinya di toko otomotif shopee, anda juga bisa mendapatkan gratis ongkir untuk pengiriman seluruh Indonesia. Anda bisa klik tombol dibawah ini untuk ke halaman Shopee:

Rekomendasi Velg Honda Mobilio

Berikut beberapa merk velg yang dapat anda gunakan jika anda ingin memodifikasi velg mobilio anda. Rekomendasi velg ini telah disesuaikan dengan ketentuan spesifikasi dan ukuran yang dapat dipasang pada Honda Mobilio

Advertisements
  • Velg ION Alloy R15 (Rp. 850.000)
  • Velg HSRKoi XH593 R15 (Rp. 4.600.000)
  • Velg HSR NE4 XH128 R16 (Rp. 5.299.000)
  • Velg OZ racing Ultraleggera R17 (Rp. 5.400.000)
  • Velg HSR Vendita XH104 R17 (Rp.8.700.000)

Anda bisa mendapatkan velg rekomendasi tersebut dengan mudah di toko velg terdekat, ataupun toko otomotif online terpercaya.

Tips Merawat Velg mobilio

Untuk menjaga agar dalam kondisi baik, berikut beberapa tips merawat velg Mobilio yang dapat anda ikuti:

Hindari Jalan Rusak dan Berlubang

Ketika anda melewati jalan yang rusak dan berlubang, hentakan dan benturan dapat menyebabkan velg anda rusak, jika terpaksa melewati jalan tersebut pastikan untuk tidak mengebut.

Perhatikan Tekanan Angin Ban

Cek secara berkala tekanan angin ban anda, jika terlihat tekanan angin berkurang, segera isi tekanan angin ban anda. Tekanan angin yang tidak stabil dan kurang dapat menyebabkan velg anda bengkok atau penyok.

Bersihkan Velg Secara Rutin

Posisi velg yang berada dibawah, menyebabkan velg rentan terkena debu dan kotoran terutama ketika melewati jalanan yang kotor dan becek. Agar terhindar dari korosi dan karat, anda harus membersihkan velg anda secara rutin.

Lakukan Pengecekan Berkala

Lakukan pengecekan rutin pada velg anda terutama sebelum anda bepergian jauh, disamping itu lakukan pengecekan rutin mobil setiap bulan sekali ke bengkel resmi, pengecekan ini merupakan pengecekan seluruh komponen termasuk pengecekan velg.

Risiko Mengganti Ukuran Velg Kijang

Modifikasi velg banyak dilakukan oleh pemilik mobil demi meningkatkan penampilan, disamping itu, dengan mengganti ukuran standar yang berbeda pastinya memiliki  dampak risiko setelahnya.

Berikut beberapa risiko yang dapat timbul:

Advertisements

Kenyamanan Saat Berkendara Berkurang

Mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar akan mengorbankan ketebalan ban, efeknya mobil akan terasa kurang nyaman dan ban terasa keras.

Pengendalian Kemudi Terganggu

Adanya perubaan diameter velg juga akan berpengaruh pada beban putar kemudi, semakin besar anda mengubah diameter velg, beban putar juga akan menjadi lebih berat.

Jarak Pengereman Lebih Panjang

Diameter velg yang lebih besar dari ukuran standar menyebabkan pengereman membutuhkan tenaga dan jarak yang lebih besar, sehingga jarak pengereman menjadi lebih panjang dari biasanya.

Akselerasi Mobil Menurun

Mengganti ukuran velg lebih besar dari ukuran standar otomatis akan berimbas pada tumpuan kendaraan sehingga bobot ban lebih besar, hal ini tentu saja akan menurunkan akselerasi kendaraan, karena tenaga mesin untuk memulai laju awal menjadi lebih besar.

Ban Aus Sebelah

Sebagian besar orang, ketika mengganti ukuran velg lebih besar otomatis akan melakukan negative camber atau memiringkan bagian atas ban kedalam untuk menyesuaikan ukuran velg, hal ini menyebabkan permukaan ban tidak menginjak aspal sepenuhnya, sehingga ban akan cepat aus sebelah.

Penyebab Velg Mobilio Sering Rusak

Saat velg rusak otomatis akan mengganggu kenyamanan bahkan keselamatan saat berkendara, tidak hanya itu kerusakan pada velg juga dapat berimbas pada komponen kendaraan lainnya. Berikut beberapa penyebab utama velg Mobilio sering rusak:

Kondisi Jalan

Berkendara di jalanan yang rusak dan berbatu dapat menyebabkan velg anda cepat rusak, hal ini diakibatkan oleh benturan dan hentakan yang keras yang dapat membuat velg penyok pada bagian bibir.

Spesifikasi Ban Tidak Sesuai

Pengunaan ban dengan spesifikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi velg, dapat berisiko merusak velg dan mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Tekanan Angin Ban Kurang

Tekanan angin ban yang tidak stabil dan kurang dari standar yang rekomendasikan depat menyebabkan velk aus bahkan bengkok atau penyok dibagian bibir. Sebaiknya pastikan tekanan angin anda stabil dan cukup.

Ciri-Ciri  Velg Mobilio Rusak

Berikut beberapa ciri-ciri velg mobilio anda rusak

  • Adanya bagian yang aus pada permukaan velg
  • Terdengar suara bedecit drai velg
  • Terasa getaran pada kemudi kendaraan
  • Kurangnya tekanan angina ban