Advertisements

Ukuran Piston RX King : Standar dan Oversize

Ukuran piston RX King – Piston RX King merupakan salah satu komponen yang terpasang di dalam sebuah mesin motor RX King. Fungsi piston itu sendiri berfungsi dalam proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga mesin. Piston RX King memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari piston jenis motor lainnya.

Berapa ukuran piston RX King? Ukuran piston RX King adalah 58 mm, sedangkan ukuran pen piston RX King adalah 16 mm.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang ukuran piston RX King melalui pembahasan berikut.

Daftar Isi :

  • Ukuran Piston RX King
  • Rekomendasi Merk Piston RX King yang Bagus
  • Oversize Ukuran Piston Yamaha RX King yang Tepat
  • Dampak Buruk Oversize Piston RX King
  • Penyebab Piston Motor RX King Rusak

Ukuran Piston RX King

Advertisements

Piston motor Yamaha RX King memiliki ukuran yang tergolong cukup besar diantara motor Yamaha 2 tak lainnya.

Ukuran piston Yamaha RX King adalah 58 mm, dan ukuran pen piston RX King adalah 16 mm. Ukuran piston RX King ini lebih besar dari ukuran piston Yamaha RXS

Anda bisa juga membeli piston RX King original secara online di aplikasi Shopee. Ada harga promo dan gratis pada setiap pembelian produknya. Silahkan klik tombol berikut untuk membeli produknya.

Rekomendasi Merk Piston RX King yang Bagus

Ada banyak jenis dan merk piston RX King yang dijual di toko spare part ataupun online. Anda bisa mencari yang ukurannya sesuai dengan motor RX King yang Anda miliki.

Untuk harga piston RX King asli produk Yamaha berkisar antara Rp. 150.000 – Rp. 200.000.

Berikut ini beberapa rekomendasi merk piston RX King yang bagus:

  • NPP (Rp. 127.000)
  • Daytona (Rp. 400.000)
  • Piston  RX King ART Japan (Rp. 250.000)
  • Piston set ART RIK (Rp. 400.000)
Advertisements

Oversize Ukuran Piston Yamaha RX King yang Tepat

Oversize piston RX King merupakan salah satu modifikasi dengan cara menambah diameter piston. Oversize piston dilakukan dengan tujuan untuk memperbesar tenaga mesin motor.

Blok mesin RX King terdiri dari 2 seri, yaitus seri Y dan seri YP. Blok mesin RX King seri YP bisa oversize 100 atau 1 mm, sedangkan untuk blok mesin RX King seri Y bisa oversize hingga 200 atau 2 mm.

Untuk melakukan oversize piston RX King itu sendiri dilakukan secara bertahap dan dimulai dari ukuran yang paling kecil dulu.

Misalkan RX King os 100 atau oversize 100, maka penambahan ukuran piston yang dilakukan harus bertahap mulai dari 0,25 mm, 0,50 mm, dan terakhir 1 mm. Begitupun juga dengan RX King OS 200 juga perlu dilakukan secara bertahap.

Dampak Buruk Oversize Piston RX King

Selain membuat tenaga mesin jadi lebih besar, oversize piston juga memiliki pengaruh buruk pada mesin motor. Berikut adalah beberapa dampak buruk oversize piston RX King.

Advertisements

Bahan bakar RX King menjadi lebih besar

Oversize piston RX King membuat volume ruang bakar menjadi lebih besar. Hal tersebut tentu menyebabkan tenaga mesin yang dihasilkan menjadi meningkat dan kebutuhan bahan bakar semakin banyak.

Mesin RX King cepat panas

Memperbesar ukuran piston membuat kinerja mesin menjadi lebih berat dari sebelumnya. Akibatnya, dinding silinder mesin akan menjadi tipis dan mesin motor akan lebih cepat panas.

Garansi motor RX King hangus

Oversize piston dilakukan dengan merubah ukuran piston sehingga berbeda dengan bawaan pabrik. Selain itu, oversize piston juga termasuk ke dalam modifikasi motor RX King yang membuat perubahan pada mesin sehingga garansi pabrikan akan hangus.

Bisa menyebabkan ngelitik pada RX King

Getaran pada mesin RX King yang berlebihan bisa disebabkan karena oversize piston yang tidak dikerjakan secara benar. Hal tersebut membuat gerakan piston menjadi terganggu dan menimbulkan ngelitik serta getaran yang berlebihan.

Kualitas oli cepat menurun

Karena kinerja mesin yang lebih berat dari sebelumnya, maka kualitas oli mesin jadi cepat menurun. Hal tersebut membuat motor RX King yang oversize piston harus lebih sering ganti oli dari sebelumnya.

Oversize yang berlebihan bisa merusak mesin

Oversize piston pada motor RX King harus dengan ukuran yang sesuai standar. Karena jika oversize dilakukan secara berlebihan, maka resiko kerusakan yang terjadi pada mesin RX King akan lebih besar.

Penyebab Piston RX King Rusak

Setiap komponen motor memiliki masa pakai yang terbatas. Terkadang ada beberapa hal yang tanpa Anda sadari membuat kondisi komponen tersebut menjadi lebih cepat rusak.

Begitupun juga piston RX King, jika tidak dilakukan perawatan yang baik bisa mengalami aus lebih cepat. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari beberapa hal agar piston motor RX King lebih awet.

Berikut beberapa penyebab piston RX King cepat rusak:

  • Penggunaan oli mesin berkualitas rendah.
  • Jarang melakukan ganti oli, sehingga pelumasan menjadi tidak maksimal.
  • Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai rasio kompresi RX King.
  • Mesin RX King sering mengalami overheat.
  • Oversize ukuran piston RX King yang tidak sesuai standar.
  • Menggunakan piston tidak ori atau kualitas rendah.