Ukuran Roller Standar Scoopy Semua Tipe

Ukuran Roller Scoopy – Roller merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam pulley motor Scoopy. Fungsinya adalah memberikan tekanan pada pulley. Roller motor Scoopy itu sendiri memiliki ukuran yang berbeda – beda.

Advertisements

Lalu berapa ukuran roller Scoopy?

Ukuran roller Scoopy Karbu adalah 12 gram, ukuran roller Scoopy FI adalah 13 gram, dan ukuran roller Scoopy FI Esp adalah 15 gram.

Untuk mengetahui penjelasan tentang ukuran roller Scoopy secara lengkap, silahkan Anda baca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Roller Scoopy Standar Semua Tipe
  • Ukuran Roller Scoopy Agar Kencang
  • Ciri – Ciri Roller Motor Scoopy yang Rusak
  • Penyebab Roller Honda Scoopy Rusak dan Cara Memperbaikinya
  • Waktu yang Tepat Ganti Roller Scoopy
Advertisements

Ukuran Roller Scoopy Standar Semua Tipe

Roller yang digunakan untuk motor Scoppy berbeda – beda di setiap tipenya. Berikut ini standar ukuran roller Scoopy semua tipe:

  • Ukuran Roller Honda Scoopy Karbu (2010 – 2013) adalah 12 gram
  • Ukuran Roller Honda Scoopy FI (2013 – 2015) adalah 13 gram
  • Ukuran Roller Honda Scoopy Esp (2015 – 2017) adalah 15 gram

Jika ingin membeli roller dengan harga yang murah, Anda bisa membeli produknya di Shopee. Terdapat banyak promo menarik, salah satunya adalah promo gratis ongkir. Tekan tombol di bawah ini untuk melihat berbagai pilihan produknya.

Advertisements

Ukuran Roller Scoopy Agar Kencang

Banyak pemilik motor Scoopy yang ingin melakukan modifikasi pada rollernya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan akselerasi dan juga performa motor.

Untuk melakukan modifikasi roller biar performa Scoopy menjadi tambah kenceng tentu ada aturannya sendri.

Untuk mendapatkan tenaga mesin yang lebih responsif, Anda bisa mengganti ukuran roller Scoopy standar menjadi ukuran roller yang lebih besar. Kenaikan ukuran roller ini akan membuat top speed (kecepatan motor) menjadi lebih tinggi.

Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan akselerasi (gas jalan tanjakan) yang enteng, maka ganti ukuran roller menjadi lebih kecil dari standar.

Misalnya ukuran roller Scoopy standar 13 gram, maka ubahlah ukuran roller tersebut menjadi ukuran diatasnya. Perubahan tersebut harus dilakukan secara menyeluruh dan jangan disilang untuk menghindari aus pada CVT motor dan keborosan bahan bakar.

Ciri – Ciri Roller Motor Scoopy yang Rusak

Advertisements

Roller pada motor Scoopy memiliki fungsi yang sangat penting. Ada beberapa ciri – ciri yang ditunjukkan jika roller motor Scoopy mengalami kerusakan, antara lain :

  • Motor terasa tersendat saat dikendarai
  • Tingkat akselerasi berkurang atau kecepatan motor menurun
  • Timbul bunyi decitan atau suara berisik dari area CVT depan
  • Bensin menjadi lebih boros

Segera lakukan pemeriksaan roller motor Scoopy Anda jika sudah muncul tanda – tanda seperti di atas. 

Penyebab Roller Honda Scoopy Rusak dan Cara Memperbaikinya

Beberapa hal yang menyebabkan roller motor Scoopy rusak, antara lain:

  • Rumah roller yang dibiarkan kotor
  • Motor  Scoopy sering digunakan untuk mengangkut beban berat
  • Sering digunakan untuk perjalanan yang jauh
  • Motor Scoopy jarang di servis.

Lalu bagaimana cara memperbaiki roller yang rusak?

Cara untuk memperbaiki roller motor yang rusak adalah menggantinya dengan yang baru. Anda bisa membawanya ke bengkel terpercaya untuk melakukan servis dan juga penggantian roller.

Waktu yang Tepat Ganti Roller Scoopy

Roller motor Scoopy memiliki masa pakai yang lama, yaitu sekitar 25.000 km, atau setara dengan 3 tahun pemakaian. Namun hal tersebut tentu dipengaruhi oleh penggunaan dan perawatan motor Scoopy tersebut.

Untuk lebih amannya, lakukan pemeriksaan pada saat jarak tempuh Scoopy mencapai 10.000 – 12.000 km atau setiap 1 tahun pemakaian. Rata – rata roller pada saat itu kondisinya sudah peyeng atau tidak bagus lagi.

Segera ganti dengan yang baru jika ditemukan roller yang kondisnya buruk. Jika kerusakan dibiarkan, maka akan membuat bentuk roller tidak bagus lagi dan bisa berakibat aus pada mesin.

Selain itu, roller yang sudah rusak jika terus dipaksakan maka bisa membuat rumah roller akan terkikis. Akibatnya biaya yang akan Anda keluarkan pun jadi bertambah banyak.