Ukuran Velg CBR dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran velg CBR – Velg salah satu bagian pada roda motor, yang berbentuk lingkaran dan terbuat dari bahan logam. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk menahan beban samping.

Advertisements

Lantas berapa ukuran velg CBR?

Ukuran velg CBR adalah 3,5 x 17 inchi pada bagian depan dan 2,5 x 17 inchi untuk bagian belakang pada All New CBR 150R. Sedangkan pada CB150R adalah 1,85 x 17 inchi pada bagian depan dan 2,5 x 17 nchi pada bagian belakang.

Untuk mendapatkan penjelasan lebih  detail terkait ukuran velg CBR, silahkan melihat pada artikel berikut ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran  Velg Standard Honda CBR
  • Rekomendasi Velg Honda CBR
  • Kegunaan Velg Motor CBR
  • Penyebab Velg Motor CBR Rusak
  • Cara Perawatan Velg Motor CBR yang Benar
Advertisements

Ukuran Velg Standar Honda CBR

Berikut ini adalah ukuran velg pada Honda CBR yang dapat Anda ketahui, yaitu:

Tipe MotorUkuran Velg
All New CBR 150R3,5 x 17 inchi pada bagian depan dan 2,5 x 17 inchi untuk bagian belakang
CB150R1,85 x 17 inchi pada bagian depan dan 2,5 x 17 inchi pada bagian belakang

Ukuran pelek All New CBR 150R bisa dipakai pada ban dengan ukuran 100/70-17 pada roda depan dan 130/70-17 pada roda bagian belakang. Lalu pada ukuran pelek CB150R bisa dipakai pada ban depan 80/90-17 dan ban belakang 100/80-17.

Jika Anda berniat mencari produk velg motor Honda CBR yang memiliki kualitas terbaik, silahkan untuk melihat pada aplikasi Shopee. Disini Anda bisa mendapatkan banyakpotongan harga dan gratis ongkir sesuai ketentuan.

Advertisements

Rekomendasi Velg Honda CBR

Di bawah ini adalah rekomendasi velg untuk motor Honda CBR yang bagus, yaitu:

Velg CBR 150r V – Rossi Rp. 1.823.000

Velg motor merk Rossi adalah rekomendasi terbaik untuk jenis motor seperti honda CBR. Velg ini sangat disarankan bagi Anda yang mencari velg dengan harga yang cukup terjangkau, namun memiliki kualitas yang bagus.

Pada motor CBR 150 Anda menggunakan velg dengan ukuran 17, yang memiliki banyak pilihan lebar standard ban dan tapak bannya.

Velg TDR Racing CDI TDR Honda CBR 150 Rp. 825.000

Velg TDR adalah salah satu merk velg yang banyak digunakan. Velg ini mempunyai high performance technology yang baik. Kualitas yang ditawarkan ketika berkendara juga termasuk sangat baik.

Velg CBR Equinox Ring 17 Rp. 1.800.000

Rekomendasi velg dari merk Equionox ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan. Velg ini memiliki palang berbentuk Y yang membuatnya terkesan premium. Hal ini menjadikan performnya cukup kuat bahkan untuk standard balap.

Kegunaan Velg Motor CBR

Sebagai salah satu komponen wajib pada roda kendaran. Velg memiliki fungsi dan kegunaan yang cukup penting. Fungsi utama dari velg  adalah sebagai tempat pemasangan ban pada roda kendaraan.

Dengan adanya velg maka pemasangan roda dapat dilakukan dengan baik. Tidak hanya itu saja, velg juga menjadi alasan kendaraan Anda dapat berjalan sesuai dengan keinginan. maka dari itu perawatan pada velg kendaraan sangat diperlukan.

Pada velg terdapat bagian jari-jari yang berfungsi sebagai penghubung antara pelek dengan tromol roda kendaraan. Bukan hanya itu jar-jari ini juga berfungsi sebagai penopang berat dari sepeda motor Anda.

Penyebab Velg Motor CBR Rusak

Berikut ini adalah penyebab velg motor Honda CBR Anda rusak, yaitu:

Advertisements
  • Kurangnya tekanan angin pada ban
  • Memaksakan penggunaan kendaraan dengan kondisi ban yang kempes
  • Usia pelek yang sudah lama
  • Kendaraan sering digunakan pada medan jalan yang tidak rata dan berlubang
  • Memakai ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi pelek

Cara Perawatan Velg Honda CBR yang Benar

Di bawah ini merupakan cara perawawatan yang benar pada velg kendaraan Anda yaitu:

1.     Pastikan Menjaga Kebersihan Velg Kendaraan

Kebersihan pada pelek memang harus diperhatikan. Pasalnya posisi velg yang berada pada bagian bawah kendaraan memang rentan kotor. Pasir dan kotoran lainnya jika dibiarkan terlalu lama dapat mengikis permukaan pelek kendaraan.

Kondisi tersebut dapat membuat velg Anda keropos dan juga kusam. Pelek yang kropos tentu saja akan sangat membahayakan ketika dipakai untuk berkendara. Maka dar itu pastikan Anda menjaga kebersihan bagian pelek kendaran.

2.     Hindari Jalan yang Berlubang

Kondisi medan jalan yang Anda lewati juga berpengaruh dalam kondisi pelek motor Anda. Perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering melewati jalanan yang berlubang dapat menyebabkan pelek terbentur dengan aspal kendaraan.

Benturan yang keras tersebut tidak dapat diredam oleh ban kendaraaa. Alhasil kondisi ini dapat menyebabkan pelek rusak, retak bahkan bengkok. Pelek kendaraan yang seperti itu harus dilakukan penggantian.

3.     Lakukan Penyetelan Velg Secara Rutin

velg yang menggunakan tipe standard dan memiliki jari-jari perlu dilakukan penyetelan ecara rutin. Hal ini untuk menjamin pelek kendaraan Anda tetap kokoh dan terasa nyaman ketika digunakan untuk berkendara.

Perlu Anda ketahui bahwa tipe velg yang standard memiliki kemampuan yang menurun seiring dengan usia pakainya. Maka dari itu pastikan Anda melakukan penyetelan secara berkala