Ukuran Shock Belakang Beat dan Efek Jika Mengganti Ukuran Nya

Ukuran shock belakang Beat – Shock belakang pada motor Beat memiliki fungsi yang sangat penting. Keberadaan shock belakang ini adalah sebagai peredam kejutan ketika kendaraan melewati jalan yang terjal. Oleh karena ini Anda harus memperhatikan kondisinya.

Advertisements

Berapa ukuran shock belakang Beat? Ukuran shock belakang Beat karbu adalah 300 mm/305 mm. Sedangkan untuk Beat injeksi menggunakan ukuran shock belakang 325 mm/330 mm.

Jika Anda sedang mencari informasi mengenai ukuran shock belakang beat, silahkan untuk melihat pada artikel di bawah ini:

Daftar Isi:

  • Ukuran Shock Belakang Beat Injeksi dan Karbu
  • Kekurangan dan Kelebihan Ganti Ukuran Shock Beat
  • Tanda Terjadi Kerusakan Pada Shock Beat dan Cara Pengecekan
  • Waktu Ganti Shock Beat yang Tepat
Advertisements

Ukuran Shock Belakang Beat Injeksi dan Karbu

Berikut ini adalah ukuran standar dari shock belakang motor Honda Beat, yang dapat Anda ketahui, yaitu:

Jenis MotorUkuran Shock Belakang
Honda Beat Karbu300 mm/350 mm
Honda Beat Injeksi325 mm/330 mm

Anda dapat membeli shock belakang motor Beat melalui aplikasi Shopee. Disini Anda bisa mendapatkan shock dengan harga yang terjangkau dan original. Silahkan untuk melihat product yang Anda inginkan dengan menekan tombol di bawah ini.

Kekurangan dan Kelebihan Ganti Ukuran Shock Beat

Motor yang memiliki ukuran shock belakang 300 mm dapat diganti dengan shock ukuran 330 mm. Hal ini akan memberikan dampak pada ketinggian kendaraan Anda.

Sedangkan untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat mengenai kelebihan dan kekurangan dari mengganti ukuran shock motor Honda Beat seperti berikut:

Kekurangan Ganti Ukuran Shock Beat

Kekurangan Ganti Ukuran Shock Honda Beat Lebih Tinggi

Pada motor Beat mengganti ukuran shock Honda Beat dengan selisih yang besar dengan ukuran standardnya, dapat menimbulkan ketidakseimbangan pada kendaraan. Hal ini tentu saja akan membayarakan keselamatan pengemudi.

Advertisements

Kekurangan Ganti Ukuran Shock Honda Beat Lebih Rendah

Sedangkan jika Anda mengganti ukuran shock menjadi lebih rendah, maka akan beresiko ketika melewati jalanan yang rusak. Kondisi shock yang rendah akan rentak tergeser kolong sepatbor dan membuatnya mudah rusak. Hal ini tentu akan merugikan Anda.

Kelebihan Ganti Ukuran Shock Honda Beat

Kelebihan Ganti Ukuran Shock Honda Beat Lebih Tinggi

Sedangkan kebanyakan riders ingin mengganti ukuran shocknya karena hendak meningkatkan performa. Tidak hanya itu saja, penggantian shock motor Honda Beat juga memiliki tujuan modifikasi agar motor keliatan menarik.

Kelebihan Ganti Ukuran Shock Honda Beat Lebih Rendah

Mengganti ukuran shock lebih rendah dapat memberikan keuntungan bagi pemilik kendaraan. Terutama yang memiliki portur kecil dan tidak tinggi. Jika sebelumnya Anda harus jinjit dengan mengganti ukuran lebih rendah Anda lebih bisa menjaga keseimbangan.

Tanda Terjadi Kerusakan Pada Shock Beat dan Cara Pengecekan

Bagi Anda yang memiliki motor Honda Beat, Anda bisa mengetahui tanda-tanda shock belakang Anda mengalami kerusakan. Berikut ini adalah tanda terjadinya kerusakan pada shock Beat Anda, yaitu:

  • Suspensi kendaraan tidak dapat berkerja secara lancar
  • Terjadi kebocoran oli
  • Ketika dikendarai ban belakang akan berasa goyang
  • Shock yang terasa mentok dijalan tidak rata
Advertisements

Cara Pengecekan Shock Beat Rusak

Sedangkan untuk mengecek kondisi kerusakan pada shock, Anda bisa menekan bagian setang bawah motor dan memperhatikan bagian pegas yang ada pada bagian shocknya. Kondisi shock yang baik dapat kembali keposisinya secara pelan.

Sedangkan jika terlihat pegas yang ada memantul dengan cepat, maka ada kemungkinan shock Anda sudah rusak. Untuk lebih jelasnya silahkan untuk melakukan pengecekan secara rutin.

Waktu Ganti Shock Beat yang Tepat

Shock kendaraan adalah salah satu komponen yang bisa memiliki usia  yang lama. Beberapa shock bahkan ada yang mampu bertahan hingga usia 7 tahun. Meski demikian Anda tetap memerlukan perawatan pada bagian shock dengan tepat, seperti pergantian olinya.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengganti shock motor Honda Beat yang tepat?

Anda dapat mengganti shock belakang motor Anda ketika muncul tanda-tanda yang telah disebutkan diatas. Bukan hanya itu Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin ketika melakukan service berkala, untuk memastikan kondisinya.

Biasanya montir akan memberikan pengarahan mengenai kapan Anda harus melakukan penggantian beberapa komponen yang ada. Salah satunya adalah bagian shock kendaraan.