Ukuran Shock Depan Mio dan Dampak Mengganti Ukuran Nya

Ukuran Shock Depan MioShock depan pada motor Mio memiliki fungsi agar pengendara merasa nyaman saat berkendara di jalanan yang tidak rata. Pemilihan ukuran shock depan Mio haruslah tepat. Karena jika salah dapat mengakibatkan motor akan sulit dikendalikan.

Advertisements

Lalu berapa ukuran shock depan Mio? Ukuran shock depan Mio semua tipe adalah ukuran luar 26 mm, ukuran dalam 20 mm, dan panjang 308 mm.

Informasi yang lebih jelas tentang shock depan Mio, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Shock Depan Mio Semua Tipe
  • Ciri – Ciri Shock Depan Mio yang Rusak
  • Penyebab Shock Depan Yamaha Mio Rusak
  • Tips Merawat Shock Depan Motor Mio Agar lebih Awet
Advertisements

Ukuran Shock Depan Yamaha Mio Semua Tipe

Yamaha Mio memiliki beberapa macam tipe, namun untuk shock depan Mio memiliki ukuran yang sama.

Berikut adalah ukuran shock depan Yamaha Mio semua tipe:

Tipe MotorDiameter LuarDiameter DalamPanjang
Mio Sporty26 mm20 mm308 mm
Mio Soul26 mm20 mm308 mm
Mio Soul GT26 mm20 mm308 mm
Mio M326 mm20 mm308 mm

Untuk mendapatkan harga yang shock depan yang murah, Anda bisa membelinya di Shopee. Ada banyak promo menarik serta voucher gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan. Tekan tombol di bawah ini untuk melihat pilihan produknya.

Ciri – Ciri Shock Depan Mio yang Rusak

Shock depan motor Mio yang mengalami kerusakan biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala. Berikut adalah beberapa ciri – ciri shock depan Mio mengalami kerusakan:

Advertisements

Pantulan shock depan terlalu dalam

Shock depam Mio yang sudah rusak kinerjanya akan mengalami penurunan yang sangat mudah dirasakan. Pantulan shock depan akan lebih terasa terutama saat melewati jalanan yang tidak rata.

Shock depan mengeluarkan bunyi berdecit

Shock depan yang rusak juga bisa mengakibatkan keluarnya bunyi decitan terutama saat motor mengeram dengan keras atau melewati jalanan yang bergelombang.

Ada rembesan oli pada as shock

Rembesan oli yang keluar dari as shock depan Mio menandakan bahwa ada yang bermasalah seperti seal shock yang sudah rusak.

Kebocoran tersebut bisa mengakibatkan volume oli shock akan terus berkurang sehingga motor akan terasa keras dan  tidak nyaman saat melewati jalanan yang tidak rata.

Motor Mio sulit dikendalikan saat bermanuver

Shock depan yang rusak bisa menyebakan posisi stang menjadi tidak pas meskipun pemasangannya sudah sesuai. Hal tersebut akan sangat berbahaya karena motor Mio menjadi sulit dikendalikan terutama saat melewati jalanan yang berbelok – belok.

Jika Anda menemukan ciri – ciri di atas pada motor Mio Anda, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab Shock Depan Yamaha Mio Rusak

Mungkin Anda penasaran apa sebenarnya yang menjadi penyebab shock depan Mio mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa penyebab shock depan Mio rusak.

Banyak kotoran yang menempel di shock

Kotoran yang menempel pada shockbreaker bisa menyebabkan kebocoran. Biasanya kotoran yang menempel pada shock berupa pasir atau kerikil halus saat motor melewati jalanan yang tergenang air.

Seal shock bocor

Advertisements

Seal shock yang sudah rusak bisa menyebabkan oli shock mengalami kebocoran. Jika oli shock bocor, volume oli antara shock kanan dan kiri tidak seimbang sehingga keseimbangan motor akan terganggu.

Solusinya, Anda harus mengganti oli shock tersebut dengan ukuran standar agar sesuai.

Kebiasaan berkendara yang buruk

Kebiasaan berkendara yang ugal – ugalan serta sering melewati jalanan yang rusak juga bisa menjadi pemicu shock depan Mio rusak. Hal tersebut juga bisa menjadi pemicu shock tergores dan seal shock rusak.

Tidak pernah mengecek kondisi shock

Pengecekan pada komponen motor Mio perlu dilakukan secara rutin untuk menghindari kerusakan yang terlalu parah. Jika di rasa motor Mio mengalami tanda – tanda shock breaker rusak, maka segera lakukan pemeriksaan ke bengkel terpercaya Anda.

Tips Merawat Shock Depan Motor Mio Agar lebih Awet

Anda perlu melakukan perawatan pada shock depan motor Mio Anda agar kondisinya tetap dalam keadaan baik.

Berikut ini beberapa tips merawat shock depan Mio agar tetap awet.

  • Bersihkan shock depan dari kotoran atau debu yang menempel
  • Hindari ngebut di jalanan yang tidak rata
  • Ganti oli shockreaker secara berkala
  • Lakukan servis secara rutin untuk mengecek kondisi komponen motor Mio