Advertisements
banner iklan

Ukuran Velg Innova dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran velg Innova – Toyota Innova merupakan salah satu jenis mobil MPV yang banyak ditemui di jalan. Anda pemilik Innova bisa merubah tampilannya agar lebih keren dengan cara merubah velgnya. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui dulu ukuran standar velg yang digunakan.

Berapa ukuran velg Innova?

Ukuran velg Innova generasi pertama tipe E dan tipe J adalah 14 inchi. Ukuran velg Innova generasi pertama tipe G dan tipe V adalah 15 inchi. Ukuran velg Innova Reborn tipe TRD, tipe Q, dan Innova Venturer adalah 17 inchi, sedangkan ukuran velg Innova Reborn tipe V dan tipe G adalah 16 inchi.

Informasi yang lebih jelas tentang ukuran velg Innova bisa Anda baca pada penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Innova Semua Tipe
  • Merk Velg Toyota Innova Terbaik
  • Modifikasi Ukuran Velg Innova yang Aman dan Nyaman
  • Penyebab Utama Velg Mobil Toyota Innova Rusak
  • Tips Merawat Velg Toyota Innova Agar Tahan Lama

Ukuran Velg Innova

Toyota Innova telah diproduksi dalam beberapa generasi. Generasi terbaru Toyota Kijang Innova atau disebut Toyota Innova Reborn telah mengalami beberapa perkembangan dari generasi yang sebelumnya.

Semua tipe Toyota Innova tersebut memiliki standar ukuran velg yang berbeda – beda. Berikut tabel ukuran velg Toyota Innova lengkap.

Ukuran Velg Innova Generasi Pertama

Merk MobilUkuran Velg
Toyota Innova Tipe E14 inchi
Toyota Innova Tipe J14 inchi
Toyota Innova Tipe G15 inchi
Toyota Innova Tipe V15 inchi
Advertisements

Ukuran Velg Innova Generasi Kedua (All New Kijang Innova atau Innova Reborn)

Merk MobilUkuran Velg
Toyota Innova Venturer17 inchi
Toyota Innova TRD17 inchi
Toyota Innova Tipe Q17 inchi
Toyota Innova Tipe V16 inchi
Toyota Innova Tipe G16 inchi

Tersedia berbagai macam merk velg mobil Innova dengan harga yang murah di Shopee. Anda bisa mendapatkan promo dan gratis ongkir untuk setiap pembelian velg. Tekan tombol di bawah ini untuk menuju toko Shopee.

Rekomendasi Merk Velg Mobil Innova Terbaik

Terdapat banyak merk velg yang dijual baik di toko online ataupun toko sparepart yang cocok untuk mobil Innova. Anda tinggal mencari merk velg dengan ukuran yang pas untuk mobil Innova.

Berikut adalah beberapa merk velg Toyota Innova:

Advertisements
  • Rays Gram Lights (Rp. 6.000.000)
  • Rojam Slave (Rp. 5.000.000)
  • HSR Brisket 55443 R18 (Rp. 6.200.000)
  • HSR Myth08 SW277 (Rp. 5.400.000)
  • Weds Sport (Rp. 2.500.000)
  • Black Rhino (Rp. 25.000.000)

Modifikasi Ukuran Velg Mobil Innova yang Aman dan Nyaman

Toyota Innova Reborn memiliki ukuran velg standar 16 inchi dengan ukuran ban 205/65. Ukuran ban dan velg Innova tersebut dianggap kurang proposional, karena membuat tampilan ban terlihat terlalu kecil.

Oleh sebab itu, banyak orang yang memutuskan untuk merubah ukuran velg serta ban Toyota Innova dengan ukuran yang lebih besar untuk mendapatkan tampilan yang lebih gahar dan keren.

Lalu berapakah modifkasi ukuran velg Toyota Innova yang pas dan aman?

Rekomendasi ukuran velg modifikasi Innova yang pas adalah ukuran velg 18 inchi dan 19 inchi. Untuk ukuran ban, Anda bisa menggunakan 235/50 untuk ring 18 dan 245/45 untuk ring 19.

Modifikasi ukuran ban dan velg tersebut dirasa yang paling aman untuk penggunaan sehari – hari. Ukuran tersebut tidak membuat ban terlalu mentok sehingga tidak perlu dilakukan perubahan pada komponen mobil lainnya.

Penyebab Utama Velg Toyota Innova Rusak

Jika tidak dirawat dengan baik, maka velg Toyota Innova bisa mengalami kerusakan. Bahkan kerusakan velg Innova bisa saja disebabkan oleh gaya berkendara yang buruk.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal penyebab velg mobil Innova rusak antara lain:

Advertisements

Kondisi ban mobil Innova mulai aus

Seiring lamanya pemakaian mobil Innova, maka kualitas komponennya pun juga mulai aus termasuk velg. Velg yang sudah aus memiliki ciri – ciri adaya keretakan. Jika sudah aus, velg Innova harus segera diganti dengan yang baru demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Tekanan angin ban mobil Agya kurang

Tekanan angin ban Agya harus dalam kondisi yang pas sebelum digunakan. Karena jika tekanan angin ban kurang, maka goncangan yang terjadi saat mobil menghantam lubang di jalan langsung mengenai velg. Hal tersebut bisa membuat bibir velg peyang.

Mobil Innova sering menabrak lubang di jalan

Jalanan yang rusak juga bisa menjadi penyebab velg mobil Innova rusak. Apalagi di saat musim hujan, banyak lubang yang tertutup dengan genangan air sehingga pengendara sering menghantam lubang tersebut dengan keras.

Tips Merawat Velg Toyota Innova Agar Tahan Lama

Penggantian velg mobil Innova membutuhkan biaya hingga jutaan rupiah. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan perawatan untuk menjaga kondisi velg agar bisa bertahan lebih lama.

Berikut ini beberapa tips merawat velg Toyota Innova agar tahan lama:

  • Pastikan tekanan angin ban mobil Innova pas sebelum digunakan.
  • Gunakan spesifikasi velg dan lebar ban Toyota Innova yang sesuai.
  • Hindari melewati jalan yang rusak dan penuh lubang.
  • Cuci velg Innova menggunakan air bersih yang mengalir.
  • Lakukan spooring dan balancing Innova setiap jarak tempuh 10.000 km.