Ukuran Velg HRV dan Tips Merawat Nya

Ukuran Velg HRV – Banyak pemilik mobil Honda HRV yang melakukan modifikasi pada velg dan ban nya agar lebih nyaman dan stylist. Namun sebelum mengganti ukuran velg  HRV, Anda perlu mengetahui dulu ukuran standar velg HRV agar tidak terjadi kesalahan.

Advertisements

Berapa ukuran velg HRV? Ukuran velg HRV adalah lebar 6.5 inchi dan ukuran ring 17. Sedangkan ukuran velg HRV prestige adalah lebar 7 inchi dan ukuran ring 18.

Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang velg HRV, Anda bisa membaca penjelasan di bawah ini

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg HRV
  • Ganti Ukuran Velg mobil HRV yang Aman
  • Penyebab Velg Honda HRV Rusak
  • Tips Ganti Ukuran Velg HRV
  • Perawatan Velg Mobil HRV

Ukuran Velg HRV

Berikut adalah daftar ukuran velg Honda HRV lengkap:

Tipe MobilLebar VelgUkuran Ring
Honda HRV6.5 inchi17
Honda HRV Prestige7 inchi18
Advertisements

Anda bisa membeli velg berkualitas dengan harga yang murah di aplikasi Shopee. Ada voucher gratis ongkir untuk pengiriman seluruh Indonesia dan promo menarik lainnya juga. Tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke tokonya.

Ganti Ukuran Velg mobil HRV yang Aman

Demi keamanan dan keyamanan dalam berkendara, penggantian ukuran velg juga tidak bisa asal – asalan. Kemudian banyak orang yang bertanya berapa ukuran yang pas ganti velg HRV?

Idealnya, ganti ukuran velg HRV adalah 2 inchi dari ukuran standar pabrik.

Misalnya Anda bisa mengganti velg dengan lebar 8 atau 8.5 inchi dan ukuran ring 20. Penggantian velg dengan ukuran ini tidak akan membuat velg terlihat keluar dari body mobil. Selain tiu, ukuran velg ini dirasa yang paling ideal karena mobil akan tetap terasa nyaman.

Penyebab Velg Honda HRV Rusak

Banyak hal yang menyebabkan velg HRV bisa mengalami kerusakan, baik itu dari komponen velg nya ataupun dari cara berkendara pemilik mobil. Berikut adalah beberapa penyebab velg HRV rusak:

Advertisements
  • Tekanan angin dalam ban HRV kurang
  • Mobil serign digunakan di jalanan yang tidak rata atau berlubang
  • Kualitas velg buruk
  • Penggunaan spesifikasi ban HRV yang tidak sesuai

Oleh sebab itu, hindari melakukan hal – hal di atas agar velg mobil  HRV Anda tetap dalam kondisi baik.

Tips Ganti Ukuran Velg HRV

Modifikasi mobil HRV biasanya dilakukan dengan mengganti ukuran velg yang lebih besar. Namun penggantian ukuran velg tersebut tidak bisa sembarangan, karena akan mempengaruhi kenyamanan.

Berikut adalah beberapa tips dalam mengganti ukuran velg HRV.

Perhatikan diameter luar ban

Saat mengganti ukuran velg mobil, pastikan ban mobil Anda juga diganti dengan diameter yang sesuai. Selain itu, gunakan ban dengan kualitas yang baik agar keyamanan tetap terjaga. Jangan gunakan ban yang terlalu tipis karena bisa menyebabkan resiko velg bengkok.

Advertisements

Pertimbangkan resiko setelah ganti ukuran velg HRV

Penggantian ukuran velg HRV di luar standar tentu ada resikonya. Misalkan Anda mengganti ukuran velg menjadi lebih besar, maka ukuran ban yang digunakan akan semakin tipis. Akibatnya, ban tidak bisa menyerap getaran dengan maksimal sehingga resiko teburuknya adalah velg akan cepat rusak.

Cek offset velg

Ofset velg merupakan jarak tengah velg ke bagian paling luarnya. Ukuran offset ini akan mempengaruhi keamanan dan estetika mobil HRV. Jika ukuran offset tidak pas, maka velg mobil HRV akan terlihat terlalu ke dalam atau keluar.

Hal tersebut tentunya tidak aman karena bisa bergesekan dengan komponen mobil HRV lainnya.

Perawatan Velg Mobil HRV

Agar velg Anda selalu dalam kondisi baik, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Lakukan servis mobil HRV secara rutin

Servis dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil. Anda bisa melakukan pengecekan 2 minggu sekali untuk memantau apakah kondisi velg masih bagus atau ada keretakan atau bengkok.

Jika mobil  HRV Anda terasa tidak nyaman setelah melewati jalanan yang tidak rata, maka segera bawa ke bengkel untuk pemeriksaan.

Pastikan tekanan angin di dalam ban stabil

Jangan sampai ban HRV Anda kekurangan angin. Hal tersebut bisa mengakibatkan velg rusak atau bengkok karena beban langsung bertumpu pada velg.

Jangan melewati jalanan yang rusak

Kondisi jalanan yang bergelombang bisa membuat velg rusak. Sebaiknya hindari melewati jalanan yang rusak, jika terpaksa melewatinya Anda bisa mengendarai mobil HRV dengan kecepatan rendah.