Advertisements

Ukuran Shock Vario Tipe 125, 150, 160 Lengkap

Advertisements
shock vario
shock vario

Ukuran Shock Vario – Untuk menjaga kemanan dan kenyaman dalam berkendara, setiap motor dilengkapi oleh komponen shock. Tujuannya untuk menghindari tekanan saat melewati jalan yang bergelombang. Shock Vario itu sendiri memiliki ukuran yang berbeda – beda setiap tipenya.

Berapa ukuran shock Vario? Ukuran shock Vario karbu dan Vario 110 injeksi adalah 300 mm/305 mm, ukuran shock Vario 125 dan Vario 150 adalah 325 mm/330 mm, sedangkan ukuran shock Vario 160 adalah 344 mm.

Anda bisa membeli shock Vario lengkap dengan promo gratis ongkir melalui aplikasi Shopee. Silahkan cek produknya dengan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Berikut ini beberapa pembahasan tentang shock Vario secara lengkap:

  • Ukuran Shock Vario
  • Dampak Negatif Ganti Ukuran Shock Vario
  • Penyebab Shock Vario Cepat Rusak
  • Tips Merawat Shock Vario Agar Tetap Nyaman

Ukuran Shock Belakang Vario

Berikut adalah ukuran shock belakang Vario semua tipe:

Tipe VarioUkuran Shock Belakang
Vario Karbu300 mm / 305 mm
Vario 110 injeksi300 mm / 30
Vario 125325 mm / 330 mm
Vario 150325 mm / 330 mm
Vario 160344 mm
Advertisements

Dampak Negatif Ganti Ukuran Shock Vario

Ukuran shock Vario bisa diganti menjadi lebih panjang atau pendek dari ukuran standarnya. Namun perlu diketahui bahwa penggantian ukuran shock Vario yang berlebihan bisa mempengaruhi kenyamanan motor Vario.

Berikut ini dampak ganti ukuran shock Vario.

Dampak Ganti Ukuran Shock Vario Lebih Panjang

Penggantian ukuran shock Vario menjadi lebih panjang membuat jok motor terasa lebih tinggi. Selain itu jarak antara spakbor dan ban Vario menjadi jauh, sehingga cipratan saat melewati genangan air semakin melebar.

Dampak Ganti Ukuran Shock Vario Lebih Pendek

Mengganti ukuran shock Vario lebih pendek bisa memudahkan pengendara yang memiliki postur pendek. Namun shock Vario yang lebih pendek juga memiliki dampak negatif.

Salah satu dampak negatif ganti shock Vario lebih pendek adalah roda belakang mudah terjadi gesekan dengan spakbor, terutama saat digunakan untuk berboncengan.

Selain itu, shock Vario akan terasa lebih keras dan tidak nyaman jika digunakan saat melewati jalan yang rusak.

Penyebab Shock Vario Cepat Rusak

Shock Vario bisa mengalami kerusakan apabila tidak dilakukan perawatan secara rutin. Berikut ini beberapa penyebab shock motor Vario cepat rusak:

  • Shock Vario tidak pernah dibersihkan, sehingga banyak beret akibat kotoran.
  • Beban yang diangkut motor Vario terlalu berat.
  • Usia shock yang sudah seharusnya diganti.
  • Penggunaan ukuran shock yang terlalu jauh dari ukuran standar.
  • Oli shock tidak diganti.
Advertisements

Tips Merawat Shock Vario Agar Tetap Nyaman

Anda harus merawat shock Vario agar motor tetap nyaman digunakan. Berikut ini tips merawat shock Vario agar tetap nyaman:

Bersihkan shock Vario dari kotoran

Untuk menghindari shock Vario tergores dari kotoran, pastikan Anda membersihkan shock Vario menggunakan air bersih terutama setelah melewati genangan air.

Hindari penggunaan aksesoris motor di shock

Sebaiknya Anda hindari penggunaan aksesoris yang dipasang di shock Vario seperti anting shock. Anting shock berfungsi untuk mempertinggi shock belakang, namun fungsi shock menjadi tidak maksimal.

Jangan angkat beban terlalu berat

Hindari mengangkat beban terlalu berat untuk motor Vario Anda. Karena beban yang terlalu berat membuat shock Vario bekerja terlalu keras, sehingga fungsi shock tersebut lama kelamaan akan menurun.

Ganti oli shock secara rutin

Oli shock biasanya perlu diganti setiap 3 tahun sekali. Jika Anda merasa fungsi shock sudah kurang maksimal, sebaiknya Anda segera lakukan pemeriksaan di bengkel terpercaya.