Advertisements

Ukuran Velg Mio Serta Rekomendasi Merk Velg Nya

Ukuran Velg Mio – Velg motor memiliki fungsi sebagai tempat pemasangan ban. Velg Mio memiliki ukuran yang berbeda – beda. Jika Anda ingin mengganti ukuran velg Mio, Anda harus mengetahui berapa ukuran standarnya.

Lalu berapa ukuran velg Yamaha Mio?

Ukuran velg Mio Sporty dan Mio Soul GT adalah velg depan 1.40 dan velg belakang 1.60, ukuran velg Mio M3 adalah velg depan 1.40 dan velg belakang 2.15, ukuran velg Mio Z adalah velg depan 1.60 dan velg belakang 2.50, sedangkan ukuran velg Mio J adalah velg depan 2.15 dan velg belakang 2.50.

Untuk informasi yang lebih jelasnya tentang  Velg Mio, Anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Standar Yamaha Mio
  • Ganti Ukuran Velg Mio Lebih Besar
  • Penyebab Velg Motor Mio Rusak
  • Tips Merawat Velg Yamaha Mio
Advertisements

Ukuran Velg Standar Yamaha Mio

Velg motor Yamaha Mio memiliki ukuran yang berbeda – bed setiap tipenya. Anda bisa melihat ukuran velg standar motor Mio pada tabel di bawah ini.

Tipe MotorVelg DepanVelg BelakangRing
Mio Sporty1.401.6014
Mio Soul GT1.401.6014
Mio M31.401.6014
Mio Z1.602.5014
Mio J2.152.5014

Jika ingin membeli velg Mio yang harganya murah, Anda bisa melihat produknya melalii aplikasi Shopee. Selain itu, Anda bisa mendapatkan harga promo dan voucher gratis ongkir untuk pengiriman ke seluruh Indonesia. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk melihat produknya.

Advertisements

Ganti Ukuran Velg Mio Lebih Besar

Banyak orang yang beranggpaan bahwa velg standar Mio memiliki tampilan yang terlalu biasa. Sehingga orang – orang memilih untuk mengubah tampilan motor Mio dengan ukuran velg yang lebih besar.

Biasanya modifikasi ukuran velg tersebut dirubah menjadi ukuran 17 dimana ukuran standar yang dipakai Mio adalah 14. Sering juga velg diganti dengan berbagai macam warna agar tampilannya tampak lebih keren.

Setelah velg Mio diganti dengan ukuran yang lebih besar, motor Mio akan terasa lebih tinggi karena jarak bodi motor ke tanah semakin jauh dan lebih tinggi. Namun perlu diingat bahwa penggantian ukuran velg harus disertai dengan penggantian ban nya agar kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Penyebab Velg Motor Mio Rusak

Terkadang ada beberapa hal yang tidak Anda sadari dapat merusak velg motor Mio Anda. Kerusakan velg tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal baik dari komponen velg yang aus atau kebiasan pengemudi yang buruk.

Berikut adalah beberapa penyebab kerusakan velg Mio:

Advertisements

Motor Mio sering melewati jalanan yang tidak rata

Jalanan yang penuh batu dan berlubang bisa jadi penyebab velg Anda penyok. Kerusakan tersebut biasanya terjadi di tepi velg.

Selain itu pengereman mendadak saat akan melewati jalan yang berlubang juga bisa menjadi penyebab velg depan Mio penyok. Karena beban motor akan bertumpu pada satu titik dan velg motor menjadi penyok.

Tekanan Angin ban Mio kurang

Ban motor memiliki fungsi untuk meredam guncangan ketika melewati jalanan yang tidak rata. Jika tekanan angin ban kurang, maka ban tidak akan kuat meredam guncangan tersebut dan velg lah yang menjadi sasarannya.

Penggunaan ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg

Penggantian ban harus diikuti dengan spesifikasi velg yang sesuai. Karena jika tidak sesuai, maka velg bisa rusak dan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Jika ingin ganti ukuran velg Mio, Anda bisa konsultasikan dulu dengan mekanik ahli mngenai ukuran velg serta ban yang cocok untuk motor Mio.

Tips Merawat Velg Yamaha Mio

Agar velg motor Mio lebih awet, Anda bisa melakukan beberapa tips perawatan velg berikut ini.

Pastikan tekanan angin di dalam ban Mio stabil

Jaga selalu tekanan ban motor Mio agar tetap stabil. Karena jika tekanan angin kurang, maka bisa mengakibtkan velg penyok karena menghantam lubang di jalan. Namun jika tekanan angin ban terlalu tinggi, bisa mengakibatkan ban pecah dan jika terus digunakan maka velg akan rusak.

Ubah cara berkendara yang buruk

Cara berkendara pemilik kendaraan juga bisa mempengaruhi kondisi velg. Oleh sebab itu, Anda harus merubah kebiasaan buruk dalam berkendara.

Jangan kendarai motor Mio dalam kecepatan tinggi saat melewati jalanan yang berlubang. Tarik gas secara lembut dan perlahan agar motor melaju dengan stabil. Selain itu, cara berkendara yang baik juga mampu menjaga komponen mesin agar lebih awet.

Servis motor Mio secara rutin

Servis motor Mio secara rutin bertujuan untuk mengecek kondisi komponen motor termasuk velgnya. Anda bisa membawanya ke bengkel untuk pengecekan rutin setiap 1 bulan sekali.

Jika ternyata ditemukan kondisi velg yang penyok, Anda bisa mengganti velg Mio baru original yang kualitasnya bagus.