Ukuran Velg Jazz dan Dampak Mengganti Ukuran Nya

Ukuran Velg Jazz – Velg atau pelek mempunyai fungsi utama sebagai penahan beban dan pusat putaran roda, selain itu velg juga menpunyai pengaruh besar pada kenyamanan dan tampilan eksterior mobil. Karena fungsinya yang cukup penting sebaiknya anda jangan sampai salah saat harus menggantinya.

Advertisements

Lalu berapa ukuran velg Jazz? Ukuran standar velg Jazz RS (GE8) adalah ring 16, ukuran velg S adalah ring 15, ukuran velg Jazz GD3 (Vtec- Idsi) adalah ring 14, ukuran all new Honda Jazz adalah ring 16.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Jazz
  • Modifikasi Upgrade Ukuran Velg Jazz
  • Dampak Ganti Ukuran Velg Jazz
  • Tips Merawat Velg Jazz
Advertisements

Ukuran Velg Jazz

Velg memiliki ukuran yang berbeda pada setiap mobil, begitu juga dengan Honda Jazz, agar tidak sampai salah ketika harus mengganti velg, anda perlu mengetahui ukuran standarnya sehingga bisa anda gunakan sebagai patokan.

Berikut ini adalah ukuran velg Honda Jazz sesuai tipe yang disajikan dalam bentuk tabel :

Tipe MobilUkuran Velg
Jazz GD3 (Vtech-Idsi)R14
Jazz RS (GE8)R16
Jazz SR15
All New Honda JazzR16

Anda bisa membeli Velg Jazz yang original melalui Shopee, dengan berbagai penawaran harga dan diskon. Anda juga bisa mendapatkan gratis biaya pengiriman. Silahkan klik tombil di bawah ini untuk mengunjungi Shopee.

Advertisements

Modifikasi Upgrade Ukuran Velg Mobil Jazz

Velg memegang peran yang cukup berpengaruh pada tampilan mobil, sehingga tak jarang banyak dari pengendari memodifikasi ukuran velg dengan ukuran yang lebih besar. Namun anda tidak bisa asal dalam mengganti ukuran velg anda.

modifikasi ukuran velg untuk mobil Jazz yang aman adalah dengan menaikkan 1-2 inci dari ukuran standarnya. Jika ukuran standar velg Jazz adalah 16 inci, anda bisa mengganti dengan ukuran 17-18 inci.

Namun jika anda menginkan tingkat kenyamanan yang maksimal dalam berkendara, sebaiknya gunakan velg yang sesuai dengan ukuran standar. 

Dampak Ganti Ukuran Velg Mobil Jazz

Selain meningkatkan nilai estetika dan angka ground clearance, mengganti velg Jazz anda lebih besar dan tidak sesuai standar juga memiliki dampak dan risiko lainnya. Berikut ini beberapa dampak yang dapat timbul :

Advertisements

Tingkat Kenyamanan Terganggu

Mengganti ukuran velg dengan yang lebih besar otomatis akan mengorbankan ketebalan ban, sehingga mobil akan terasa keras dan kurang nyaman saat dikendarai.

Kendali Kemudi Terganggu

Perubahan diameter yang lebih besar akan mempengaruhi beban putar pada kemudi, semakin besar diameter velg yang anda ubah semakin berat pula beban putar pada kemudi anda.

Akselerasi Menurun

Pada ukuran velg yang lebih besar otomatis tumpuan beban kendaraan juga semakin besar, hal ini menyebabkan akselerasi mobil menurun, karena tenaga mesin yang dibutuhkan untuk memulai laju kendaraan akan semakin besar.

Jarak Pengereman Semakin Panjang

Dengan bertambah diameter velg, tenaga yang dibutuhkan dalam pengereman juga akan semakin besar. Sehingga jarak pengereman juga akan semakin panjang.

Ban Aus Sebelah

Salah satu teknik yang banyak digunakan ketika mengganti ukuran velg lebih besar adalah dengan Negative camber atau memasukkan bagian atas ban kedalam  untuk menyesuaikan ukuran velg, sehingga permukaan ban tidak menginjak permukaan jalan sepenuhnya dan menyebabkan ban cepat aus pada bagian sisi tertentu

Tips Merawat Velg Honda Jazz

Untuk menjaga agar velg awet dan selalu dalam kondisi prima, terdapat beberapa perawatan yang perlu anda lakukan. Berikut ini beberapa tips dalam merawat velg Honda Jazz anda :

Hindari Jalan Rusak dan Berlubang

Hentakan dan benturan yang ditimbulkan saat melewati medan jalan yang rusak dan bergelombang dapat berisiko merusak velg terutama pada bagian bibir velg. jika tidak ada pilihan rute lain usahakan untuk tidak mengebut dan kurangi kecepatan mengemudi anda.

Pastikan Tekanan Angin Ban Stabil

Cek secara berkala tekanana angina ban anda, pastikan tekanan angina stabil dan sesuai dengan tekanan yang direkomendasikan. Tekanan angin yang kurang dan tidak stabil akan berisiko merusak ban dan velg anda.

Bersihkan Velg Secara Rutin

Posisi velg yang berada di bawah, menyebabkan velg mobil rentan kotor terutama setelah melewati jalan yang kotor dan becek setelah hujan. kotoran yang menempel terlalu lama pada velg menyebabkan velg mengalami korosi dan karat, selain itu velg juga terlihat kusam. Segera bersihkan velg anda ketika terlihat kotor.

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Lakukan pemeriksaan dan servis rutin mobil anda di bengkel  resmi, pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa komponen-komponen mobil anda salah satunya adalah velg.