Ukuran Velg Megapro dan Penyebab Velg Rusak

Ukuran Velg Megapro – Velg (Pelek) Megapro merupakan rangka roda pada motor yang befungsi untuk pemasangan ban. Jika velg bermasalah, maka bisa mempengaruhi kenyamanan Anda dalam berkendara. Jika ingin mengganti velg Megapro, Anda harus mengetahui berapa ukuran satndarnya.

Advertisements

Berapa ukuran velg Honda Megapro? Ukuran Velg New Megapro 150 fi adalah 1.85 inchi untuk velg depan dan 2.50 inchi untuk velg belakang. Sedangkan untuk ukuran ring nya adalah 17 inchi.

Anda bisa mendapatkan beberapa informasi penting lainnya tentang velg Megapro di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Megapro
  • Fungsi Velg Motor Megapro
  • Penyebab Velg Motor Megapro Rusak
  • Tips Merawat Velg Motor Megapro
Advertisements

Ukuran Velg Megapro

Berikut adalah ukuran standar velg Honda Megapro:

MotorUkuran Velg DepanUkuran Velg BelakangUkuran Ring
New Megapro 150 FI1.85 inchi2.50 inchi17 inchi

Jika ingin membeli velg yang berkualitas, Anda bisa melihat berbagai pilihan produknya di Shopee. Ada voucher gratis ongkir dan promo menarik lain yang bisa Anda dapatkan. Tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke tokonya.

Fungsi Velg Motor Megapro

Velg motor Megapro berfungsi agar motor bisa berjalan dengan mudah. Dengan adanya velg, ban motor terbentuk sesuai dengan presisi sehingga mampu mengurangi getaran saat motor berjalan.

Selain itu, velg juga memiliki komponen penunjang lainnya yaitu tromol. Letak tromol berada di tengah – tengah velg dan memiliki fungsi sebagai poros tengah roda.

Penyebab Velg Motor Megapro Rusak

Terkadang ada beberapa hal yang tidak disadari bisa menjadi penyebab velg motor bisa rusak. Berikut ini beberapa penyebab velg Honda Megapro bisa rusak.

Advertisements

Cuci motor Megapro setelah terkena hujan

Air hujan mengandung asam yang tinggi yang bisa menyebabkan jari – jari velg berkarat atau mengalami korosi. Oleh sebab itu, cuci menggunakan air bersih agar velg motor bersih.

Motor sering digunakan melewati jalanan yang rusak

Jalanan yang rusak dan berlubang bisa menjadi penyebab velg rusak. Oleh sebab itu, jangan melaju dengan kecepatan yang tinggi saat melewati jalan yang rusak.

Selain itu, Anda peru berhati – hati saat melakukan rem mendadak terutama saat melewati lubang. Karena hal tersebut menyebabkan velg bengkok bahkan pecah.

Tekanan Angin ban Megapro kurang

Ban berfungsi agar motor bisa dijalankan dengan mudah dan nyaman. Jika tekanan angin dalam ban Megapro kurang maka beban mobil akan langsung berada pada velg. Jika digunakan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan velg Megapro bengkok.

Oleh sebab itu, periksa tekanan ban motor Anda sebelum digunakan untuk berpergian.

Ukuran ban Megapro yang tidak sesuai velg

Banyak orang yang mengganti ukuran ban Megapro untuk mendapatkan tampilan yang keren. Padahal ganti ukuran ban yang lebih kecil bisa menyebabkan velg motor menjadi bengkok. Hal tersebut bisa membaut motor menjadi tidak nyaman saat dikendarai.

Tips Merawat Velg Motor Megapro

Agar velg motor Anda lebih awet, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari seperti menerobos lubang di jalanan serta pemasangan ukuran velg yang tidak sesuai. Selain itu, Anda juga harus melakukan beberapa perawatan agar velg Megapro menjadi awet.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat velg motor Megapro agar tahan lama.

Advertisements

Jaga tekanan angin di dalam ban Megapro tetap stabil

Selalu pastikan tekanan angin di dalam ban stabil. Jika tekanan angin kurang, maka beban motor akan langsung bertumpu pada ban. Jika motor tetap dikendarai terutama di jalanan yang bergelombang, maka bentuk velg bisa berubah.

Kendarai motor Megapro dengan baik

Jika sebelumnya Anda suka ugal – ugalan saat mengendarai motor, sebaiknya Anda rubah kebiasaan buruk tersebut. Coba tarik gas secara lembut dan perlahan serta kendarai motor secara perlahan saat melewati jalanan yang tidak rata.

Berkendara yang baik bisa membantu Anda menjaga keawetan velg serta komponen mesin lainnya.

Lakukan pengecekan rutin pada velg motor

Bawa motor Megapro Anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan setiap satu bulan sekali. Tujuannya agar mengetahui kondisi serta keseimbangan velg Mmegapro Anda.