Ukuran Piston Vario 125, 110, 150, dan 160

Advertisements

Ukuran Piston Vario – Piston Vario menjadi salah satu komponen penting dalam proses pembakaran. Jika piston Vario rusak, maka mesin motor tidak bisa menghasilkan tenaga. Anda harus mengganti piston Vario dengan yang baru agar kinerjanya menjadi normal.

Berapa ukuran piston Vario? Ukuran piston Vario 110 karbu adalah 50 mm dengan pin piston 13 mm, ukuran piston Vario 125 adalah 52,4 mm dengan pin piston 13 mm, sedangkan ukuran piston Vario 150 adalah 57,3 mm dengan ukuran pin piston 14 mm.

Untuk memperoleh informasi lengkap tentang piston Vario, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Piston Vario
  • Rekomendasi Merk Piston Honda Vario yang Bagus
  • Oversize Ukuran Piston Motor Vario yang Tepat
  • Efek Samping Oversize Piston Honda Vario yang Berlebihan
  • Penyebab Piston Motor Vario Cepat  Rusak
Advertisements

Ukuran Piston Vario

Honda Vario 125 dan Vario 150 memiliki ukuran diameter piston yang berbeda. Oleh sebab itu, kedua motor ini tidak bisa saling tukar piston. Jika ingin menukar piston, Anda harus melakukan modifikasi terlebih dahulu.

Beikut ini ukuran diameter standar piston Honda Vario karbu dan injeksi:

Tipe MotorDiameter PistonPin Piston
Vario 110 Techno karbu50 mm13 mm
Vario 12552,4 mm13 mm
Vario 150 esp57,3 mm14 mm

Tipe vario yang memiliki diameter piston paling besar, yakni Vario 160 dengan besar 60 mm.

Rekomendasi Merk Piston Vario yang Bagus

Advertisements

Banyak sekali merk piston Vario mulai dari produk ori AHM, aftermarket, hingga imitasi yang dijual di pasaran. Anda bisa cari ukuran piston yang sesuai dengan tipe Vario yang dimiliki.

Berikut ini beberapa rekomendasi merk piston dan harga Honda Vario yang bagus:

  • Piston Kit Set Honda Vario AHM (Rp. 145.000)
  • NPP (Rp. 105.000)
  • FIM (Rp. 115.000)
  • RKN (Rp. 115.000)

Selain di toko, Anda bisa membeli piston Vario secara online melalui aplikasi Shopee. Ada banyak pilihan serta gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan. Silahkan tekan tombol di bawah untuk membeli produknya.

Oversize Ukuran Piston Motor Vario yang Tepat

Kapasitas mesin Vario sebenarnya sudah cukup besar untuk kebutuhan sehari – hari. Namun ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah tenaga mesin dengan cara bore up oversize piston Vario di bengkel resmi ataupun bengkel umum terpercaya.

Oversize piston Vario 125 bisa dilakukan dengan mengganti ukuran piston menjadi 57,9 mm, sehingga kapasitas mesin bisa meningkat menjadi 150 cc.

Sedangkan oversize piston Vario 150 bisa menaikkan ukuran piston menjadi 63 mm, sehingga kapasitas mesinnya meningkat menjadi 180 cc.

Namun oversize ukuran piston tersebut juga harus diimbangi dengan penggantian blok silinder. Agar lebih mudah, Anda bisa membeli paket bore up yang disediakan pihak bengkel dengan harga sekitar Rp. 1.000 000 – Rp. 1.500.000.

Efek Samping Oversize Piston Honda Vario

Advertisements

Oversize piston Honda Vario yang diikuti dengan penggantian blok silinder dapat membuat torsi atau tenaga mesin Vario jadi lebih besar. Namun penggunaan piston oversize (OS) juga memiliki efek samping pada mesin.

Efek samping penggunaan piston oversize Vario adalah membuat konsumsi bahan bakar menjadi sedikit lebih boros dari sebelumnya. Selain itu, oversize piston juga bisa membuat resiko overheat pada mesin jadi lebih tinggi.

Penyebab Piston Motor Vario Cepat Rusak

Piston Vario yang mengalami kerusakan bisa menyebabkan motor tiba – tiba mogok dan sulit dinyalakan. Berikut adalah beberapa penyebab piston Vario cepat rusak.

Jarang ganti oli mesin Vario

Motor Vario yang sering digunakan sehari – hari tentu membuat kualitas oli mesin cepat menurun. Jika oli mesin tersebut tidak diganti secara berkala, maka proses pelumasan pada mesin menjadi tidak maksimal.

Akibatnya, gesekan yang terjadi antar komponen menjadi berlebihan dan mesin jadi cepat rusak.

Penggunaan bahan bakar tidak sesuai rasio kompresi Vario

Jenis bahan bakar yang digunakan untuk setiap kendaraan harus sesuai dengan rasio kompresinya. Karena jika oktan bahan bakar tidak sesuai dengan rasio kompresi mesin bisa menghasilkan kerak di ruang bakar akibat proses pembakaran yang tidak sempurna.

Motor Vario 125 memiliki rasio kompresi 11,0 : 1, sedangkan Vario 150 memilii rasio kompresi 10,6 : 1. Sehingga bahan bakar yang cocok untuk Vario adalah Pertamax.

Piston dan klep Vario betabrakan

Kondisi ini bisa terjadi akibat penggunaan ukuran piston yang tidak sesuai dengan spesifikasi standarnya, atau bisa juga disebabkan oleh oversize piston yang tidak benar.