Ukuran Velg Avanza dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Velg Avanza – Banyak pemilik mobil Toyota Avanza yang ingin merubah tampilan agar lebih stylish dengan mengganti velg nya. Namun penggantian velg tentu tidak bisa asal – asalan. Ukuran velg tersebut harus sesuai agar mobil Avanza tetap nyaman dikendarai.

Advertisements

Berapa ukuran standar velg Avanza? Ukuran velg Avanza tipe E dan tipe G adalah 14 inchi, sedangkan ukuran velg Avanza tipe S dan Avanza Veloz adalah 15 inchi.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang velg Avanza, silahkan baca penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Avanza Semua Tipe
  • Merk Velg Toyota Avanza Terbaik
  • Modifikasi Ukuran Velg yang Cocok untuk Avanza
  • Penyebab Utama Velg Mobil Toyota Avanza Rusak
  • Tips Merawat Velg Toyota Avanza Agar Tahan Lama
Advertisements

Ukuran Velg Avanza

Toyota Avanza memiliki beberapa macam tipe dengan ukuran velg yang berbeda – beda. Berikut adalah tabel standar ukuran velg mobil Innova lengkap semua type.

Merk MobilUkuran Velg
Toyota Avanza Tipe ERing 14
Toyota Avanza Tipe GRing 14
Toyota Avanza Tipe SRing 15
Toyota VelozRing 15

Jika sedang mencari velg Avanza, Anda bisa membelinya melalui Shopee. Tersedia voucher gratis ongkir untuk pembelian berbagai model velg Avanza. Tekan link di bawah ini untuk memilih produknya.

Advertisements

Rekomendasi Merk Velg Mobil Avanza Terbaik

Anda bisa mencari velg yang spesifikasinya sesuai dengan mobil Avanza yang Anda miliki. Berikut beberapa merk dan harga velg untuk mobil Avanza:

  • HSR Zico JD8137 (Rp. 1.370.000)
  • HSR Noshiro (Rp. 6.400.000)
  • HSR Noshiro Racing R-15 (Rp. 1.150.000)
  • HSR Bear (Rp. 4.900.000)
  • Enkei RPF1 (Rp. 4.900.000)
  • Enkei RCG5 (Rp. 4.000.000)

Modifikasi Ukuran Velg yang Cocok untuk Mobil Avanza

Penggantian ukuran velg boleh saja dilakukan dengan syarat perhitungan yang sesuai. Jangan sampai Anda mengganti ukuran velg Avanza hanya untuk mendapatkan tampilan yang keren namun kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

Modifikasi ukuran velg Avanza yang tepat adalah menaikkan 1 – 2 tingkat dari ukuran velg bawaan Avanza. Misalkan ukuran velg Avanza yang digunakan adalah 14 inchi, maka modifikasi ukuran velg yang digunakan adalah 15 inchi atau 16 inchi.

Sedangkan untuk lebar ban, Anda bisa menggunakan ukuran 185/65 untuk ring 15 atau 205/55 untuk ring 16. Modifikasi ukuran velg tersebut sudah tepat karena tidak memerlukan perubahan pada kaki – kaki mobil Avanza.

Sebagai informasi tambahan, semakin besar modifikasi ukuran pelek Avanza, maka semakin tipis ketebalan ban yang digunakan. Hal tersebut tentu berdampak pada kenyamanan berkendara akibat getaran yang diserap ban menjadi berkurang.

Penyebab Utama Velg Mobil Toyota Avanza Rusak

Velg mobil Toyota terbuat dari material yang berkualitas, sehingga kemungkinan velg mengalami kerusakan pun kecil untuk pemakaian mobil dengan normal. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang bisa membuat velg Avanza cepat rusak.

Berikut adalah beberapa penyebab velg mobil Avanza rusak.

Advertisements

Mobil Avanza sering digunakan menghantam lubang

Kebiasaan buruk berkendara yang ugal – ugalan bisa menjadi penyebab velg rusak. Velg yang terkena hantaman lubang secara terus menerus membuat kondisi velg peyang atau penyok. Bahkan jika terus dibiarkan, velg bisa retak dan pecah.

Ban Avanza kurang angin

Kondisi ban yang kekurangan angin dapat membuat velg rusak. Hal tersebut karena ban tidak bisa menahan goncangan sehingga langsung diteruskan ke velg.

Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan bahwa tekanan angin ban mobil Avanza harus sesuai. Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel untuk pengisian angin ban nitrogen agar tekanan angin tetap stabil.

Modifikasi ukuran velg Avanza tidak sesuai aturan

Merubah ukuran velg boleh saja dilakukan asalkan melalui perhitungan yang sesuai. Karena jika ukuran velg Avanza tidak sesuai aturan bisa mengganggu kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara. Sehingga potensi velg rusak pun akan terjadi.

Tips Merawat Velg Toyota Avanza Agar Tahan Lama

Velg Avanza yang peyang atau penyok harus diganti dengan yang baru. Hal tersebut tentu membutuhkan biaya yang besar. Untuk itu, Anda perlu merawat velg Avanza Anda agar usianya lebih awet.

Berikut beberapa tips merawat velg Toyota Avanza:

  • Rubah kebiasaan berkendara yang buruk.
  • Jangan gunakan mobil Avanza untuk melewati jalanan yang rusak.
  • Gunakan ukuran velg dan ban Avanza sesuai anjuran.
  • Bersihkan velg Avanza menggunakan air bersih dan sabun khusus.
  • Lakukan pengecekan pada velg Avanza di bengkel jika dirasa ada masalah dalam berkendara.