Ukuran Velg Jupiter dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Velg Jupiter – Velg untuk  motor mempunyai fungsi utama sebagai tumpuan beban motor dan pusat putaran ban. Velg untuk  setiap motor memiliki ukuran yang berbeda, begitu juga denga velg Yamaha Jupiter.

Advertisements

Lantas berapa ukuran velg Jupiter?

Ukuran velg Jupiter Z adalah 17 x 1,40 inci untuk  velg depan, dan 17 x 1,60 inci untuk  velg belakang, ukuran Jupiter MX 135 (old) dan New Jupiter MX 135 4 speed memiliki ukuran yang sama yaitu 17 x 1,40 inci untuk  velg depan dan 17 x 1,60 inci untuk  velg belakang dan ukuran New Jupiter MX 135 5 speed adalah 17 x 1,85 untuk velg depan dan 17 x 2,50 inci untuk bagian belakang.

Silahkan menyimak artikel ini untuk informasi lebih lengkap mengenai ukuran velg Jupiter semua tipe.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Jupiter
  • Tips mengganti velg Jupiter
  • Rekomendasi velg Motor Jupiter
  • Penyebab Jupiter Cepat Rusak
Advertisements

Ukuran Velg Jupiter

Sejak pertama kali debut Yamaha telah meluncurkan beberapa tipe Jupiter, selain tipe yang berbeda, spesifikasi beberapa komponen yang digunakan juga berbeda, salah satunya ukuran velg.

Berikut ini adalah ukuran velg Jupiter berdasarkan tipe :

Tipe JupiterUkuran Velg DepanUkuran Velg Belakang
Jupiter Z17 x 1,40 inci17 x 1,60 inci
Jupiter MX 135 (old)17 x 1,40 inci17 x 1,60 inci
New Jupiter MX 135 4 speed17 x 1,40 inci17 x 1,60 inci
New Jupiter MX 135 5 speed17 x 1,85 inci17 x 2,50 inci

Bila anda akan mengganti Jupiter anda, anda bisa membelinya online di toko otomotif terpercaya via Shopee, selain itu banyak berbagai menawaran voucher promo dan gratis ongkir. Silahkan klik link dibawah ini untuk memilih produk :

Advertisements

Rekomendasi Velg Motor Jupiter

Berikut ini adalah rekomendasi merk dan harga velg yang cocok dipakai oleh Jupiter :

  • Velg Chemco Evo (Rp. 1.300.000)
  • Velg TK Racing Almu TK 300 – 17 black MT (Rp. 1.070.000)
  • Velg Rossi Sprint XD (Rp. 350.000)
  • Velg TDR U Shape Ring 17 (Rp. 295.000)

Jika anda ingin memodifikasi mengganti ukuran velg Jupiter anda, sebaiknya lakuakan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli mekanik dan lakukan di bengkel terpercaya. 

Advertisements

Tips Mengganti Velg Motor Jupiter

Sebelum mengganti velg terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan, selain untuk kepentingan tampilan anda juga perlu memperhatikan pengaruh bagi komponen lain dan keamanan dan kenyaman berkendara.

Berikut ini tips sebelum mengganti velg Jupiter :

Sesuaikan Spesifikasi dan Jenis Velg

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah ukuran velg, sesuaikan ukuran velg anda dengan ukuran standar velg. Untuk jenis atau model, anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan anda.

Terdapat 3 jenis velg yaitu velg Spooke Wheel atau jari-jari besi velg ini cocok untuk adventure dan medan jalan berat, kemudian velg cast wheel atau velg racing, velg ini cocok bagi menyuka tampilan sporty dan simple serta cocok digunakan pada jalanan kota, dan yang terakhir velg U shape yang merupakan primadona anak muda dan drag race, karena terbuat dari aluminium sehingga memiliki bobot yang ringan.  

Pastikan Ukuran Ban

Pastikan ukuran ban yang anda gunakan sesuai dengan spesifikasi velg yang anda gunakan, ban yang tidak sesuai dengan velg dapat merusak ban dan velg bahkan jika spesikasi terlalu berbeda ban tidak bisa dipasang.

Berikan Jarak Antara Swing Arm dengan Ban

Beri jarak antara swing arm (lengan ayun) dengn ban minimal 3 cm, jika anda menambah ukuran velg. Karena dapat berisiko mengganggu posisi lengan ayun dan rantai dengan ban.

Sesuaikan Ukuran Gear

Apabila anda mengganti ukuran velg dengan yang lebih besar otomotis tarikan mesin juga akan lebih berat sebaiknya anda menaikkan ukuran mata gear satu tingkat lebih tinggi,

Penyebab Yamaha Jupiter Cepat Rusak

Walaupun velh terlindungi oleh ban, namun velg juga berisiko mengalami kerusakan yang disebabkan oleh berbagai faktor, berikut diantaranya :

Kondisi Jalan

Hentakan dan benturan keras yang diakibatkan ketika melewati jalan yang rusak dan tidak rata dapat menyebabkan velg penyok bahkan patah. Usahakan untuk menghindari rute tersebut bila tidak ada rute lain kurangi kecepatan dan jangan mengebut.

Spesifikasi Ban Tidak Sesuai

Spesikasi ukuran ban yang tidak sesuai dengan velg dapat merusak velg dan ban itu sendiri. Selain itu juga mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Tekanan Angin Ban Kurang

Tekanan angin ban yang kurang dapat menyebabkan tumpuan beban pada velg semakin berat dan berisiko terjadi gesekan langsung antar ban dan velg. Jika terjadi dalam jangka waktu lama bisa membuat velg penyok.