Ukuran Shock Depan Supra Dampak Mengganti Ukuran Nya

Ukuran Shock Depan Supra – Setiap jenis kendaraan memiliki ukuran standar masing – masing untuk komponen yang digunakan. Supra dipasarkan dengan berbagai tipe yang memiliki ukuran shock depan yang berbeda-beda.

Advertisements

Simak artikel berikut untuk mengetahui ukuran shock depan Supra.

Berapa ukuran shock depan Supra?

Ukuran shock depan Supra adalah 26 mm untuk diameter luar, dan 19 mm untuk diameter dalam. Untuk ukuran supra GTR lebih besar dibandingkan dengan supra biasa, yaitu 31 mm. Ukuran panjang shock Supra X dan Fit sama, yaitu 386 mm. Sedangkan untuk yang 125 PGM FI, X 125, dan Fit New, berukuran 366 mm.

Daftar Isi :

  • Ukuran Shock Depan Supra
  • Penyebab Shock Depan Supra Terasa Keras
  • Cara Perbaiki Shock Depan Motor Supra Keras
  • Akibat Meninggikan Shock Depan Supra
Advertisements

Ukuran Shock Depan Supra

Dengan adanya shock depan Supra dapat memberikan kenyamanan bagi pengendara. Selain itu, shock depan memiliki fungsi untuk menopang roda depan motor.

Ukuran shock depan Supra 125, X, Fit, dan Fit New adalah 26 mm bagian diameter luar, dan 19 mm bagian diameter dalam. Namun, untuk ukuran diamter Supra GTR lebih besar yaitu 31 mm.

Selain itu, untuk ukuran panjang shock depan Supra berbeda – beda. Berikut daftar ukuran panjang shock depan Supra.

Tipe MotorUkuran Panjang Shock Depan Supra
Supra 125 PGM – FI366 mm
Supra X386 mm
Supra X 125366 mm
Supra Fit386 mm
Supra Fit New366 mm

Secara umum, harga untuk shock depan Supra sekitar Rp. 240. 000. Sedangkan, untuk harga as shock depan Supra X sekitar Rp. 120.000. Untuk melakukan pembelian shock depan Supra dapat dilakukan melalui bengkel resmi atau secara online.

Pembelian shock depan secara online via Shopee dapat memberikan beberapa keuntungan, seperti diskon dan bebas biaya pengiriman. Untuk mengetahui ketersediaan produk shock depan Supra, seal, dsb, silahkan klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Penyebab Shock Depan Supra Terasa Keras

Ada beberapa penyebab yang membuat shock depan motor Supra terasa keras atau berbunyi “jedug – jedug” saat dikendarai. Berikut beberapa penyebab shock depan Supra terasa keras.

Jumlah volume oli shock atau pelumas terlalu banyak

Kekurangan minyak pelumas dapat mengakibatkan hal yang fatal. Namun, kelebihan jumlah takaran oli juga dapat mengakibatkan shock depan bekerja lebih keras, memperpendek usia pakainya, dan mengganggu proses pengereman.

Rangka shock depan motor Supra bengkok

Rangka yang bengkok dapat membuat shock depan motor Supra bekerja dengan tidak baik dalam meredam getaran saat berkendara. Hal tersebut akan sangat terasa saat nda berkendara pada permukaan jalan yang tidak rata.

Selain itu, rangka shock depan yang telah bengkok dapat patah dan membahayakan keselamatan, jika terus menerus dipaksa digunakan.

Tidak melakukan ganti oli shock

Penggantian oli shock secara rutin menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan, agar shock depan motor dapat bekerja secara maksimal meredam getaran saat dikendarai.

Hal tersebut dikarenakan, waktu penggantian oli shock yang terlalu lama, dapat merubah tingkat kekentalan oli, sehingga shock tidak dapat bekerja secara optimal.

Cara Perbaiki Shock Depan Motor Supra Keras

Untuk mengatasi shock depan Honda Supra yang terasa keras, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain.

Advertisements

Cek kondisi shock depan

Apabila kondisi shock mengalami perubahan bentuk, maka Anda perlu mengepres garpu suspensi agar lurus kembali, atau mengganti dengan yang baru.

Cek kondisi dan takaran volume oli shock depan

Jika jumlah takaran oli berlebih, maka lakukan pengurangan dengan jumlah takaran sesuai ukuran standar. Untuk ukuran standar takaran oli Supra X 125 FI yaitu 62 ml. Selain jumlah takaran, Anda juga harus memperhatikan kekentalan oli.

Sedangkan, jika permasalahan yang ditimbulkan karena kekentalan oli, Anda dapat melakukan penggantian oli shock yang baru.

Perlu diketahui bahwa saat melakukan penggantian oli shock, pastikan pelumas bekas yang berada dalam tabung dibuang terlebih dahulu, sampai benar – benar tidak terdapat sisa.

Namun, jika dilakukan pengurasan shock, sebaiknya lakukan penambahan sekitar 2,5 ml di setiap tabung.

Akibat Meninggikan Shock Depan Supra

Perubahan ukuran atau spesifikasi motor yang tidak sesuai standar dapat menimbulkan beberapa hal negatif bagi pengendara.

Salah satu akibat, jika Anda meninggikan shock depan Supra yaitu dapat mengakibatkan motor menjadi tidak stabil saat dikendarai dan dapat patah yang membahayakan keselamatan.