Ukuran Shock Belakang RX King dan Dampak Mengganti Ukuran

Ukuran Shock Belakang RX King – RX King merupakan motor lawas yang keluaran Yamaha, meski begitu sampai saat ini pengendara RX King masih mudah ditemui. Bagi anda pemilik RX King, sebelum melakukan penggantian dan modifikasi shock belakang RX King, hal yang wajib anda ketahui adalah ukuran standar shock belakang RX King.

Advertisements

Lantas  berapa ukuran Shock belakang RX King? Ukuran shock belakang RX King adalah 320 mm . ukuran tersebut merupakan ukuran standar original shock belakang RX King yang sesuai dengan yang dikeluarkan oleh pabrik.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai ukuran shock belakng RX King, anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Shock Belakang RX King
  • Efek Mengganti Ukuran Shock Balakang RX King
  • Tanda-Tanda Shock Belakang RX King Rusak
  • Penyebab Shock Belakang RX King
Advertisements

Ukuran Shock Belakang RX King

Shock belakang merupakan salah satu komponen kendaraan yang berperan sebagai panopang beban sekaligus meredam getaran  saat berkendara. sehingga shock belakang memegang peran yang penting  pada tingkat kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara.

Ukuran standar shock belakang RX King adalah 320 mm. Anda bisa menggunakan ukuran ini sebagai patokan saat akan mengganti ataupun memodifikasi Shock belakang RX King anda.

Jika anda ingin membeli shock belakang yang original, anda bisa membelinya online melalui aplikasi Shopee, anda juga bisa mendapatkan berbagai voucher diskon dan gratis ongkir yang sedang berlaku. Silahkan klik tombol di bawah ini untuk melihat produknya :  

Dampak Mengganti Ukuran Shock Belakang Motor RX King

Pada dasarnya ukuran shock belakang RX King sudah diperhitungkan oleh Yamaha sesuai fungsi dan desain motor. Meskipun demikian masih banyak diantara pengendara merasa belum puas dan ingin memodifikasi ukuran shock dengan berbagai alasan.

Berikut ini efek yang dapat timbul dari mengganti ukuran shock belakang RX King :

Dampak Positif Mengganti Ukuran Shock Belakang

Advertisements

Efek Positif Mengganti Ukuran Shock Belakang Lebih Panjang

Mengganti ukuran shock belakang dengan yang lebih Panjang akan membuat ground clearance yang lebih tinggi. Sehingga akan mencegah mentok saat boncengan dan melewati jalan tidak rata. Selain itu akan memberikan kesan bagian belakang motor lebih nungging seperti motor balap.

Efek Positif Mengganti Ukuran Shock Belakang Lebih pendek

Mengganti ukuran shock belakang lebih pendek akan memberikan kenyamanan bagi pengendara yang berpostur pendek. Trik ini juga banyak digunakan pada pengendara RX King yang menyuakai konsep balap drag, dengan memendekan shock belakang membuat motor lebih padat dan lebih stabil pada trek jalan lurus.

Dampak Negatif Mengganti Ukuran Shock Belakang

Efek Negatif Mengganti Ukuran Shock Belakang Lebih Panjang

Mengganti ukuran shock belakang lebih panjang dapat mempengaruhi komponen lainnya seperti karet swing arm akan lebih rapat ke rantai sehingga akan cepat aus, selain itu mengganti shock belakang lebih panjang akan berisiko shock patah atau bengkok dan handling motor menjadi lebih susah.

Efek Negatif Mengganti Ukuran Shock Belakang Lebih Pendek

Mengganti ukuran shock belakang lebih pendek dapat berisiko membuat motor rentan mentok pada jalan tidak rata dan rusak. selain itu membuat motor akan terasa lebih berat.

Tanda-Tanda Shock Belakang RX King Rusak

Ketika shock belakang RX King anda rusak terdapat beberapa tanda yang dapat muncul. Berikut ini beberapa tanda shock belakang anda rusak :

Advertisements

Pantulan Tidak  Normal

Pada kondisi normal, pantulan shock belakang hanya 1-2 kali. Namun jika berlebihan, dan pantulan shock terasa lebih dalam dari biasanya, bisa jadi shock breaker anda sudah tidak prima.

Terdengar Suara Aneh dari Shock

Tanda selanjutnya adalah terdengar suara aneh seperti hentakan dari bagian shock belakang, saat motor melewati polisi tidur dan jalanan rusak.

Kebocoran Oli

Tanda yang dapat dilihat secara fisik adalah terlihat oli yang menetes atau bocor pada bagian shock breaker. Jika hal ini terjadi sudah dipastikan shock breaker anda rusak.

Ban Belakang Terasa Goyang

Saat anda merasakan ban belakang anda terasa goyang, hal itu dapat menjadi salah satu tanda shock belakang anda mulai rusak.

Shock Terasa Mentok Saat Berkendara dengan Normal

Apabila shock belakang terasa mentok saat anda berkendara sendiri atau membawa beban wajar, kemungkinan besar shock belakang anda soak.

Penyebab Shock Belakang Motor RX King Rusak

Selain karena termakan usia pemakaian, shock belakang juga bisa rusak yang disebbakan oleh berbagai faktor. Berikut ini beberapa penyebab shock belakang RX King rusak yang bsa anda ketahui :

  • Motor RX King sering digunakan membawa beban terlalu berat
  • Kebiasaan berkendara yang buruk
  • Sering digunakan berkendara di jalanan rusak dan tidak rata
  • Adanya kotoran yang masuk dan bercampur dalam Shock
  • Tidak melakukan penggantian oli shock belakang  secara rutin
  • Tidak melakukan pemeriksaan rutin pada shock belakang.