Advertisements
banner iklan

Ukuran Piston Motor Supra Semua Tipe

Ukuran Piston Supra – Piston sebagai komponen penting dalam motor Supra, tentu perlu diperhatikan dan dirawat dengan maksimal untuk menjaga peforma motor dan menjaga keawetan mesin kendaraan.

Motor Supra keluaran Honda ini memiliki beberapa tipe, tentuya ukuran piston pada masing-masing tipe tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Berapakah ukuran piston motor Supra keluaran Honda?

Ukuran piston pada motor Supra X adalah 50 mm, ukuran piston pada motor Supra Fit adalah 50 mm, ukuran piston pada motor Supra XX adalah 50 mm, dan ukuran piston pada motor Supra X 125 adalah 52.4 mm.

Dalam artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai piston Supra dengan daftar isi sebagai berikut.

  • Ukuran Piston Seluruh Tipe Motor Supra
  • Masalah Umum Yang Terjadi Pada Piston Motor Supra
  • Ciri-Ciri Piston Motor Supra Rusak
  • Tips Merawat Piston Motor Supra
Advertisements

Ukuran Piston Seluruh Tipe Motor Supra

Berikut ini merupakan ukuran piston motor Supra berdasarkan tipe kendarannya. Terdapat beberapa ukuran yang sama pada beberapa tipe, namun terdapat pula ukuran yang berbeda.

  • Ukuran piston Supra X yakni 50 mm
  • Ukuran piston Supra Fit yakni 50 mm
  • Ukuran piston Supra XX yakni 50 mm
  • Ukuran piston Supra X 125 yakni 52.4 mm

Jika anda mengetahui ukuran piston kendaran anda akan memudahkan anda jika melakukan pembelian piston.

Apabila anda ingin melakukan transaksi pembelian piston melalui portal belanja online, anda dapat mengakses link dibawah ini yang akan menghubungkan anda dengan toko yang terpercaya.

Advertisements

Masalah Umum Yang Terjadi Pada Piston Motor Supra

Berikut ini beberapa permasalahan umum yang sering trejadi pada piston motor Supra.

Piston Bertabrakan Dengan Klep

Hal ini sangat umum terjadi pada piston, penyebab terjadinya tabrakan antara piston dan klep adalah karena ukuran piston yang dipasang tidak sesuai dengan ukuran standart yang diperlukan oleh motor.

Dengan demikian sangat penting untuk mengetahui dan memastikan piston yang kita gunakan pada kendaraan sesuai dengan kebutuhan.

Piston Menimbulkan Suara Berisik

Jika motor anda mengeluarkan suara yang berisik, maka hal tersebut menandakan bahwa piston anda mengalami kerusakan. Suara berisik tersebut muncul dari celah besar yang timbul diantara dinding piston dan piston.

Apabila terdapat celah yang terlalu besar diantara piston dan slinder, maka piston akan berbenturan dengan dinding slinder sehingga memberikan dampak suara yang berisik.

Ciri-Ciri Piston Motor Supra Rusak

Berikut ini merupakan ciri-ciri kerusakan piston yang perlu anda waspadai, jika terjadi salah satunya maka kemungkinan besar piston motor Supra anda mengalami kerusakan.

Advertisements

Oli Motor Cepat Habis

Jika motor anda telah mengepulkan asap putih dari knalpot, maka harus segera dilakukan penggantian piston. Jika dibiarkan saja akan memberikan dampak yakni oli yang berada dalam mesin kendaraan akan cepat habis.

Karena kondisi piston yang rusak, sehingga membuat oli mesin ikut terbakar. Hal ini jika diabaikan akan memberikan dampak kerusakan yang lebih parah.

Motor Supra Susah Dinyalakan

Jika motor Satria anda mulai susah dinyalakan, diperkirakan motor Supra anda mengalami kerusakan pada pistonnya. Jika piston telah rusak selain memberikan dampak pada susahnya mesin motor dinyalakan, dapat juga menyebabkan motor mogok tiba-tiba.

Tips Merawat Piston Motor Supra

Berikut ini merupakan cara yang bisa anda gunakan untuk merawat piston motor Supra kesayangan anda agar terhindar dari kerusakan.

  • Bersihkan piston secara rutin
  • Cek kondisi ring piston secara berkala untuk menghindari adanya kerusakan
  • Gunakan oli dengan kualitas yang bagus
  • Servis motor anda secara rutin

Cara tersebut dapat anda lakukan dengan konsisten untuk menjaga performa kendaraan anda.