Advertisements

Ukuran Shock Standar Scoopy Karbu dan Injeksi

Ukuran Shock Scoopy – Shock yang ada pada motor Scoopy berfungsi untuk meredam kejutan pada saat melewati jalan yang tidak rata, sehingga berkendara terasa lebih nyaman. Shock yang digunakan pada motor Scoopy memiliki beberapa ukuran yang berbeda.

Lalu berapa ukuran shock Scoopy?

Ukuran shock motor Scoopy Karbu adalah 300 mm/305 mm. Sedangkan ukuran shock motor Scoopy injeksi adalah 325 mm/330 mm.

Untuk mengetahui informasi lebih banya tentang Scoopy, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini:

Daftar Isi :

  • Ukuran Shock Scoopy Karbu dan Injeksi
  • Kelebihan dan Kekurangan Ganti Ukuran Shock Scoopy
  • Ciri – Ciri Shock Scoopy yang Rusak dan Cara Mengeceknya
  • Penyebab Shock Scoopy Rusak
  • Waktu Ganti Shock Scoopy yang Tepat
Advertisements

Ukuran Shock Scoopy Karbu dan Injeksi

Ukuran standar shock pada motor Scoopy injeksi dan karbu memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran shock motor Scoopy karbu adalah 300 mm/305 mm. Sedangkan untuk motor shock Scoopy injeksi adalah 325 mm/330 mm.

Jika Anda ingin membeli Shock Scoopy dengan mudah dan murah, Anda bisa membelinya secara online di  Shopee. Ada banyak promo dan gratis ongkir juga untuk pengiriman seluruh Indonesia. Silahkan klik tombol di bawah untuk melihat produknya.

Advertisements

Kelebihan dan Kekurangan Ganti Ukuran Shock Scoopy

Shock Scoopy karbu ataupun injeksi bisa diganti dengan ukuran yang lebih tinggi atau lebih rendah dari standar pabrikan. Namun hal tersebut tentu bisa mempengaruhi kestabilan saat motor Scoopy digunakan.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan ganti ukuran shock Scoopy:

Kelebihan dan Kekurangan Ganti Ukuran Shock Scoopy Lebih Tinggi

Penggantian shock Scoopy menjadi lebih tinggi dari standar yang ditetapkan membuat jok motor Scoopy menjadi lebih tinggi.

Kelebihan ganti shock lebih tinggi adalah motor Scoopy akan lebih mudah untuk bermanuver atau melewati jalan yang berbelok – belok. Selain itu penggunaan shock yang lebih tinggi mampu mencegah kejutan yang berlebihan saat melewati jalan bergelombang.

Sedangkan kekurangannya ganti shock lebih tinggi adalah karet swing arm jadi lebih dekat ke lantai sehingga akan lebih cepat terkikis. Selain itu, cipratan air di roda belakang pada saat hujan juga akan semakin lebar karena jarak sepatbor menjadi lebih jauh.

Kelebihan dan Kekurangan Ganti  Ukuran Shock Scoopy Lebih Rendah

Penggantian shock Scoopy menjadi lebih rendah dari standar yang ditetapkan akan membuat tampilan jok motor Scoopy menjadi lebih rendah.

Kelebihan saat mengganti shockbreaker jadi lebih rendah adalah motor akan sulit dinaiki karena jok motor yang tidak terlalu tinggi. Hal ini tentu memudahkan pengguna terutama bagi perempuan.

Sedangkan kekurangan ganti shock Scoopy menjadi lebih rendah adalah motor akan terasa tidak nyaman saat melewati jalanan yang tidak rata. Selain itu, motor akan sedikit sulit dikendalikan ketika melewati jalanan yang berbeda – beda.

Ciri – Ciri Shockbreaker Scoopy yang Rusak dan Cara  Mengeceknya

Advertisements

Beberapa gejala atau ciri-ciri yang ditunjukkan ketika shock motor Scoopy rusak, antara lain:

  • Adanya kebocoran oli shock
  • Ban belakang terasa goyang saat motor dikendarai
  • Terdengar suara aneh dari suspensi
  • Shockbreaker terasa mentok saat melewati jalanan yang tidak rata
  • Suspensi tidak bekerja dengan normal

Untuk mengecek shock Scoopy yang rusak caranya mudah, yaitu tekan shock ke bawah. Jika shock kembali merenggang dengan cepat, maka tandanya sudah rusak. Namun untuk mengecek dengan cara tersebut Anda harus melepas shockbreaker terlebih dahulu.

Sedangkan cara paling mudah adalah dengan mengendarai motor Honda Scoopy tersebut di jalanan yang bergelombang. Jika dirasa ayunan motor teralalu dalam hingga ban terasa mentok di spatbor, maka bisa jadi shock Scoopy tersebut bermasalah.

Penyebab Shockbreaker Scoopy Rusak

Beberapa penyebab shock breaker Scoopy mengalami kerusakan antara lain:

  • Kelebihan beban pada motor sehingga membuat kinerja shock menjadi lebih besar
  • Adanya kotoran atau pasir yang masuk ke Shock sehingga menggores as shock
  • Cara berkendara yang tidak baik
  • Tidak dilakukan pengecekan pada motor secara rutin

Waktu Ganti Shockbreaker Scoopy yang Tepat

Shock merupakan salah satu komponen pada motor Scoopy yang memiliki masa pakai yang cukup lama. Untuk shock motor kualitas bagus biasanya mampu bertahan hingga 3 – 5 tahun. Namun jika perawatan shock baik, maka bisa bertahan hingga 7 tahun.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk ganti shock Scoopy?

Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti kapan harus ganti shock Scoopy. Anda bisa melakukan pengecekan kondisi shock motor saat jarak tempuh setiap 20.000 km atau 2 tahun pemakaian. Jika di rasa ada ketidaknyamanan pada saat berkendara, maka Anda bisa melakukan pengecekan segera.