Ukuran Shock Depan Thunder dan Dampak Ganti Ukuran

Ukuran Shock Depan Thunder – Suzuki Thunder merupakan sepeda motor Suzuki produksi Indomobil Suzuki Indonesia yang memiliki dua varian, yaitu  125 cc dan 250 cc. Agar aman dalam berkendara, sebelum memodifikasi shock depan Thunder, anda perlu mengetahui ukuran standar shock depan Thunder.

Advertisements

Lantas berapa ukuran shock depan Thunder? Ukuran shock depan Thunder memiliki diameter luar 30 mm, diameter dalam 24 mm dan panjang 590 mm, thunder tipe 125 cc dan 250 cc memiliki ukuran yang sama.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ukuran shock depan Thunder, anda bisa membaca artikel dibawah ini.

Datar Isi:

  • Ukuran Shock Depan Thunder
  • Dampak Mengganti Ukuran Shock Depan Thunder
  • Cara Merawat Shock Depan Thunder Agar Tidak Mudah Rusak
  • Tanda Shock Depan Thunder Rusak
  • Cara Mengetahui Kondisi Shock Depan Thunder
Advertisements

Ukuran Shock Depan Thunder

Shock depan merupakan komponen penting kendaraan yang mempunyai fungsi meredam getaran saat berkendara di jalanan yang bergelombang maupun tidak rata.

Ukuran shock depan Thunder memiliki diameter luar 30 mm, diameter dalam 24 mm dan panjang 590 mm.

Jika anda akan membeli shock depan Thunder original, anda bisa mendapatkannya di toko official Suzuki di toko online Shopee. Silahkan klik tombol dibawah ini untuk mengunjungi halaman Shopee.

Dampak Mengganti Ukuran Shock Depan Thunder Tidak Sesuai Standar

Meskipun ukuran standar shock depan thunder yang dikeluarkan oleh Suzuki sudah diperhitungkan sesuai dengan fungsi dan nilai ergonomi motor. Banyak dari pengendara ingin memodifikasi ulang shock depan thunder.

Terdapat beberapa dampak yang dapat timbul akibat jika anda menggantinya dengan ukuran yang tidak sesuai standar. Berikut dampak yang anda perlu perhatikan:

Advertisements

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Thunder

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Thunder Lebih Panjang

Mengganti ukuran shock depan Thunder dengan ukuran yang jauh lebih panjang dapat menimbulkan risiko shock depan bengkok atau patah, motor mudah oleng saat dikendarai, dan komstrir menjadi tidak stabil.

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Thunder Lebih Pendek

Sedangkan mengganti ukuran shock depan thunder jauh lebih pendek membuat komstrir lebih berat saat berbelok dan susah untuk dikendalikan. Selain itu motor juga mudah terbentur permukaan jalan apabila melewati polisi tidur ataupun jalan yang rusak.

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Depan Thunder

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Depan Thunder Lebih Panjang

Mengganti ukuran shock depan Thunder dengan ukuran yang lebih panjang dapat membuat motor terasa lebih ringan dan membuat jarak motor dengan tanah menjadi cukup tinggi, sehingga memudahkan pengendara melewati medan yang bergelombang dan tidak rata serta menghindari benturan dengan permukaan medan.

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Depan Thunder Lebih Pendek

Menggunakan ukuran shock depan yang lebih rendah akan membuat daya redam yang lebih rapat dan memberikan kesan seperti motor balap yang terlihat lebih ceper seperti yang banyak disukai kalangan anak muda.

Cara Merawat Shock Depan Thunder Agar Tidak Mudah Rusak

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat shock Depan thunder anda:

Advertisements
  1. Bersihkan shockbreaker secara berkala
  2. Hindari rute dengan jalan rusak atau tidak rata
  3. Perhatikan beban bawaan saat berkendaraan
  4. Pehatikan Stanchion atau tabung silinder shock depan anda
  5. Ganti oli shock depan secara berkala

Shockbreaker memiliki peran yang penting dalam berkendara, apabila shock depan tidak berfungsi dengan baik, kenyamanan dan keamanan pengendara dapat terganggu. Oleh Karena itu perawatan pada shock depan perlu dilakukan.

Tanda Shock Depan Thunder Rusak

Selain harus mengetahui cara perawatan shock depan, anda juga perlu memperhatikan tanda-tanda yang dapat timbul bila shock depan thunder anda rusak. Berikut beberapa tanda yang perlu anda ketahui:

  • Ditemukan kebocoran oli pada shock depan anda
  • Adanya bunyi berdecit saat berkendara dijalan yang tidak rata dan bergelombang
  • Terasa bantingan saat melewati polisi tidur atau jalan rusak pada bagian shock yang keras
  • Komstrir motor yang susah dikendalikan
  • Terdapat disposisi pada stang.

Cara Mengetahui Kondisi Shock Depan Thunder

Berikut beberapa cara yan dapat anda ikuti untuk mengetahui kondidi shock depan Thunder anda:

  1. Tekan ke bawah shock depan Thunder

    Pertama anda dapat mengecek kondisi shock depan Thunder dengan menekan ke bawah. Apabila shock memantul ke posisi semula dengan cepat. Hal ini menandakan daya redam shock sudah tidak normal.

  2. Lepas shock depan Thunder

    Cara kedua adalah dengan melepaskan bagian shock depan dan menekan tiap bagian pada kompresi. Jika ditekan semakin keras menandakan shock depan sudah tidak dalam kondisi prima.

  3. Periksa adanya kebocoran

    Cara ketiga adalah dengan memeriksa kemungkinan adanya kebocoran oli shock depan. Jika ditemukan kebocoran oli segera ganti shock depan anda

  4. Berkendara di jalan bergelombang

    Cara terakhir untuk mengetahui kondisi shock depan adalah dengan mencoba mengendarai kendaraan anda di jalan bergelombang. Pada shock yang rusak akan terdengar suara yang kasar.