Ukuran Piston Vixion dan Ciri Piston yang Rusak

Ukuran Piston Vixion ~ Vixion merupakan motor tipe sport pabrikan Yamaha. Namun, Vixion dan Vixion R memiliki ukuran piston yang berbeda. Untuk mengetahui ukuran piston Vixion, silahkan simak artikel berikut.

Advertisements

Berapa ukuran diameter piston Vixion? Ukuran Piston Vixion adalah 57 mm, dan Vixior R sebesar 58 mm. Untuk kuran pen piston Vixion sebesar 14 mm.

Daftar Isi :

  • Ukuran Piston Vixion
  • Oversize Piston Motor Yamaha Vixion
  • Efek Samping Oversize Piston Vixion
  • Ciri – Ciri Piston Motor Vixion Rusak
  • Kapan Waktu Ganti Piston Vixion?
Advertisements

Ukuran Piston Vixion

Untuk meningkatkan performa motor, Anda dapat melakukan modifikasi dengan cara oversize atau bore up. Namun, Anda perlu mengetahui ukuran standar piston Vixion.

Berikut ukuran piston Vixion dan Vixion R.

Tipe MotorDiameter Piston
Vixion57 mm
All New Vixion R58 mm

Piston merupakan salah satu komponen yang awet pada kendaraan bermotor. Namun, komponen ini dapat mengalami keausan atau kerusakan.

Apabila piston atau seher kendaraan bermotor telah mengalami kerusakan, sebaiknya segera dilakukan penggantian untuk menghindari kerusakan yang merembet ke komponen lain. Untuk membeli piston yang baru, Anda dapat melakukannya secara online via Shopee.

Advertisements

Oversize Piston Motor Yamaha Vixion

Perlu Anda ketahui, untuk melakukan oversize harus dilakukan secara bertahap. Oversize 0 merupakan ukuran standar piston. Sedangkan, untuk mengetahui ukuran diameter oversize piston, silahkan cek tabel berikut.

OversizeUkuran Penambahan
Oversize 00 mm
Oversize 250,25 mm
Oversize 500,5 mm
Oversize 1001 mm
Oversize 1251,25 mm
Oversize 1501,5 mm
Oversize 1751,75 mm
Oversize 2002 mm

Saat melakukan oversize, ukuran yang dapat Anda gunakan terbatas, dan tidak perlu melakukan boring. Untuk itu, sebaiknya gunakan ukuran oversize maksimal 100. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari efek boring.

Berapa ukuran diameter piston Vixion oversize 100?

Pada saat melakukan oversize 100, maka ukuran diameter piston yang digunakan bertambah sebesar 1 mm, sehingga menjadi 58 mm.

Dengan melakukan oversize, maka secara otomatis kapasitas mesin juga bertambah. Biasanya seseorang akan melakukan oversize pada kendaraan bermotor lama (seperti Vixion old / NVL dan NVA), dengan tujuan untuk mengembalikan performanya.

Efek Samping Oversize Piston Vixion

Disamping memberikan manfaat bagi peningkatan mesin motor, oversize juga dapat menimbulkan efek mesin pada kendaraan.

Berikut efek samping oversize piston Yamaha Vixion.

Advertisements
  • Kehilangan garansi mesin resmi, untuk kendaraan baru
  • Dinding silinder menjadi lebih tipis, sehingga mesin cepat panas
  • Mesin motor berpotensi ngelitik dan rawan macet

Ciri – Ciri Piston Motor Vixion Rusak

Peran piston pada motor sangat penting, jika komponen ini tidak lagi berfungsi maka mesin motor akan mengalami kemacetan. Sebenarnya komponen ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi, tetapi untuk antisipasi lebih awal, Anda perlu mengetahui ciri – ciri piston motor rusak.

Berikut ciri – ciri piston motor Vixion rusak.

Keluar asap putih pada motor

Saat keluarnya asap putih pada motor, dapat menjadi ciri utama adanya kerusakan pada piston motor. Namun, asap putih yang keluar tersebut, berbeda dengan keluarnya asap putih saat komponen lain rusak.

Pada saat piston rusak, keluarnya asap putih disertai bau gosong, dan  semakin gas ditarik, asap menjadi semakin tebal.

Jumlah volume oli semakin cepat berkurang

Piston yang rusak dapat menyebabkan dinding piston aus, sehingga oli ikut terbakar dan volumenya cepat habis. Dengan adanya oli yang terbakar tersebutlah yang menimbulkan keluarnya asap putih pada bagian knalpot.

Suara mesin motor kasar

Munculnya suara kasar dari mesin motor dapat menjadi salah satu ciri bahwa adanya kerusakan pada piston. Namun, hal ini harus dipastikan lebih lanjut dengan cara pengecekan dengan seorang teknisi.

Kinerja mesin motor menurun

Piston memiliki peran penting pada performa mesin, maka ketika rusak, kinerja mesin secara otomatis akan menurun.

Selain karena usia pemakaian, pemasangan antara piston dan ring piston yang tidak benar dapat membuat kompresi menurun dan hasil pembakaran yang tidak sempurna. Namun, bisa saja karena berat beban yang dibawa berlebih.

Mesin motor mengalami kemacetan

Ketika piston rusak, dan masuknya oli dalam sistem pembakaran, tidak hanya menyebabkan keluar asap putih, tetapi juga dapat menimbulkan starter motor sulit dinyalakan.

Kapan Waktu Ganti Pen Vixion?

Seperti penjelasan di atas bahwa piston merupakan komponen yang awet. Meskipun begitu, piston bisa saja mengalami kerusakan karena adanya faktor yang mempengaruhi, seperti kesahalan cara perawatan.

Sesuai dengan informasi yang kami peroleh, diketahui bahwa piston akan mengalami penurunan performa ketika jarak tempuh kendaraan lebih dari 20.000 Km.

Jika terdapat ciri – ciri piston rusak pada kendaraan Anda, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, ciri – ciri tersebut muncul karena kerusakan komponen yang lain.