Ukuran Velg Kijang Serta Rekomendasi Nya

Ukuran Velg Kijang – Velg atau pelek merupakan komponen yang sangat berpengaruh tidak hanya pada keamanan dan kenyamanan saat berkendara tetapi juga tampilan luar mobil.

Advertisements

Kijang memiliki beberapa tipe dengan ukuran velg kijang yang berbeda pada setiap tipe. Karena fungsinya yang cukup penting, sebaiknya anda tidak salah ketika harus mengganti velg Kijang.

Lalu berapa ukuran velg Kijang? Ukuran velg Kijang Super adalah R13 (diameter 13 inch), Kijang LSX/LGX adalah R14 (diameter 14 inch), dan Kijang Krista adalah R15 (diameter 15 inch). Ukuran tersebut merupakan ukuran standar bawaan pabrik.

Untuk info lebih lengkap mengenai ukuran velg Kijang anda dapat mambaca artikel dibawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Velg Kijang
  • Rekomendasi Velg Kijang
  • Cara Membaca Kode Ukuran Velg Kijang
  • Risiko Mengganti Ukuran Velg Kijang
  • Tips Merawat Velg Kijang
  • Penyebab Velg Sering Rusak
Advertisements

Ukuran Velg Kijang

Mobil Kijang dibagi menjadi beberapa tipe dan memiliki ukuran velg yang berbeda-beda. Berikut ukuran velg Kijang yang perlu anda ketahui :

  • Ukuran standar velg Kijang Super adalah R13 (diameter 13 inci)
  • Ukuran standar velg Kijang LSX/LGX adalah R14 (diameter 14 inci)
  • Ukuran standar velg Kijang Krista adalah R15 (diameter 15 Inci)

Apabila anda ingin membeli velg Kijang dengan harga murah dan original, anda dapat mendapatkannya di toko otomotif Shopee terpercaya. Silahkan klik link dibawah ini:

Rekomendasi Modifikasi Velg Kijang

meskipun tergolong mobil lawas, anda tetap bisa membuat tampilan kijang anda lebih keren dan elegan dengan cara memodifikasi velg anda.  

Berikut beberapa rekomendasi velg kijang ukuran 14-16 inci

Advertisements

Velg HSR Revo R14 (Rp. 3.600.000)

Velg ini memiliki ukuran diameter 14 inci dengan velg ini berwarna semi mate black memberikan kesan yang elegan pada velg anda.

Velg HSR Revo ini sekitar Rp. 3.600.000

Velg HSR VRI-01 R15 (RP. 4.700.000)

Velg ini memiliki ukuran 15 inci, dengan desain jari-jari yang unik dan elegan. Velg ini bisa anda jadikan pilihan ketika ingin melakukan modifikasi pada velg.

Velg HSR VRI-01 ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 4.700.000.

Velg HSR Kumamoto R16 (Rp. 4.700.000)

Velg HSR Kumamoto R16 memiliki ukuran diameter 16 inci, bisa menjadi pilihan untuk modifikasi velg kijang anda. Terdapat pilihan warna pada velg ini yaitu siver, grey, mate grey dan semi mate back. Anda bisa memelih sesuai selera dengan selera anda.

Velg HSR kumamoto dijual dengan harga sekitar Rp. 4.700.000

Cara Membaca Kode Ukuran Vleg Kijang

Setiap velg dilengkapi dengan identitas berupa kode yang berada di bagian velg. Identitas ini disebut rim marking yang berisi informasi ukuran velg berupa angka dan huruf yang berada di bagian  pinggir velg mobil.

Cara membaca cukup mudah, misal rim marking menunjukan 9×20, 5×112, dan ET +20

  • Pada kode 9×20, angka 9 menunjukkan lebar velg dan angka 20 menunjukkan diameter velg dalam satuan inci.
  • Pada kode 5×112, menandakan pemasangan baut atau biasa disebut pitch center diameter (PCD). Angka 5 adalah jumlah baut dan 112 menandakan jarak antara lubang baut pada velg dengan satuan mm, artinya velg memiliki 5 baut dengan jarak pemasangan 112 mm.
  • Terakhir kode ET +20, ET menunjukkan ukuran offset atau ukuran penampang tengah velg yang mengarah keluar atau ke dalam. Offset (-) menunjukan dudukan baut mengarah keluar dan offside (+) menunjukan dudukan baut mengarah ke dalam.

