Ukuran Shock Depan Megapro dan Dampak Mengganti Ukuran

Ukuran Shock Depan Megapro – Honda Megapro merupakan produk motor sport keluaran PT. Astra Honda Motor, motor ini banyak diminati karena memiliki skala mesin yang kuat dan cocok dimedan yang cukup menantang.

Advertisements

Agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman, anda perlu mengetahui ukuran standar shock depan Megapro.

Lalu berapakah ukuran shock depan Megapro? Ukuran standar shock depan Megapro adalah 555 mm / 560 mm. Ukuran tersebut merupakan patokan baku bagi pengendara yang hendak mengganti shock depan Megapro anda.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ukuran shock depan Megapro silahkan simak artikel dibawah ini:

Daftar Isi :

  • Ukuran Shock Motor Megapro
  • Dampak Positif dan Negarif Ganti Ukuran Shock
  • Cara Mengecek Kondisi Shock
  • Tanda Shock Depan Motor Perlu Diganti
  • Keuntungan Mengganti Shock Depan

Ukuran Shock Depan Megapro

Megapro adalah jenis motor sport yang masih banyak diminati meskipun sudah berhenti diproduksi. Motor ini banyak digemari kalangan adventurer karena memiliki spesifikasi motor yang gagah dan kuat untuk menerjang medan yang sulit.

Sedangkan untuk ukuran standar shock depan Megapro adalah 555 mm / 560 mm. ukuran ini merupakan yang disarankan oleh Astra Motor. 

Apanbila  anda ingin membeli produk shock depan Megapro original, anda bisa mendapatkannya di official store Honda di aplikasi Shopee. Untuk mengunjungi halaman Shopee, silahkan  klik tombol dibawah ini :

Advertisements

Dampak Ganti Ukuran Shock Depan Megapro

Meski telah memiliki ukuran standar shock yang sudah diatur oleh sesuai fungsinya, masih banyak pengendara yang ingin memodifikasi ukuran shock depan Megapro dengan beberapa alasan

Berikut dampak positif dan negatif yang perlu anda dipertimbangkan sebelum mengganti shock depan Megapro anda.

Dampak positif mengubah ukuran Shock Depan Megapro

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Depan Megapro Lebih Tinggi

Meninggikan ukuran shock depan Megapro memberikan manfaat bagi para pecinta adventure, diantaranya adalah bodi motor dan komstir terasa lebih ringan, serta membuat clearance ground atau jarak dengan tanah yang cukup tinggi, hal ini memudahkan pengendara saat melewati medan yang bergelombang dan tidak rata serta menghindari benturan bagian bawah motor dengan medan.

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Depan Megapro Lebih Rendah

Bagi kebanyakan anak muda dan pecinta motor sport, dengan menurunkan shock depan Megapro menjadikan kendaraan akan terlihat lebih nungging dan memiliki kesan yang lebih sporty.

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Megapro

Advertisements

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Megapro Lebih Tinggi

Mengganti ukuran shock depan Megapro jauh lebih tinggi dari panjang standarnya memiliki banyak efek negatif, diantaranya adalah adanya risiko bengkok atau patahnya shock, komstir tidak stabil dan motor mudah oleng.

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Depan Megapro Lebih Rendah

Menurunkan shock depan memiliki dapat memberikan efek yang sangat berisiko terhadap komponen motor lainnya seperti komstir yang cepat rusak dan tidak stabil, stir motor yang terasa berat, oli shockbreaker gampang bocor dan mesin yang terlalu rendah akan mudah menbentur jalan ketika melewati polisi tidur atau jalanan yang rusak.

Cara Mengecek Kondisi Shock Depan Megapro

Untuk mengetahui kondisi shock depan Megapro anda, anda dapat melakukan hal dibawah ini :

  1. Tekan kebawah bagian shock depan motor anda, Jika terdapat pantulan seperti posisi awal berarti terdapat kerusakan pada shock depan motor anda
  2. Lepas shock dari kendaraan dan tekan pada bagian putaran, apabila ketika ditekan terasa semakin keras artinya kondisi shock sudah tidak baik
  3. Cek apakah ada kebocoran oli
  4. Silahkan coba berkendara di jalanan yang bergelombang di sekitar rumah anda untuk mengecek kondisi shock kendaraan anda

Tanda Shock Depan Megapro Anda Perlu Diganti

Ketika shock depan Megapro anda rusak tentu akan memberikan tanda-tanda yang dapat anda ketahui. Berikut beberapa tanda-tanda yang perlu anda ketahui ketika shock depan anda perlu diganti :

  • Adanya bunyi decitan saat motor digunakan berkendara di jalan yang bergelombang
  • Terdapat rembesan oli pada As Shock
  • Shock terasa mantul saat berkendara dijalanan bergelombang
  • Posisi stang yang kurang stabil atau adanya disposisi pada stang.

Keuntungan Mengganti Shock Depan Megapro Tepat Waktu

Ketika shock depan motor anda rusak sebaiknya anda segera mengganti shock motor anda dengan yang baru. Berikut keuntungan jika anda mengganti shock tepat waktu

  • Mencegah adanya ketidakstabilan pada komstir motor
  • Menghindari adanya luberan oli
  • Mencegah adanya kerusakan lanjutan pada komponen lain kendaraan anda
  • Keamanan, kenyamanan dan keselamatan anda saat berkendara terjaga