Ukuran Roller Xeon : Standar, Akselerasi, Top Speed

Ukuran Roller Xeon – Pemasangan roller pada motor Xeon tidak boleh sembarangan. Karena efeknya bisa membuat performa mesin mesin menjadi tidak bagus. Jika roller Xeon rusak, Anda perlu mengganti roller Yamaha Xeon sesuai standar.

Advertisements

Berapa ukuran roller Xeon? Ukuran roller Xeon karbu adalah 10 gram. Sedangkan ukuran roller Xeon RC dan Xeon GT 125 adalah 9,5 gram.

Informasi yang lebih lengkap tentang ukuran roller Xeon bisa Anda baca pembahasan berikut ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Roller Xeon
  • Harga Roller Yamaha Xeon
  • Ukuran Roller Xeon Untuk Mempercepat Akselerasi
  • Ukuran Roller Xeon Untuk Menambah Top Speed
  • Efek Samping Ganti Ukuran Roller yang Tidak  Tepat
  • Penyebab Utama Roller Xeon Rusak

Ukuran Roller Xeon

Mengetahui ukuran roller berguna saat ingin melakukan upgrade ukuran roller. Berikut ini ukuran standar roller Xeon:

Advertisements
Tipe MotorUkuran Roller
Yamaha Xeon Karbu10 gram
Yamaha Xeon RC9,5 gram
Yamaha Xeon GT 1259,5 gram

Harga Roller Yamaha Xeon

Terdapat berbagai jenis merk roller baik produk ori ataupun aftermarket yang dijual di pasaran. Untuk roller Xeon original Yamaha harganya sekitar Rp. 50.000 – Rp. 60.000, sedangkan untuk roller Xeon non original berkisar antara Rp. 20.000 – Rp. 35.000.

Anda juga bisa membeli roller Yamaha Xeon secara online di aplikasi  Shopee. Ada banyak voucher gratis ongkir serta promo lainnya yang bisa Anda dapatkan. Silahkan tekan link di bawah ini untuk melihat produknya.

Advertisements

Ukuran Roller Xeon untuk Mempercepat Akselerasi

Biar akselerasi motor Yamaha Xeon, Anda bisa mengurangi 1 – 2 tingkat  dari ukuran standar roller Xeon. Misalkan ukuran standar roller Xeon adalah 10 gram, maka Anda bisa menggantinya dengan ukuran 8 gram atau 9 gram.

Dengan mengurangi berat roller, maka tarikan motor Xeon menjadi lebih enteng dan lari motor jadi lebih kenceng.

Ukuran Roller Xeon Untuk Menambah Top Speed

Sedangkan untuk menambah top speed motor Yamaha Xeon, Anda bisa menambah 1 – 2 tingkat dari ukuran standar roller Xeon. Misalkan Anda ingin menambah top speed Xeon RC, Anda bisa mengubah ukuran roller menjadi 10,5 atau 11,5 gram.

Efek Samping Ganti Ukuran Roller yang Tidak Tepat

Penggantian ukuran roller  Xeon memang membuat akselerasi ataupun top speed menjadi meningkat. Namun penggantian ukuran roller yang terlalu ekstrim juga memiliki efek samping yang perlu Anda pertimbangkan.

Terlalu ekstrim yang dimaksut di sini adalah penggantian ukuran roller yang terlalu jauh, antara 4 – 5 tingkat di atas atau di bawah dari ukuran standar pabrik.

Berikut adalah beberapa efek samping ganti ukuran roller Xeon yang terlalu berlebihan.

Advertisements

Efek Samping Mengurangi Ukuran Roller Xeon

Selain mendapatkan tarikan gas awal yang enteng, mengurangi ukuran roller Xeon juga bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Namun mengurangi ukuran roller Xeon yang terlalu berlebihan juga memiliki efek samping, yaitu membuat roller menjadi cepat aus. Hal tersebut karena roller yang di pasang lebih tipis dari standar pabrikan.

Selain itu, efek negatif lainnya adalah membuat putaran tidak normal dan tenaga mesin jadi berkurang. Oleh sebab itu, penggunaan roller Xeon yang terlalu ringan tidak disarankan untuk motor Xeon yang sering menempuh perjalanan jauh.

Efek Samping Menambah Ukuran Roller Xeon

Menambah ukuran roller motor Xeon juga memiliki dampak negatif, yaitu membuat tenaga mesin di putaran bawah menjadi kurang bertenaga. Selain itu, ukuran roller Xeon yang terlalu besar juga bisa menurunkan tangkata akselerasi motor.

Penyebab Utama Roller Motor Xeon Rusak

Roller Xeon yang sudah gepeng atau peyang bisa menimbulkan berbagai masalah pada motor. Ada beberapa hal yang menyebabkan roller motor Xeon cepat rusak.

Berikut adalah beberapa penyebab roller Xeon cepat rusak.

Rumah Roller motor Xeon kotor

Rumah roller yang dibiarkan kotor bisa membuat roller cepat gepeng. Karena kotoran tersebut bisa membuat roller terselip, sehingga putaran roller menjadi tidak lancar dan terkikis pada satu sisi saja. Jika hal tersebut dibiarkan, maka roller akan cepat aus atau peyang.

Motor Xeon sering mengangkut beban berat

Menggunakan motor Xeon untuk berboncengan atau membawa beban berat membuat kinerja roller menjadi lebih berat. Jika dilakukan terlalu sering, maka roller bisa peyang dan membuat kinerja mesin menjadi terganggu.

Selain itu, roller Xeon yang peyang juga bisa membuat top speed motor Xeon menurun dan bahan bakar menjadi lebih boros.