Jadi ET +20 artinya, posisi dudukan baut mengarah keluar 20 mm.

Risiko Mengganti Ukuran Velg Kijang

Modifikasi velg banyak dilakukan oleh pemilik mobil demi mendongkrak penampilan standar kerena mempunyai efek visual langsung. Disamping itu mengganti ukuran standar juga ada resikonya.

 Berikut beberapa resiko mengganti velg Kijang:

Advertisements

Kenyamanan saat berkendara berkurang

Mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar otomatis mengorbankan ketebalan ban, efeknya mobil tidak nyaman dan ban terasa keras.

Pengendalian kemudi terganggu

Perubahan pada diameter velg juga akan berpengaruh pada beban putar kemudi, semakin besar mengubah ukuran diameter velg, beban putar juga akan lebih berat.

Jarak pengereman lebih panjang

Diameter velg yang lebih besar dari ukuran standar, menyebabkan pengereman membutuhkan tenaga yang berbeda sehingga mobil membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang dari biasanya

Akselerasi mobil menurun

Mengganti ukuran velg lebih besar dari ukuran standar velg akan berimbas pada bobot ban hal ini tentu saja akan menurunkan akselerasi, karena kerja mesin menjadi lebih besar.

Ban cepat aus

Pada perubahan velg dengan diameter lebih besar, sebagian besar pemilik melakukan negative camber atau memiringkan bagian atas ban kedalam untuk menyesuaikan dengan ukuran velg, sehingga permukaan ban tidak menginjak aspal sepenuhnya, efeknya ban akan cepat aus sebelah.

Tips Merawat Velg Kijang

Agar performa mobil Kijang tetap terjadi, agar harus rutin merawat velg anda, perawatan velg Kijang cukup mudah, bahkan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Berikut beberapa tips merawat velg Kijang:

Bersihkan Velg Secara Rutin

Karena posisi velg di bawah, kemungkinan debu dan kotoran akan sering menempel. Jika anda melewati jalanan becek, kelembapan serta kotoran yang menempel akan meningkatkan risiko terjadi karat.

Hindari Jalan Rusak

Kondisi jalan memiliki pengaruh yang cukup penting pada kondisi velg, jalan yaag rusak, berlubang dan bergelombang dapat membuat kinerja velg berkurang akibat goncangan yang dilalui.

Perhatikan Kondisi Ban

Ban dan velg merupakan komponen yang sangat berpengaruh satu sama lain. Perhatikan kondisi ban dan tekanan angin ban, jika tekanan berkurang segera tambah angin ban.

Lakukan Pengecekan Rutin Velg

Lakukan perawatan rutin terutama sebelum bepergian jarak jauh, dan lakukan pemeriksaan rutin sebulan sekali ke bengkel resmi, pengecekan ini merupakan pengecekan seluruh komponen mobil termasuk pemeriksaan velg.

Penyebab Velg Sering Rusak

Meskipun terlindung oleh ban, velg juga tidak bisa lepas dari resiko terjadinya kerusakan seperti retak, robek atau pecah serta perbaikan atau pernggantian velg tergolong mahal.

Berikut beberapa penyebab utama velg anda sering rusak:

Jalan Rusak

Jalanan yang rusak, berlubang dan berbatu merupakan salah satu penyebab utama velg rusak, kondisi yang sering timbul adalah bemgkok dan penyok di sekitar bibir velg.

Spesifikasi Ban Tidak Sesuai

Penggunaan ban dengan spesifikasi tidak sesuai dengan dengan karakter velg, bisa berpeluang merusak velg dan mengganggu kenyamanan berkendara dan keselamatan.

Tekanan Angin ban

Selalu perhatikan tekanan angin ban, karena kurangnya tekanan angin ban dapat menyebabkan velg bengkok atau penyok dibagian bibir. Sebaiknya pastikan tekanan angin sesuai dengan saran pabrikan.