Ukuran Velg KLX dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Velg KLX – Sebelum mengganti ukuran velg KLX, sebaiknya Anda mengetahui ukuran standarnya terlebih dahulu. Hal tersebut dialkukan agar pengendara mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Silahkan simak artikel berikut untuk mendapakan informasi ukuran velg KLX.

Advertisements

Berapa ukuran standar velg KLX? Ukuran Velg KLX 150 Standar adalah 19 inchi untuk bagian depan, dan 16 inchi bagian belakang. Sedangkan, KLX 150 dan 250 lainnya memiliki ukuran yang lebih besar.

Daftar Isi :

  • Daftar Ukuran Velg KLX
  • Modifikasi Velg Motor KLX Supermoto
  • Kelebihan Penggunaan Velg Jari – Jari Motor KLX
  • Penyebab Velg KLX Bengkok
  • Rekomendasi Merk Velg KLX dan Harganya

Ukuran Velg KLX

Sesuai dengan penjelasan di atas, terdapat perbedaan ukuran velg KLX 150 standar dan tipe lainnya. Oleh karena itu, di bawah ini telah kami sediakan tabel ukuran velg motor KLX sesuai tipenya.

Tipe MotorUkuran Velg DepanUkuran Velg Belakang
KLX Standar19 inchi16 inchi
KLX 150 L21 inchi18 inchi
KLX 150 BF21 inchi18  inchi
KLX 150 BF SE21 inchi18 inchi
KLX 250 S21 inchi18 inchi

Dengan mengetahui ukuran velg KLX di atas, dapat Anda jadikan sebagai panduan. Namun, jika Anda ingin merubah ukuran velg KLX tidak sesuai std, Anda harus menghitungnya terlebih dahulu., dan lakukan konsultasi di bengkel profesional.

Jika Anda telah menentukan ukuran velg KLX sesuai kebutuhan atau tetap menggunakan ukuran standar untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara, pembelian velg KLX dapat dilakukan secara online.

Selain pembelian dapat dilakukan di bengkel terdekat, Anda dapat membelinya via Shopee dengan cara tekan tombol di bawah ini dan dapatkan gratis ongkir.

Rekomendasi Merk Velg Motor KLX

Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi velg KLX dan harganya.

  • Velg KLX BF SE – Takasago Excel Asia 18” – 21” Original, Rp. 2.440.000
  • Velg KLX Original Ring 18 Black, Rp. 1.598.000
  • Velg KLX G 16” – 19” Fullset Original, Rp. 1.250.000
  • Velg KLX 16” – 19” NK – Wellset Original, Rp. 1.368.000.

Modifikasi Velg Motor KLX Supermoto

KLX termasuk dalam jenis motor trail yang penampilannya dapat dirubah menjadi supermoto. Tahukah Anda apa motor supermoto?

Motor supermoto merupakan kendaraan yang dapat melintasi 3 kondisi berbeda, seperti lintasan berpasir, motocross, dan road race. Biasanya untuk mengubah tampilan motor menjadi supermoto, Anda perlu mengganti ukuran velg depan dan belakang menjadi sama besar, serta jenis ban.

Untuk melakukan modifikasi motor KLX menjadi supermoto, Anda harus mengeluarkan biaya cukup banyak, sekitar Rp. 5 juta – Rp. 10 juta. Selain itu, hal ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, dan perlu diskusi lebih lanjut dengan orang bengkel profesional.

Namun, jika Anda ingin memiliki tampilan motor supermoto tanpa harus melakukan modifikasi, Kawasaki memiliki motor dengan konsep supermoto yang bernama D’Tracker .

D-Tracker ini sengaja dirancang menggunakan ban yang nyaman saat melintas di jalanan aspal. Motor ini menggunakan velg berukuran 17 inchi dengan ukuran ban depan 100/80, dan ban belakang 120/70.

Kelebihan Penggunaan Velg Jari – Jari Motor KLX

Kebanyakan motor trail menggunakan velg jari – jari. Hal ini bukan tanpa alasan, penggunaan velg jari – jari pada motor trail KLX memiliki cukup banyak kelebihan, antara lain :

  • Velg jari – jari lebih fleksibel
  • Mampu meredam benturan di jalan tidak rata dan berlubang
  • Memiliki bobot yang ringan.

Penyebab Velg Kawasaki KLX Bengkok

Velg motor KLX yang bengkok dapat disebabkan karena beberapa faktor, antara lain :

Jumlah tekanan angin ban motor kurang

Saat jumlah tekanan angin pada ban di bawah batas standar, maka ban tidak dapat meredam guncangan secara optimal. Tekanan angin ban standar untuk motor trail, terbagi dalam 3 kategori yaitu hard, intermediate, dan soft.

Pemasangan velg secara asal – asal

Untuk melakukan pemasangan velg, sebaiknya lakukan secara berhati – hati. Jika Anda memasang velg motor secara asal – asalan, dapat membuat velg menjadi rusak.

Sering melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi

Saat berkendara sebaiknya kurangi kecepatan, dan jalan berlubang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya rem mendadak yang dapat membuat velg bengkok.

Kesalahan memilih ukuran ban dan velg

Selain penyebab di atas, kesalahan dalam pemilihan ukuran ban dan velg, dapat membuat velg bengkok.