Ukuran Shock Depan Beat Serta Efek Mengganti Ukuran Nya

Ukuran shock depan Beat – Motor Beat memiliki shock depan yang memiliki fungsi dalam menciptakan kinerja mesin yang prima. Hal ini karena shock depan memiliki desain dan fungsi yang khusus.

Advertisements

Lalu berapakah ukuran shock depan pada motor Beat? Ukuran shock depan Beat karbu dan injeksi adalah 357 mm, sedangkan untuk ukuran diameter dalam dan diameter luarnya adalah sama yaitu 26 mm dan 10 mm.

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai ukuran shock depan Beat.

Daftar Isi:

  • Daftar Ukuran Shock Depan Beat
  • Dampak Negatif dan Positif Ganti Ukuran Shock Depan
  • Tanda Shock Tidak Layak dan Perlu Diganti
  • Cara Mengetahui Kondisi Shock Kendaraan

Daftar Ukuran Shock Depan Beat

Seperti halnya komponen kendaraan lainnya, shock depan pada motor Beat juga memiliki ukuran standardnya sendiri. Ukuran ini  bertujuan untuk menjadi acuan bagi pengendara yang hendak melakukan modifikasi pada kendaraannya.

Sedangkan untuk ukuran shock depan motor Beat injeksi maupun karburator adalah sama yaitu 357 mm, dengan diameter luar dan dalamnya adalah 26 mm dan 10 mm. Harga untuk shock depan Beat berada dikisaran Rp. 200.000 –an.

Jika Anda sedang mencari informasi mengenai pembelian shock depan Beat dengan kualitas terbaik. Silahkan untuk membeli melalui aplikasi Shopee. Disini Anda akan mendapatkan potongan harga dan penawaran lain, klik link di bawah ini untuk menuju aplikasi Shopee.

Advertisements

Dampak Negatif dan Positif Ganti Ukuran Shock Depan

Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari pergantian ukuran shock depan motor Honda Beat, yaitu:

Dampak Negatif Ganti Shock Depan Beat Lebih Rendah atau Tinggi

Dampak negatif ganti shock depan Beat lebih tinggi adalah membuat bagian depan kendaraan yang lebih tinggi daripada bagian belakangnya. Hal ini menjadikan motor beat akan patah jika terkena benturan.

Selain itu dampak negatif ganti shock depan Beat lebih rendah adalah membahayakan keselamatan pengendara. Mengemudikan kendaraan dengan shock depan yang lebih tinggi akan membuat pengendara rawan jatuh terutama ketika melakukan pengereman mendadak.

Dampak Positif Ganti Shock Depan Beat Lebih Rendah atau Tinggi

Sedangkan dampak positif ganti shock depan Beat lebih tinggi sesuai dengan batas standar yang ada akan membuat tampilan motor Anda lebih gagah. Sebab motor akan terlihat lebih tinggi tidak seperti motor Beat standar yang sedikit pendek.

Lalu untuk dampak positif ganti shock depan Beat lebih rendah membuat daya redam shock depan lebih terasa. Hal ini akan membuat pengendara lebih merasa nyaman ketika berkendara.

Tanda Shock Tidak Layak dan Perlu Diganti

Tanda shock depan sudah tidak layak dan perlu diganti adalah sebagai berikut:

  • Saat motor berjalan muncul bunyi berdecit
  • Terdapat rembesan oli shock pada bagian as
  • Seal shock nampak sobek
  • Terdapat goresan yang cukup dalam pada bagian as shock
  • Daya redam dari shock berkurang
  • Ketika dikendarai shock terasa mantul-mantul
  • Posisi stang kendaraan tidak stabil ataupun presisi
Advertisements

Cara Mengetahui Kondisi Shock Kendaraan

Untuk memastikan rusak tidaknya shock kendaraan, Anda bisa menggunakan beberapa cara, yaitu:

Tekan Shock Depan Beat

Pertama Anda bisa mengecek kondisi shock depan dengan menekan ke bawah pada shock bagian depannya. Hal ini bertujuan untuk menekan suspensi sekaligus melihat reaksi yang ditimbulkan oleh shock tersebut.

Shock dengan kondisi rusak akan memantul dan kembali pada posisi semula dengan cepat. Hal ini karena shock tidak lagi mampu meredam hentakan. Sedangkan jika shock kembali ke posisi semua secara perlahan, maka kondisinya masih bagus.

Melepas Shock Depan Beat

Cara kedua adalah dengan melepas komoponen shok depan terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa melepas bagian per dan menekan kompresi untuk tiap bagiannya.

Ketika ditekan semakin keras, maka kondisi shock motor Honda Beat Anda sudah mulai rusak dan tidak prima.

Melihat Pada Ada Tidaknya Kebocoran Oli

Cara ketiga adlaah dengan melihat ekmungkinan terjadi kebocoran oli shock, yang mengakibatkan performa shock depan berkurang. Lalu jika kejadian ini terjadi, Anda harus segera menggantinya dengan shock yang baru.

Tes Drive Pada Jalanan Bergelombang

Cara yang terakhir Anda dapat mencoba mengemudikan kendaraan Anda pada jalan bergelombang yang aman. Hal ini untuk memastikan lagi kondisi shock depan Anda.

Pada shock yang sudah rusak akan menimbulkan suara yang kasar ketika kendaraan melewati jalanan bergelombang.