Advertisements
banner iklan

Ukuran Piston Satria Semua Tipe

Ukuran Piston Satria – Piston motor merupakan salah satu komponen yang penting bagi motor, jika terdapat kerusakan pada piston maka motor tidak dapat melaju dengan normal dan performanya menjadi tidak maksimal.

Motor Satria memiliki beberapa tipe yang tentunya memiliki ukuran piston yang berbeda-beda. Lalu berapakah ukuran piston Satria?

Ukuran piston motor Satria 120S adalah 56 mm, Satria RU 120R adalah 56.5 mm, Satria RU 120 LSCM adalah 58.5 mm, Satria F 150 adalah 62 mm, dan New Satria F150 adalah 48,8 mm.

Berikut ini merupakan daftar isi artikel yang membahas lebih lengkap mengenai piston Satria.

  • Ukuran Piston Seluruh Tipe Motor Satria
  • Masalah Umum Yang Terjadi Pada Piston Motor Satria
  • Ciri-Ciri Piston Motor Satria Rusak
  • Tips Merawat Piston Motor Satria
Advertisements

Ukuran Piston Seluruh Tipe Motor Satria

Motor Satria memiliki berbagai tipe, seluruh tipe tersebut memiliki ukurna piston yang berberda-beda. Berikut ini merupakan ukuran piston motor Satria berdasarkan tipe motornya.

  • Ukuran piston motor Satria 120S yakni 56 mm
  • Ukuran piston Satria RU 120R yakni 56.5 mm
  • Ukuran piston Satria RU 120 LSCM yakni 58.5 mm
  • Ukuran piston Satria F 150 yakni 62 mm
  • Ukuran piston New Satria F150 yakni 48,8 mm

Apabila anda berencana melakukan pembelian piston Satria melalui situs belanja online dengan mendapatkan harga termurah dari toko yang terpercaya, anda dapat mengaksesnya melalui link berkut ini.

Masalah Umum Yang Terjadi Pada Piston Motor Satria

Berikut ini beberapa permasalahan umum yang sering trejadi pada piston motor Satria. Anda perlu mengatahui hal ini untuk memudahkan melakukan perawatan dan menghindari kerusakan pada piston motor Satria anda.

Advertisements

Piston Menimbulkan Suara Berisik

Jika motor anda terdengar berisik dan suaranya jauh lebih kasar daripada biasanya maka hal tersebut menandakan bahwa piston anda akan mengalami kerusakan. Suara berisik tersebut muncul dari celah besar yang timbul diantara dinding piston dan piston.

Jika terdepat celah yang terlalu besar maka piston akan berbenturan dengan dinding slinder sehingga memunculkan suara yang berisik dan kasar.

Piston Membuat Motor Ngebul

Jika knalpot kendaraan anda mengeluarkan asap putih bisa dipastikan 60% kemungkinannya disebabkan karena kerusakan pada ring piston yang sudah aus atau terdapat masalah pada setang piston sehingga menyebabkan terjadinya oli rembes ke ruang pembakaran pada mesin.

Jika oli sampai rembes ke ruang pembakaran mesin maka oli akan bercampur dengan bahan bakar dan munculah kepulan asap putih yang kerluar bersamaan dengan gas sisa pembakaran dari kenalpot.

Piston Pecah

Piston pecah dapat disebabkan karena beberapa hal, yakni karena penggunaan kualitas bahan baka yang kurang baik ataupun kualitas piston yang digunakan.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik anda mengantisipasinya dengan menggunakan bahan bakar dengan kualitas bagus dan memilih piston dengan merk yang kualitasnya telah terjamin.

Ciri-Ciri Piston Motor Satria Rusak

Berikut ini merupakan ciri-ciri jika motor Satria anda mengalami kerusakan pada pistonnya.

Advertisements

Mesin Motor Satria Susah Dinyalakan

Jika motor Satria anda mulai susah dinyalakan, dapat diindikasikan bahwa motor Satria anda telah mengalami kerusakan pada piston. Jika piston telah rusak selain memberikan dampak pada susahnya mesin motor dinyalakan, dapat juga menyebabkan motor mogok tiba-tiba.

Jika sudah mengalami hal tersebut lebih baik anda segera melakukan penggantian piston di bengkel kepercayaan anda.

Tarikan Mesin Satria Menurun

Jika motor Satria anda masih normal maka daya tarikan mesin yang dikeluarkan pun akan terasa ringan. Namun, jika telah terjadi kerusakan pada piston motor Satria anda maka tarikan mesin akan menjadi sangat berat.

Untuk memastikan kerusakan tersebut berasal dari piston lakukan pengecekan dengan segera ke bengkel terdekat.

Tips Merawat Piston Motor Satria

Berikut ini merupakan cara yang bisa anda gunakan untuk menjaga piston motor Satria anda agar tetap terawat dengan baik dan memiliki massa pakai yang lama.

  • Bersihkan piston secara rutin
  • Cek kondisi ring piston secara berkala untuk menghindari adanya kerusakan
  • Gunakan oli dengan kualitas yang bagus
  • Servis motor anda secara rutin

Cara tersebut dapat anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada piston motor Satria anda.