Ukuran Shock Depan Win dan Dampak Mengganti Ukuran Nya

Ukuran Shock Depan Win –  Win pertama kali dipasarkan pada tahun 1984, motor ini memiliki 2 versi, yaitu versi semi trail dan versi standar atau versi jalan raya,   Meskipun sudah berhenti diproduksi Honda sejak 2005, motor ini masih banyak ditemui di masayarakat, baik untuk koleksi maupun untuk dimodifikasi ulang. salah satu yang paling sering dimodifikasi adalah bagian shock depan motor.

Advertisements

Lantas berapakah ukuran standar shock depan Win?

Ukuran shock depan Win adalah memiliki diameter luar 27 mm , diameter dalam 21 mm dan panjang 523 mm. Ukuran shock depan Honda Win semi trail dan Honda Win standar memiliki ukuran yang sama.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar ukuran shock depan Win, anda dapat membaca artikel dibawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Shock Depan Honda Win
  • Dampak Mengganti Shock Depan Honda Win
  • Tanda Shock Depan Honda Win Rusak
  • Cara Mengecek Kondisi Shock Depan Honda Win
  • Manfaat Menggati Shock Depan Tepat Waktu
Advertisements

Ukuran Shock Depan Honda Win

Shock depan merupakan salah satu komponen motor yang mempunyai pengaruh penting terhadap kenyamanan dan keamaan anda saat berkendara, karena fungsi utamanya sebagai peredam hentakan dan getaran motor.

Ukuran shock depan Honda Win memeiliki diameter luar 27 mm, diameter dalam 21 mm, dan panjang 523 mm. ukuran ini merupakan ukuran standar shock depan Honda yang dikeluarkan oleh pabrik.

Anda dapat menggunakan ukuran tersebut sebagai patokan saat akan membeli shock depan motor anda.

Apabila anda ingin mengganti ukuran shock depan win anda, anda bisa membeli produk original di toko official Honda di aplikasi Shopee. Untuk mengunjungi halaman toko di Shopee, silahkan klik link di bawah ini.

Advertisements

Dampak Mengganti Shock Depan Honda Win

Ukuran shock depan Win sudah dipertimbangkan dan dihitung sesuai fungsi dan nilai ekonomis motor tersebut. Namun banyak pengendara yang menginginkan untuk memodifikasi ukuran shock depan Honda Win, baik itu untuk estetika maupun meningkatkan fungsi kendaraan.

Berikut beberapa keuntungan dan kerugian  yang perlu anda pertimbangkan sebelum mengganti ukuran shock depan Honda Win anda:

Keuntungan Mengganti Ukuran Shock Depan Honda Win

Keuntungan Mengganti Ukuran Shock Depan Honda Win Lebih Panjang

Keuntungan mengganti ukuran shock depan Honda win lebih tinggi diantaranya adalah bodi dan komstir motor yang terasa lebih ringan saat dikendarai, membuat jarak yang cukup tinggi antara permukaan jalan dengan badan motor seingga motor tidak mudah terbentur saat melewati medan jalan yang bergelombang, dan rusak. trik ini banyak digunakan pada pecinta motor trail dan pengendara di daerah dengan kondisi alam yang tidak rata.

Keuntungan Mengganti Ukuran Shock Depan Honda Win Lebih Pendek

Menggannti ukuran shock depan Honda Win lebih rendah akan membuat daya redam shock depan lebih rapat dan memudahkan bagi pengendara yang memiliki tinggi badan tidak terlalu tinggi untuk mengendarai dan mengendalikan keseimbangan motor.

Kerugian Mengganti Ukuran Shock Depan Honda Win

Kerugian mengganti ukuran shock depan Honda Win lebih panjang

Mengganti ukuran shock depan Honda Win anda jauh lebih tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya bengkok dan patahnya shock, motor kurang seimbang dan mudah oleng, serta komstir menjadi kurang stabil.

Kerugian Mengganti Ukuran Shock Depan Honda Win Lebih Pendek

Advertisements

Sedangkan kerugian mengganti ukuran lebih pendek jauh dari dari ukuran standar membuat komstir motor lebih berat saat dikendarai dan berbelok. Selain itu kondisi motor yang terlalu rendah juga mudah membentur permukaan jalan saat melewati polisi tidur ataupun jalanan yang rusak.

Cara Mengecek Kondisi Shock Depan Motor Win

Terdapat beberapa cara yang dapat anda ikuti untuk mengetahu kondisi shock depan Honda Win anda, berikut diantaranya:

  1. Tekan shock depan Honda Win kebawah

    Apabila setelah anda melepaskan tekanan posisi shock kembali pada posisi semula dengan cepat, hal ini menandakan shock depan anda rusak.

  2. Lepas shock depan dari motor

    Setelah shock depan Honda anda lepas, lakukan tekanan pada setiap bagian kompresi, jika ditekan semakin keras maka shock depan Honda Win anda sudah tidak prima

  3. Periksa kebocoran oli

    Apabila ditemukan kebocoran oli pada As shock motor, menandakan adanya kerusakan pada bagian shock depan anda

  4. Coba berkendara di jalan bergelombang

    Cara terakhir untuk mengetahui kondisi shock depan adalah dengan berkendara di jalan bergelombang. Jika terdengar suara kasar atau terasa bantingan saat melewati gelombang, hal ini menandakan bahwa shock depan anda rusak.

Tanda Shock Depan Motor Win Rusak

Selain mengetahui cara mengecek kondisi shock depan anda juga perlu mengatahui tanda-tanda yang dapat muncul ketika shock anda rusak. berikut tanda-tanda yang dapat anda ketahui:

  • Terdengar bunyi yang kasar saat melewati jalan yang tida rata dan bergelombang
  • Adanya kebocoran oli pada shock depan
  • Setir motor yang susah dikendalikan
  • Adanya disposisi pada stang motor
  • Motor yang tidak stabil