Ukuran Velg Aerox dan Rekomendasi Merk Nya

Advertisements

Ukuran Velg Aerox –  Velg memiliki fungsi sebagai penopang ban, dan setiap motor memiliki ukuran velg masing – masing. Perlu diketahui ukuran klep Aerox depan dan belakang berbeda. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas ukuran velg Aerox.

Berapa ukuran velg Aerox? Ukuran velg Aerox adalah 14 inchi dengan lebar velg depan 3 inchi, dan belakang 3,5 inchi. Ukuran diameter velg Aerox sama dengan Lexi.

Daftar Isi :

  • Ukuran Velg Aerox
  • Penyebab Velg Aerox Cepat Peyang
  • Rekomendasi Velg Aerox dan Harganya
  • Akibat Ganti Ukuran Velg Aerox Lebih Besar
  • Tips Merawat Velg Motor Aerox Tetap Awet
Advertisements

Ukuran Velg Aerox

Ukuran diameter velg Aerox sama dengan Yamaha Lexi, yaitu 14 inchi. Sedangkan, untuk ukuran lebar velg sama dengan Nmax, 3 inchi (lebar velg depan), dan 3,5 inchi (lebar velg belakang).

Dengan ukuran velg tersebut, Yamaha Aerox dapat menggunakan ban depan dengan ukuran 110/80 dan ban belakang 140/70.

Jika ingin penampilan motor Aerox berbeda dari yang lain, Anda bisa mengganti ukuran velg menjadi lebih besar dan sesuai kebutuhan. Namun, hal ini tidak dapat dilakukan sembarangan, penggantian velg harus dilakukan di bengkel profesional.

Sedangkan, untuk pembelian velg Yamaha Aerox dapat dilakukan secara online via Shopee. Bagi Anda yang ingin mengecek ketersediaan produk, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Penyebab Velg Aerox Cepat Peyang

Advertisements

Dengan menggunakan velg jenis CW (Cast Wheel) pada motor Aerox, maka pengendara tidak perlu perlu melakukan setel ulang. Meskipun velg CW dikenal cukup awet, tetapi memungkinkan mengalami kerusakan, seperti retak, peyang, atau patah.

Penyebab utama yang membuat hal tersebut terjadi yaitu melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya berlubang, terlalu sering melintasi jalan terjal juga dapat membuat velg motor peyang.

Perlu diketahui bahwa, permukaan jalan yang tidak rata karena tambalan aspal juga dapat membuat velg penyok, dan hal ini sering tidak disadari oleh pengendara.

Rekomendasi Velg Aerox dan Harganya

Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi velg Aerox.

  • Velg Belakang Aerox 155 Black Original YGP, Rp. 1.298.000
  • Velg Racing Boy (RCB) Aerox Gold, Rp. 2.500.000
  • Velg Racing Aerox Black Original YGP, Rp. 1.048.000.
Advertisements

Akibat Ganti Ukuran Velg Aerox Lebih Besar

Penggantian velg Yamaha Aerox dengan ukuran yang lebih besar dapat menimbulkan beberapa efek samping, salah satunya yaitu perputaran roda terasa berat saat motor mulai dijalankan.

Meskipun efek tersebut tidak terlalu dirasakan saat motor telah berjalan, tetapi akan berdampak pada komponen lainnya, seperti gear atau transmisi CVT. Dengan adanya penambahan beban membuat gear bekerja lebih berat, sehingga berdampak pada jumlah konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan tersebut, sebaiknya saat mengganti ukurang velg menjadi lebih besar imbangi juga dengan mengganti mata gear. Selain itu, gunakan ukuran velg yang tidak terlalu jauh berbeda dengan ukuran standar.

Tips Merawat Velg Motor Aerox Tetap Awet

Berikut beberapa tips merawat velg Aerox tetap awet.

Hindari melintasi jalan berlubang

Saat melintasi jalan yang berlubang, sebaiknya kurangi kecepatan berkendara. Hal ini bertujuan agar benturan yang mengenai pelek tidak terlalu keras, hingga menyebabkan velg motor patah.

Oleh karena itu, gunakan cara berkendara yang baik, jangan ugal – ugalan agar velg motor Yamaha Aerox tidak cepat peyang.

Pastikan tekanan ban ideal

Pengisian tekanan angin ban secara ideal menjadi hal yang cukup penting untuk menjaga kondisi velg motor. Secara ideal, tekanan ban Aerox 155 yaitu 30 – 33 Psi.

Hal ini dikarenakan, apabila tekanan angin ban motor kurang akan mengurangi kenyamanan saat berkendara, dan merusak permukaan dalam ban. Jika ban motor dibiarkan secara terus menerus kekurangan tekanan angin, maka dapat merusak velg motor Aerox.

Oleh karena itu, pengecekan kondisi tekanan ban Aerox dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Jaga kebersihan velg motor

Selain dapat mengurangi tampilan motor, kotoran yang terlalu lama menempel pada velg Aerox dapat menyebabkan korosi. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan velg motor.