Ukuran Shock Depan Vixion dan Dampak Mengganti Ukuran Nya

Ukuran Shock Depan Vixion –Vixion merupakan motor sport keluaran PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Motor ini banyak diminati di kalangan masyarakat karena memiliki desain sporty, simpel dan elegan.

Advertisements

Walaupun sudah memiliki desain yang bagus, biasanya motor ini masih dimodifikasi lagi agar lebih bagus, salah satu nya dengan mengganti ukuran standar shock depannya.

Lantas berapakah ukuran standar shock depan Vixion? Ukuran shock depan Vixion adalah memiliki diameter luar 30 mm, diameter dalam 28 mm dan panjang 537 mm,  ukuran ini merupakan ukuran baku yang dikeluarkan oleh pabrik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ukuran shock depan Vixion, anda dapat membaca artikel dibawah ini :

Daftar Isi :

  • Ukuran Shock Depan Vixion
  • Dampak Mengganti Ukuran Shock Depan Vixion
  • Cara Merawat Shock Depan Vixion
  • Cara Mengetahui Kondisi Shock Depan Vixion
  • Tanda Shock Depan Vixion Rusak
Advertisements

Ukuran Shock Depan Vixion

Bagi anda pemilik motor Yamaha Vixion, jika anda ingin mengganti ukuran shock depan vixion anda, maka anda perlu mengetahui ukuran standar shock depan Vixion anda.

Ukuran standar shock depan vixion memiliki diameter luar 30 mm, diameter dalam 28 mm dan panjang 527 mm. Anda dapat menggunakan ukuran standar ini sebagai patokan apabila anda ingin mengganti shock depan anda.

Jika anda berencana untuk mengganti shock depan Vixion anda, anda bisa membelinya dengan mengunjungi toko online resmi Yamaha pada situs online Shopee, silahkan klik di bawah ini mrngunjungi halaman Shopee:

Dampak Mengganti Ukuran Shock Depan Vixion

Ukuran standar shock depan Vixion telah diperhitungkan oleh Yamaha sesuai dengan fungsi pada motor Vixion tersebut, meskipun demikian banyak pengendara yang masih ingin memodifikasinya dengan berbagai alasan.

Berikut dampak positif dan negatif yang perlu anda perhatikan sebelum mengganti ukuran shock depan Vixion anda :

Advertisements

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Depan Vixion

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Depan Vixion Lebih Panjang

Mengganti ukuran shock depan Vixion dengan ukuran yang lebih panjang dari ukuran standar akan lebih menonjolkan tampilan dan memberikan kesan yang gagah kendaraan anda, serta membuat badan motor dan komstir terasa lebih ringan.

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Depan Vixion Lebih Rendah

Merunkan ukuran shock depan Vixion dengan yang lebih rendah memberikan kesan motor yang lebih sporty serta memberikan daya redam shock semakin terasa.

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Vixion

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Vixion Lebih Panjang

Mengganti ukuran shock depan jauh lebih panjang dari ukuran standar yang sudah ditetapkan dapat mengakibatkan komstrir tidak stabil dan mudah oleng serta shock depan berisiko mudah patah dan bengkok.

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Vixion Lebih Pendek

Sedangkan jika anda mengganti ukuran shock depan Vixion jauh lebih pendek dari ukuran standar, hal ini akan membuat komstrir motor anda terasa lebih berat dan susah dibelokkan saat dikendarai. kondisi motor yang terlalu rendah juga membuat motor anda mudah mengalami benturan dengan permukaan jalan bila melewati jalan yang berlubang ataupun tidak rata.

Cara Mengetahui Kondisi Shock Depan Vixion

Advertisements

Berikut beberapa cara yang bisa anda coba dirumah untuk mengetahui kondisi shock depan Vixion anda:

  1. Tekan shock depan

    Tekan shock depan kearah bawah apabila terjadi pantulan ke posisi semula dengan cepat saat anda melepaskannya, maka shock breaker anda sudah tidak normal.

  2. Lepas shock depan

    Lepas shock depan dari motor dan lakukan tekanan pada setiap bagian kompresi, apabila ditekan terasa semakin keras, hal ini menandakan shock depan anda sudah tidak dalam kondisi prima.

  3. Periksa adanya kebocoran oli

    Apabila terdapat kebocoran oli pada shock depan anda, segera ganti shock depan anda.

  4. Gunakan berkendara di jalan bergelombang

    Apabila saat anda berkendara di jalanan bergelombang terdengar suara shock yang kasar, artinya kondisi shock anda sudah tidak baik.

Tips agar Shock Depan Vixion Tidak Mudah Rusak

Shock depan merupakan komponen yang penting bagi motor anda, untuk menjaga keadaan shockbreaker mengalami kerusakan sebelum masuk masa usia untuk diganti, anda dapat melakukan beberapa cara dibawah ini :

Jangan mengebut di jalan yang rusak dan tidak rata

Jika anda mengebut di jalan yang rusak dan tidak rata, hal ini dapat menyebabkan shock depan bekerja lebih keras, sehingga mempercepat kerusakan pada shock depan, begitu pula dengan komponen-komponen lainnya.

Jaga kebersihan shock depan

debu dan kotoran yang menempel pada shock depan dapat menyebabkan rusaknya seal dan membuat seal cepat aus. Hal ini data menyebabkan adanya kebocoran pada oli shock depan Vixion anda.

Perhatikan stanchion (tabung silinder) shock depan anda

Segera bersihkan stanchion apabila terlihat kotor. Jangan bebani stanchion dengan kunci cakram yang terlalu rapat, hal ini dapat membuat stanchion mengecil dan menjepit shock depan.

Ganti oli shock depan tepat waktu

Waktu yang direkomendasikan untuk mengganti oli shock depan motor anda adalah setiap jarak tempuh telah mencapai 20.000 km atau 2 tahun. Jika anda merasakan daya redam shock depan tidak maksimal, hal tersebut dapat menjadi tanda oli shock depan anda perlu diganti.

Perhatikan beban bawaan ketika berkendara

Hindari berkendara dengan membawa beban berlebih atau melebihi batas maksimum yang diberikan oleh pabrik. Beban yang melebihi kapasitas motor dapat menyebabkan kerja shock depan terhambat dan dapat merusak komponen shock depan.

Tanda Shock Depan Vixion Rusak

Ketika shock depan Vixion anda rusak, terdapat beberapa tanda yang dapat muncul. Berikut beberapa tanda yang dapat anda ketahui ketika shock depan anda rusak:

  • Terdapat kebocoran oli pada shock depan
  • Terdengar bunyi suara kasar dari shock depan ketika anda melewati jalan yang rusak atau tidak rata.
  • Komstrir motor yang susah dikendalikan
  • Terasa adanya bantingan saat melewati jalan yang rusak atau tidak rata
  • Adanya disposisi pada stang.