Ukuran Shock Belakang Vario Dan Dampak Mengganti Ukuran Nya

Ukuran shock belakang Vario – Shock belakang memiliki fungsi utama sebagai meredam kejutan dan menjaga kestabilan saat berkendara. Setiap motor memiliki ukuran shock yang berbeda, begitu juga Honda Vario.  Karena fungsinya yang penting,  jangan sampai salah ketika harus mengganti shock belakang Vario anda.

Advertisements

Lalu berapa ukuran shock belakang Vario? Ukuran shock belakang Vario Karbu dan Vario injeksi adalah sama, yaitu 325mm / 330 mm ukuran ini merupakan ukuran original shock belakang Vario

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ukuran shock belakang Vario, anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Daftrar Isi :

  • Ukuran Shock Belakang Vario
  • Kekurangan dan Kelebihan Mengganti Ukuran Shock Belakang Vario
  • Tanda Shock Belakang Vario Perlu Diganti
  • Cara Mengecek Kondisi Shock Belakang Vario

Ukuran Shock Belakang Vario

Vario generasi pertama (2009-2013) menggunakan sistem karburator pada sistem suplai bahan bakar, sehingga banyak disebut Vario Karbu, dan Vario keluaran selanjutnya sudah menggunakan sistem injeksi. meskipun Vario memiliki beberapa tipe berbeda, ukuran shock belakang Vario semua tipe adalah sama.

Ukuran shock belakang Vario semua tipe adalah 325 mm/330 mm.

Jika anda ingin membeli shock belakang dengan kualitas original, anda bisa membelinya melalui Shopee. Anda akan mendapay berbagai penawaran harga dan gratis ongkir. Silahkan klik link di bawah ini untuk menuju Shopee.

Advertisements

Dampak Mengganti Ukuran Shock Belakang Vario

Meskipun ukuran shock belakang sudah disesuaikan dengan spesifikasi dan fungsi Honda Vario, namun banyak pengendara yang masih belum puas dan mengganti ukuran shock belakang Vario.

Berikut ini Dampak mengganti ukuran shock belakang yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum menggantinya :

Kekurangan Mengganti Ukuran Shock Belakang Vario

Kekurangan Mengganti Ukuran Shock Belakang Vario Lebih Panjang

Mengganti ukuran shock belakang jauh lebih tinggi dari ukuran standar berisiko membuat shock mudah bengkok dan patah, keseimbangan motor terganggu dan motor menjadi lebih tidak stabil

Kekurangan Mengganti Ukuran Shock Belakang Vario Lebih Pendek

Sedangkan jika mengganti ukuran shock belakang Vario lebih pendek akan berisiko motor  mudah mentok saat melewati polisi tidur atau jalan yang tidak rata dan motor akan terasa lebih berat saat dikendarai.

Kelebihan Mengganti Ukuran Shock Belakang Vario

Advertisements

Kelebihan Mengganti Ukuran Shock Belakang Vario Lebih Panjang

Mengganti ukuran shock belakang Vario lebih panjang dapat memberikan area ground clearance lebih tinggi, sehingga motor tidak mudah mentok saat melewati jalan rusak dan bergelombang, selain itu motor menjadi lebih gesit dan bermanuver saat berbelok dan menikung.

Kelebihan Mengganti Ukuran Shock Belakang Vario Lebih Pendek

Mengganti ukuran shock belakang lebih pendek dapat memudahkan pengendara yang memiliki postur kurang tinggi dalam berkendara dan menjaga kesimbangan motor.

Tanda Shock Belakang Perlu Diganti                    

Ketika shock belakang Vario anda rusak, terdapat beberapa tanda yang muncul, berikut beberapa tanda yang bisa anda ketahui :

  • Terlihat adanya rembesan oli pada shock belakang
  • Terdengar suara kasar hentakan pada shock
  • Pantulan shock terasa jauh lebih dalam
  • Ban belakang terasa bergoyang saat berkendara
  • Shock mudah mentok saat berkendara dengan beban normal
Advertisements

Cara Mengecek Kondisi Shock Belakang Vario

Selain melalui tanda yang muncul, anda juga bisa mengetahui kondisi shock dengan beberapa cara, berikut ini beberapa tips menegecek kondisi shock belakang Vario yang bisa anda lakukan :

Tekan shock belakang Vario ke bawah

Tekan kebawah bagian shock belakang anda, apabila setelah tekanan dilepas, shock memantul kembali pada posisi semula dengan sangat cepat, hal ini bisa menandakan bahwa shock belakang anda rusak.

Lepas Shock Belakang dan Lakukan Tekanan pada Komperesi Shock

Cara selanjutnya adalah dengan melepas shock belakang dari motor, kemudian lakukan tekanan pada kompresi setiap putaran. Jika ditekan terasa semakin keras, bisa menandakan shock belakang anda sudah tidak prima.

Periksa Kebocoran Oli

Salah satu ciri shock belakang rusak adalah adanya kebocoran oli pada shock. Anda perlu segera mengganti shock Vario anda, jika dibiarkan terlalu lama akan sangat berbahaya, karena rembesan oli bisa mengenai kampas rem dan menyebabkan rem Vario ngeblong.

Cobalah Berkendara Di Jalan Bergelombang dan Tidak Rata

Cara yang terakhir adalah dengan mengendarai Vario di jalanan bergelombag atau tidak rata, jika saat melewati jalan bergelombang terdengar suara hentakan kasar kasar dan  pantulan shock belakang terasa jauh lebih dalam, tandanya shock anda sudah dalam kondisi buruk.