Ukuran Shock Belakang Tiger dan Dampak Mengganti Ukuran Nya

Ukuran Shock Belakang TigerHonda Tiger merupakan salah satu motor lawas yang sampai sekarang masih banyak peminatnya. Jika Anda ingin membeli motor ini secara bekas, Anda perlu memperhatikan kondisi sparepart motor secara keseluruhan termasuk shock belakangnya.

Advertisements

Lalu berapa ukuran shock belakang Tiger? Ukuran shock belakang Tiger adalah 320 mm.

Jika ingin mendapatkan informasi secara lengkap tentang shock belakang Tiger, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Shock Belakang Tiger
  • Tanda – Tanda Shock Belakang Honda Tiger Rusak
  • Penyebab Shock Belakang Honda Tiger Rusak
  • Kelebihan dan Kekurangan Ganti Ukuran Shock Motor Tiger

Ukuran Shock Belakang Honda Tiger

Ukuran shock belakang Honda Tiger Revo adalah 320 mm. Ukuran tersebut merupakan ukuran standar shock belakang Honda Tiger.

Jika ingin mencari shock belakang dengan harga yang murah, Anda bisa melihat produknya di aplikasi Shopee. Anda bisa mendapatkan gratis ongkir untuk pengiriman seluruh Indonesia. Silahkan cek produknya melalui link di bawah ini.

Tanda – Tanda Shock Belakang Honda Tiger Rusak

Pemilik motor Tiger harus memperhatikan setiap komponen pada motornya, terutama shock belakang. Karena shock belakang memiliki fungsi agar motor Anda tetap nyaman digunakan di jalan yang tidak rata.

Lalu apa saja tanda – tanda shock belakang motor Tiger rusak?

Tanda – tanda shock belakang Honda Tiger adalah sebagai berikut:

Pantulan shock belakang tidak normal

Selain itu, shock breaker yang rusak juga menyebabkan pantulannya menjadi terlalu dalam. Pada kondisi normal, pantulan shockbreaker hanya 2 – 3 kali. Namun jika terlalu berlebihan, bisa jadi shock breaker tersebut telah bermasalah.

Terdengar suara hentakan pada shock belakang

Tanda yang paling sering terlihat adalah terdengar suara hentakan dari shock belakang. Suara tersebut disebabkan karena suspensi sudah tidak memantul secara normal.

Hal tersebut tentu akan berbahaya bagi pengendara karena bisa menyebabkan kehilangan kontrol saat melewati jalanan yang tidak rata.

Oli shock bocor

Kebocoran oli juga menunjukkan bahwa shock belakang mengalami kerusakan. Oli yang merembes keluar akan mengotori komponen motor lainnya. Jika tidak segera diatasi maka pelumasan tidak akan maksimal dan motor jadi tidak stabil.

Ban belakang terasa goyang

Shock belakang yang rusak akan membuat ban belakang terasa goyang, terutama saat melewati jalanan yang berlubang. Hal tersebut membuat jalan motor menjadi tidak stabil.

Penyebab Shock Belakang Honda Tiger Rusak

Selain karena usia pemakaian motor yang sudah lama, shock belakang motor Tiger yang rusak juga bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  • Motor Honda Tiger tidak pernah dicek atau diservis secara berkala
  • Sering digunakan membawa beban yang terlalu berat
  • Perilaku berkendara yang buruk
  • Sering melewati jalanan atau medan yang rusak
  • Adanya kotoran atau debu yang masuk dan bercampur di dalam shock

Untuk mengurangi resiko kerusakan shock belakang, sebisa mungkin hindari melakukan hal – hal di atas. Segera lakukan pemeriksaan jika shock belakang terasa tidak nyaman, mengingat shock memiliki fungsi yang sangat penting.

Dampak Ganti Ukuran Shock Motor Tiger

Setiap motor memiliki ukuran standar shcok belakang yang telah disesuaikan dengan bentuk motor agar lebih nyaman.

Meski begitu, ada juga orang yang memiliki keinginan untuk merubah ukuran shock menjadi lebih tinggi atau lebih pendek. Hal tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekuarangannya masing – masing.

Ganti Ukuran Shock Honda Tiger Lebih Tinggi

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mengganti ukuran shock belakang Tiger jadi lebih tinggi.

Kelebihan Ganti Ukuran Shock Honda Tiger Lebih Tinggi

Shock belakag motor Honda Tiger jika diganti dengan ukuran yang lebih panjang bisa membuat jok belakang menajdi lebih tinggi. Motor Anda akan lebih mudah digunakan bermaneuver melewati jalanan yang berbelok – belok.

Kekurangan Ganti Ukuran Shock Honda Tiger Lebih Tinggi

Namun kekurangan ganti shock Tiger dengan ukuran yang lebih tinggi adalah jarak ban motor dengan spakbor menjadi lebih tinggi. Sehingga cipratan air pada roda belakang saat melewati genangan air juga semakin tinggi.

Ganti Ukuran Shock Honda Tiger Lebih Rendah

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mengganti ukuran shock belakang Tiger jadi lebih rendah.

Kelebihan Ganti Ukuran Shock Honda Tiger Lebih Rendah

Honda Tiger memiliki ukuran shock yang cukup panjang yang membuat motor Tiger menjadi cukup tinggi. Dengan penggantian shock belakang Tiger yang sedikit rendah, tentu hal tersebut akan lebih mempermudah orang – orang yang ingin mengendarainya.

Kekurangan Ganti Ukuran Shock Honda Tiger Rendah

Namun penggantian ukuran shock motor Tiger menjadi lebih rendah juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah motor akan terasa mentok saat digunakan di jalanan yang tidak rata. Selain itu, ukuran shock yang lebih pendek juga bisa membuat bagian bawa motor tergesek aspal sehingga mudah lecet.

Oleh sebab itu, penggantian ukuran shock Honda Tiger usahakan jangan terlalu jauh dengan ukuran shock standarnya. Hal tersebut agar tidak mempengaruhi kenyamanan motor.