Ukuran Velg CRV dan Penyebab Velg Cepat Rusak

Ukuran Velg CRV – Meskipun berasal dari pabrik yang sama,ukuran velg mobil berbeda – beda. Untuk mengetahui ukuran velg CRV, silahkan untuk menyimak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa ukuran standar velg mobil CRV? Ukuran velg CRV adalah 15 – 18 inchi, dengan lebar sekitar 7 – 7,5 inchi. Besarnya ukuran tersebut tergantung tipe mobil.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Mobil CRV
  • Penyebab Velg Mobil CRV Cepat Rusak
  • Ciri – Ciri Velg CRV Rusak
  • Cara Pilih Velg Mobil Honda CRV
Advertisements

Ukuran Velg Mobil CRV

Pada saat melakukan modifikasi tampilan mobil, Anda dapat mengganti tampilan velg, tetapi usahakan untuk tetap memilih velg dengan ukuran standar. Berikut ukuran velg CRV semua tipe.

Tipe MobilUkuran Velg
CRV 1stRing 15
CRV 2ndR17
CRV All New Turbo/ Turbo PrestigeR18

Perlu Anda ketahui bahwa velg dengan ukuran Ring 15 atau R15 berarti ukuran ring pelek 15 inchi. Untuk mobil CRV gen 5, yaitu CRV Turbo memiliki ukuran pelek standar 17 dan 18 inchi yang dapat diupgrade menjadi 20 inchi.

Jika benar – benar menginginkan mengganti ukuran velg mobil CRV lebih besar, maka Anda perlu menggunakan Adaptor Velg.

Adaptor Velg merupakan lempengan plat dengan ukuran 17 mm – 20 mm yang berfungsi untuk menambah lubang baut dan ukuran PCD (Pitch Circle Diameter). Namun, penggunaan adaptor ini dapat berpengaruh pada tingkat keselamatan.

Bisa jadi karena kesalahan perawatan, atau kondisi jalan, dapat membuat velg mobil CRV cepat rusak. Jika kerusakan telah parah, Anda dapat membeli velg CRV baru secara online untuk mendapatkan beberapa keuntungan.

Untuk mengecek ketersediaan produk velg CRV dengan ukuran standar, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Penyebab Velg Mobil CRV Cepat Rusak

Saat terjadi kerusakan pada velg mobil CRV, maka dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengemudi. Rusaknya velg pada mobi dapat disebabkan karena beberapa penyebab, antara lain :

Jumlah tekanan angin pada ban tidak sesuai standar

Tipe dan ukuran velg mobil memengaruhi jumlah tekanan angin standar pada ban. Untuk mobil CRV dengan Ring 17 memiliki ukuran tekanan angin pada ban depan 32 dan ban belakang 30.

Apabila tekanan angin pada mobil Anda tidak sesuai, maka dapat membuat bibir velg mudah penyok. Untuk mengetahui tekanan angin standar pada ban, silahkan cek pada buku pada manual.

Ukuran ban tidak sesuai dengan velg

Setiap velg memiliki ukuran standar masing – masing untuk penggunaan ban. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada velg. Untuk itu, perhatikan baik – baik ukuran ban yang sesuai dengan velg Anda.

Sering melewati kondisi jalan berlubang

Saat berkendara sebaiknya Anda berusaha untuk menghindari jalan yang berlubang, dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini dikarenakan, dapat membuat velg mobil bengkok dan bagian pinggir pecah.

Ciri – Ciri Velg CRV Rusak

Di bawah ini adalah ciri – ciri velg mobil CRV mengalami kerusakan.

Advertisements
  • Terdapat bagian permukaan aus
  • Muncul suara berdecit dari velg
  • Setir terasa bergetar, saat tekanan angin kurang
  • Kurangnya tekanan angin ban belakang

Cara Pilih Velg Mobil Honda CRV

Sebelum membeli velg baru untuk mobil Anda, ketahui terlebih dahulu beberapa tips untuk memilih velg mobil, sebagai berikut.

  1. Lakukan pengecekan spesifikasi velg

    Dengan mengetahui spesifikasi velg, Anda dapat mengetahui ukuran, serta bahan velg. Hal ini penting untuk dilakukan, karena ukuran velg menentukan ukuran ban yang digunakan.
    Untuk bahan velg mobil biasanya menggunakan logam ringan, seperti forged alloy dan billet steel. Bahan velg yang seperti itu dapat mendukung performa mobil.

  2. Pilih desain velg

    Menentukan desain velg yang akan dipilih, sangat penting untuk tampilan mobil. Namun, sebaiknya pilih desain velg yang memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

  3. Pastikan velg memiliki kualitas yang baik

    Setelah mengetahui spesifikasi velg dan bahan apa yang digunakan, maka Anda dapat mengetahui bagaimana kualitas velg. Hal ini dkarenakan, bahan pembuatan dapat mempengaruhi keawetan velg.
    Untuk lebih amannya, selain memilih produk original, karena memiliki kualitas yang terjamin.

  4. Pilih penjual yang terpercaya

    Saat melakukan pembelian velg, pastikan di tempat yang terpercaya baik secara online ataupun offline. Hal ini untuk menghindari pembelian barang palsu atau KW.
    Saat Anda ingin melakukan modifikasi ukuran velg mobil CRV, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya.