Ukuran Piston Revo dan Tips Perawatan Nya

Ukuran piston Revo – Piston menrupakan salah satu komponen pada motor Revo yang fungsinya untuk menghasilkan tenaga mesin. Ukuran piston Honda Revo sebenarnya bisa dirubah menjadi lebih besar. Namun jika salah dalam memilih ukuran piston Revo, maka bisa berakibat buruk bagi mesinnya.

Advertisements

Lalu berapa ukuran piston Honda Revo? Ukuran piston Revo semua tipe adalah 50 mm.

Untuk lebih jelasnya, silhkan Anda baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Piston Honda Revo Semua Tipe
  • Oversize Piston Revo yang Baik
  • Tanda – Tanda Piston Revo Rusak
  • Penyebab Piston Revo Rusak
  • Perawatan pada Piston Revo

Ukuran Piston Honda Revo Semua Tipe

Jika ingin melakukan oversize piston Revo, Anda harus mengetahui dulu berapa ukuran standarnya. Berikut adalah ukuran standar piston Revo semua tipe:

Tipe MotorDiameter PistonDiameter Pen Piston
Honda Revo 10050 mm13 mm
Honda Revo 11050 mm13 mm
Honda Revo Absolute50 mm13 mm
Honda Revo Fit X50 mm13 mm
Advertisements

Anda bisa membeli piston dengan harga yang murah melalui aplikasi Shopee. Ada banyak promo dan voucher gratis ongkir untuk pengiriman ke seluruh Indonesia. Klik tombol di bawah ini untuk menuju ke tokonya.

Oversize Piston Revo yang Baik

Sebagian orang pengguna motor Revo mungkin merasa performa motornya kurang. Maka dari itu, banyak orang memilih untuk melakukan oversize piston atau yang disebut Bore Up.

Sebenarnya oversize piston pada motor Revo boleh saja dilakukan, asalkan pemilihan diamter oversize piston tersebut sesuai.

Oversize piston Revo yang baik harus deilakukan secara bertahap dan dimualai dari ukuran oversize yang paling kecil. Ukuran oversize Revo dari yang terkecil adalah 0.25 mm, 0.50 mm, 1 mm, 1.25 mm, 1.5 mm, 1.75 mm, dan 2 mm.

Jadi jika ingin bore up Honda Revo, ukuran oversize yang digunakan adalah dari yang paling kecil dulu yaitu 0.25. Misalkan ukuran standar Revo adalah 50 mm. Dengan melakukan oversize 0.25 mm, maka ukuran piston setelah oversize menjadi 50.25 mm.

Jika ukuran tersebut di rasa kinerja mesin kurang maksimal, maka ukuran oversizw piston Revo bisa diperbesar.

Advertisements

Tanda – Tanda Piston Revo Rusak

Piston yang rusak akan menimbulkan berbagai masalah. Karena kerusakan pada piston bisa mempengauhi komponen lainnya. Jika tidak segera diperbaiki, bisa jadi motor Revo Anda harus turun mesin yang biayanya juga cukup mahal.

Piston yang rusak akan menunjukkan beberapa gejala, jadi Anda harus selalu waspada. Berikut tanda – tanda piston Revo rusak antara lain:

Mesin Revo sering mogo dan susah dinyalakan

Mesin yang tiba – tiba mogok dan susah dinyalakan bisa jadi tanda bahwa piston Revo sedang bermasalah. Jika sudah menemukan tanda – tanda seperti itu, segera bawa ke bengkel untuk pengecekan.

Jika memang masalahnya ada piston, maka bisa menimbulkan masalah lain seperti oli mesin akan semakin menipis dan kinerja piston menjadi tidak maksimal.

Munculnya asap putih dari knalpot Revo

Munculnya asap pada knalpot bisa disebabkan karena ring piston yang rusak, sehingga oli masuk ke ruang pembakaran dan menimbulkan asap putih lebat yang keluar melalui knalpot. Jika sudah seperti itu, Anda harus mengganti ring piston Revo dengan yang baru dengan harga kurang lebih Rp. 50.000 an.

Suara mesin Revo kasar

Jika piston Revo mengalami kerusakan, maka mesin Revo akan terdengar lebih kasar dari biasanya. Suara tersebut disebabkan karena stang seher dan piston yang sudah aus, sehingga gesekan akan terdengar keras ketika mesin dinyalakan dan gas ditarik.

Oli Revo cepat habis

Jangan paksakan motor Revo Anda untuk dinyalakan jika sudah mengeluarkan asap putih karena bisa membuat oli cepat habis.

Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan oleh ring piston yang rusak sehingga oli yang masuk ke dinding silinder tidak dibersihkan secara maksmal. Oli tersebut akan terbawa masuk ke ruang pembakara sehingga oli cepat habis.

Kinerja mesin Revo menurun

Piston berfungsi untuk menghasilkan tenaga mesin motor Revo. Jika piston rusak, maka mesin tidak bisa menghasilkan tenaga. Biasanya ciri – cirinya adalah suara mesinn terdengar kasar, namun jika dijalankan tenaga mesin terasa tidak maksimal.

Penyebab Piston Revo Rusak

Piston motor Revo bisa rusak disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

Advertisements
  • Piston atau ring piston sudah mulai aus
  • Penggunaan oli mesin Revo yang kualitasnya buruk
  • Bahan bakar yang digunakan kualitasnya buruk
  • Tidak pernah ganti oli
  • Mesin terlalu sering mengalami overheat (panas yang berlebihan)

Perawatan pada Piston Revo

Untuk menjaga kualitas piston Revo, Anda perlu melakukan perawatan agar kondisinya tetap baik. Berikut ini beberapa tips merawat piston Revo

Ganti oli secara rutin

Oli merupakan komponen penting yang fungsinya untuk melumasi piston agar gesekan yang terjadi tidak terlalu kasar. Penggantian oli secara berkala perlu dilakukan untuk menjaga kuaitas oli yang ada pada mesin selalu besih.

Gunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi

Pilih bahan bakar untuk motor Revo Anda yang memiliki oktan tinggi. Untuk motor Revo, rasio kompresi mesinnya adalah 9.3 : 1, sehingga bahan bakar yang cocok digunakan adalah Pertalite yang memiliki kadar oktan 92.

Ganti filter udara

Filter udara pada moto Revo berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu yang masuk ke dalam sistem pembakaran. Jadi Anda sebaiknya cek kondisi filter udara motor Revo. Jika sudah kotor, maka lakukan penggantian filter udara.