Ukuran Velg Astrea dan Tips Merawat Nya

Ukuran Velg Astrea – Velg atau Pelek, merupakan komponen utama yang ada pada roda motor Astrea. Velg tersebut dipasang di dalam ban agar bentuk ban sempurna. Karena fungsinya yang penting, pemilihan velg harus menggunakan kualitas yang bagus.

Advertisements

Lalu berapa ukuran velg Astrea?

Ukuran velg depan Astrea semua tipe adalah 17 x 1.40 dan ukuran velg belakang Astrea adalah 17 x 1.60. Velg ini digunakan untuk ukuran ban 225/250 dengan ring 17.

Anda bisa mendapatkan informasi tentang Velg motor Astrea secara lengkap di bawah ini

.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Standar Honda Astrea
  • Fungsi Velg Motor Astrea
  • Penyebab Velg Motor Astrea Rusak
  • Tips Merawat Velg Motor Honda Astrea
Advertisements

Ukuran Velg Standar Honda Astrea

Motor Astrea dibagi menjadi beberapa tipe, seperti Astrea Grand, Astrea Prima, Astrea Star, Astrea C70, Astrea Star C800, dan Astrea 800.

Untuk ukuran velg Honda Astrea sama adalah sama, yaitu 17 x 1.40 untuk velg depan dan 17 x 1.60 untuk velg belakang.

Ukuran velg tersebut cocok digunakan untuk motor Astrea yang memiliki ukuran ban 225/250 dengan ring 17

Jika ingin membeli berbagai macam velg berkualitas dengan harga yang murah, Anda bisa melihat beberapa produknya di aplikasi Shopee. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan voucher gratis ongkir untuk pengiriman seluruh Indonesia. Tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke tokonya.

Fungsi Velg Motor Astrea

Advertisements

Velg pada motor Astrea memiliki fungsi untuk menahan beban pengendara dan sebagai tempat perputaran roda, sehingga motor bisa dijalankan dengan mudah. Dengan adanya velg, ban bisa terbentuk dengan presisi dan terpasang dengan sempurna.

Selain itu, velg juga memiliki komponen lain sebagai penunjang kinerja velg. Komponen tersebut bernama tromol.

Tromol terletak pada bagian tengah velg. Fungsinya adalah sebagai poros tengah roda. Tromol juga berfungsi sebagai tempat pemasangan sistem pengereman pada motor Astrea.

Oleh sebab itu, kualitas velg dan bobot velg yang digunakan harus pas dan memiliki kualitas yang baik. Karena jika pemilihan velg tidak pas akan mempengaruhi performa motor Astrea.

Penyebab Velg Motor Astrea Bengkok

Meskipun velg letaknya berada di dalam ban, namun velg juga bisa saja retak, bengkok, bahkan pecah. Penyebabnya bisa berbagai macam mulai dari medan yang berat hingga cara bekendara yang buruk.

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan velg motor Astrea bengkok

Motor sering digunakan di jalan yang berlubang

Jalan yang berlubang dan berbatu bisa menjadi penyebab velg bengkok dan rusak. Biasanya kerusakan tersebut terjadi di tepi velg.

Selain itu, rusaknya velg juga bisa disebabkan karena pengeraman mendadak saat motor melaju dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut karena beban motor bertumpu pada satu titik sehingga velg akan bengkok, terutama velg depan.

Oleh sebab itu, ubahlah cara berkendara Anda agar velg motor Astrea Anda lebih tahan lama.

Penggunaan spesifikasi ban yang tidak sesuai

Ketika ingin mengganti ban, sebaiknya sesuaikan spesifikasi ban dengan ukuran velg. Karena jika tidak sesuai bisa menyebabkan velg Astrea rusak dan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Akan lebih baik jika Anda menggunakan velg standar dari pabrik.

Namun jika velg Astrea yang Anda gunakan adalah hasil modifikasi, sebaiknya konsultasikan dulu kepada mekanik di bengkel perihal spesifikasi ban yang cocok.

Tekanan angin di dalam ban kurang

Tekanan angin di dalam ban harus selalu dalam kondisi stabil. Jangan sampai Anda membiarkan ban motor terlihat kempes karena bisa merusak velg terutama bagian tepinya. Hal tersebut karena beban motor akan langsung berada pada velg karena kurangnya angin yang berada di dalam ban.

Advertisements

Tips Merawat Velg Motor Honda Astrea

Sama denga komponen lainnya, velg motor Astrea juga perlu dilakukan perawatan agar kondisinya tetap terjaga.

Berikut adalah tips untuk merawat velg motor Astrea:

Selalu jaga kebersihan velg motor Astrea

Agar terhindar dari korosi atau karat terutama pada jari – jari velg, Anda harus menjaga kebersihan velg. Segera cuci bersih motor Anda setelah melewati jalanan yang kotor ataupun berlumpur.

Pastikan tekanan angin dalam ban motor Astrea tetap stabil

Tekanan angin dalam ban juga bisa mempengaruhi kondisi velg motor Anda perlu memastikan bahwa tekanan angin di dalam ban harus tetap stabil.

Karena jikan angin ban kurang, velg akan cepat rusak terutama saat menghantam lubang yang ada di jalan. Akibatnya velg akan bengkok dan bahkan bisa pecah.

Ubah cara berkendara Anda

Kendarai motor Astrea Anda dengan baik. Hindari melewati jalanan yang penuh lubang dengan kecepatan yang tinggi. Jika memang terpaksa melewati medan yang berat, Anda bisa mengendarainya dengan perlahan.

Setel velg motor Astrea agar tetap seimbang

Velg motor astrea menggunakan jenis velg jari – jari. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan penyetelan secara rutin pada jari – jari velg tersebut agar posisinya tetap seimbang dan nyaman untuk dikendarai.