Ukuran V Belt Beat FI, Karbu, eSP, dan Street

Advertisements

Ukuran V belt Beat – Van belt atau v belt menjadi salah satu komponen penggerak Honda Beat yang menentukan kenyaman dan keamanan saat berkendara. V belt memiliki fungsi utama menyalurkan tenaga dari mesin pada roda.

Lantas berapa ukuran v belt Beat ? Ukuran v belt beat semua tipe adalah panjang 791 mm dan lebar 18,5 mm, ukuran ini merupakan ukuran standar oleh Honda.

Untu informasi lebih lengkap mengenai ukuran v belt Honda Beat anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran V-Belt Beat
  • Harga dan Kode V Belt Standar Honda Beat
  • Ciri-ciri V Belt Beat Perlu Diganti
  • Tips Merawat V-Belt Agar lebih Awet

Ukuran V-Belt Beat

Advertisements

V belt merupakan kompinen penting yang berfungsi sebagai pengantar daya mesin ke sistem penggerak yaitu roda, sehingga motor dapat bergerak. Jika terjadi kerusakan, tentunya kenyamanan dalam berkendara akan terganggu dan kemungkinan besar motor tidak bisa berjalan meskipun mesin tetap bisa menyala.

Honda beat semua tipe dari Beat karbu, beat FI, dan beat FI eSP mempunyai ukuran yang sama yaitu ukuran panjang 791 mm dengan lebar 18,5 mm. anda bisa menggunakan ukuran ini sebagai standar ukuran v belt Beat ketika harus menggantinya.

Harga dan kode V-Belt Standar Motor Beat

Honda memiliki berbagai macam varian motor matic, karena itu untuk memudahkan ketika penggantian komponennya Honda menandai v-belt dengan kode yang berbeda berdasarkan tipe motor. Untuk harga V belt standar Honda Beat tergantung pada tipe motor Honda Beat.

Berikut ini adalah tabel daftar kode v belt Beat beserta harganya yang bisa jadikan patokan :

Tipe BeatKode V Belt BeatHarga
Beat Karbu23100 – KVY – 902
23100 – KVY – BA1
Rp. 107.000
Rp. 130.000
Beat FI dan Baet FI CBS23100 – KZL – 932
23100 – KZL – BA0
Rp. 103.000
Rp. 147.500
Beat Sporty eSP dan Beat POP eSP23100 – K44 – V01
23100 – K44 – BA0
Rp. 103.000
Rp. 141.700
Beat Street23100 – K0J – N01Rp. 96.0000
Advertisements

Ciri-ciri V Belt Beat Perlu Diganti

Sebagaimana komponen lainnya pada motor, V belt juga mempunyai usia maksimum pemakaian. Pada v belt usia maksimum pemakaiannya adalah 25.000 – 30.000 km, atau 2 tahun. pada usia ini umumnya kondisi V belt sudak tidak prima lagi. Selain itu v belt juga tidak terlepas dari adanya kerusakan dini yang diakibatkan oleh berbagai faktor.

Berikut ini adalah tanda yang muncul ketika v belt perlu diganti :

Terdengar Suara Kasar Dari Boks CVT

CVT atau continuously variable transmission adalah sekumpulan komponen alat penggerak otomatis motor matik, salah satunya adalah v belt.  Pada v belt yang sudah aus atau akan putus biasanya akan menimbulkan suara bunyi kasar saat akselerasi awal motor dan selanjutnya akan terdengar suara decitan sesaat setelah mojor mulai melaju.

Tarikan Motor Terasa Kasar dan Lebih Berat

Tarikan motor Honda Beat pada umumnya akan terasa halus dan lancar, namun pada v belt yang sudah prima akan menyebabkan tarikan v belt terasa kasar dan lebih berat.

Laju Motor Terasa Tidak Mulus

Ciri selanjutnya ketika v belt sudah aus adalah laju motor yang terasa lebih kasar dan lebih berat saat motor mlaju pada kecepatan tinggi

Adanya Retakan pada V-Belt

Ciri selanjutnya anda bisa mengeceknya dengen membuka boks CVT dan memperhatikan kondisi v belt pada begian lekukan yang membentuk seperti huruf V pada gerigi v belt, apabila terlihat adanya retakan tandanya v belt sudah perlu diganti.

Tips Merawat V Belt Agar Lebih Awet

Advertisements

Selain mengetahui ciri-ciri yang muncul ketika v belt sudah tidak prima, anda juga perlu melakukan perawatan pada v belt anda, untuk menghindari adanya kerusakan dini.

Berikut ini adalah bebrapa tips merawat v belt agar lebih awet :

Lumasi V-Belt dengan Pelumas V-Belt

Salah satu cara agar v belt anda awet asalh dengan melumasi v belt anda dengan pelumas v belt atau belt dressing. Cara dengan meyemprotkan cairan belt dressing pada tepian v belt, perlu diingat bukan pada geriginya.

Hindari Penggunaan Aksesoris Racing

Meskipun penggunaan aksesoris racing akan meningkatkan tampilan Honda Beat menjadi lebih garang. Namun penggunaan aksesoris yang bukan standar tentunya akan berisiko merusak komponen-komponen pada motor, salah satunya adalah v belt. usahakan hindari penggunaan aksesoris racing.

Gunakan Motor Secara Baik Dan Wajar

Salah kebiasaan yang membuat v belt tidak awet adalah memainkan gas saat posisi motor idle atau mesin menyala namun motor berhenti sepert di lampu merah. Karena ketika tuas gas ditarik v belt akan mengencang, hal ini akan membuat v belt cepat putus dan aus.  Usahakan selalu berkendara dengan baik dan sewajarnya.