Ukuran Piston NMAX Semua Tipe

Ukuran Piston NMAX – Piston memiliki fungsi yang cukup penting pada kendaraan, fungsi piston yakni menerima tekanan pembakaran kemudian meneruskan tekanan tersebut menuju poros engkol melalui komponen yang memiliki nama connecting rod.

Advertisements

Piston motor NMAX memiliki ukuran yang sama meskipun NMAX sendiri memiliki tiga jenis tipe motor. Berikut ini adalah ukuran piston NMAX sesuai dengan tipe motornya.

Ukuran piston NMAX 155 Standart version adalah 58 mm, lalu Yamaha NMAX 155 Connected memiliki ukuran piston 58 mm, dan Yamaha NMAX 155 ABS Version juga memiliki ukuran piston 58 mm.

Pada artikel ini terdapat daftar isi pembahasan sebagai berikut.

  • Ukuran Piston NMAX Seluruh Tipe
  • Masalah Umum Yang Terjadi Pada Piston NMAX
  • Tanda-Tanda Piston NMAX Mengalami Kerusakan
  • Cara Merawat Piston NMAX Supaya Awet
Advertisements

Ukuran Piston NMAX Seluruh Tipe

Motor NMAX keluaran Yamaha ini memang memiliki tiga tipe yang berbeda, namun penggunaan piston pada komponen motor NMAX memiliki ukuran yang sama. Hal tersebut akan memudahkan anda untuk menemukan piston NMAX dimanapun jika mengalami kerusakan.

Berikut ini ukuran piston NMAX sesuai dengan tipe kendaraannya.

  • Ukuran Piston Yamaha NMAX 155 Standart version yakni 58 mm
  • Ukuran Piston Yamaha NMAX 155 Connected yakni 58 mm
  • Ukuran Piston Yamaha NMAX 155 ABS Version yakni 58 mm.

Apabila anda ingin melakukan pembelian piston NMAX melalui situs belanja online, anda dapat menuju link di bawah ini untuk mendapatkan akses ke toko otomotif yang menjual piston ori, murah, dan terpercaya.

Advertisements

Masalah Umum Yang Terjadi Pada Piston NMAX

Piston sebagai komponen motor yang sangat penting tentu perlu diperhatikan kondisinya, karena jika piston mengalami kerusakan dapat memberikan gangguan terhadap laju kendaraan motor NMAX anda. Berikut ini merupakan masalah umum yang sering terjadi pada piston motor NMAX.

Ring Piston Lemah

Ketiko ring piston NMAX sudah lemah ia akan memunculkan beberapa tanda-tanda, namun tanda ini biasanya hanya terlihat ketika motor NMAX digeber dalam rpm tinggi. Ketika motor digeber dalam rpm tinggi dan mengeluarkan asap, asap ini tidak terlalu tebal dan cenderung tipis.

Bagi pengguna NMAX yang tidak mengatahuinya, hal tersebut merupakan gejala bahwa ring piston motor anda sudah lemah dan waktunya diganti.

Piston Aus

Dengan penggunaan yang terus menerus dan usia motor, tentu memberikan dampak kepada kualitas komponen motor, termasuk piston. Piston yang telah digunakan sejak lama tentu performa kinerjanya akan berkurang, dikarenakan piston sudah tidak lagi memiliki daya kedap udara dan dapat menimbulkan aus serta membuat kompresi mesin menjadi bocor.

Hal tersebut jika terjadi, akan membuat tarikan mesin motor NMAX anda akan mejadi berat dan tidak nyaman.

Tanda-Tanda Piston NMAX Mengalami Kerusakan

Anda harus mengetahui tanda-tanda jika piston motor NMAX kesayangan anda mengalami kerusakan, untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah. Jika motor anda mengalami tanda-tanda berikut ini segera bawalah ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Advertisements

Suara Mesin Motor Kasar

Mesin motor dalam kondisi yang sehat dan normal tentu suaranya akan terdengar halus dan tidak berisik, namun jika piston motor anda mengalami kerusakan, motor akan menghasilkan suara yang kasar dan berisik.

Jika motor anda mengeluarkan suara yang kasar, alangkah baiknya segera dilakukan pengecekan ke bengkel.

Kinerja Mesin Menurun

Kinerja mesin menurutn merupakan pertanda bahwa piston motor anda mengalami kerusakan. Kinerja mesin menurun ditandai dengan tarikan yang berat dan tersendat-sendat. Dalam beberapa kondisi juga dapat menyebabkan motor mati mendadak.

Jika tarikan mesin motor anda sudah terasa tidak nyaman segera bawalah ke bengkel, untuk menjaga keamanan anda dalam berkendara.

Cara Merawat Piston NMAX Supaya Awet

Berikut ini merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga keawetan piston motor anda, ikutilah tips berikut ini secara rutin untuk merawat piston anda.

  • Bersihkan secara rutin piston kendaraan
  • Lakukan cek secara berkala kondisi ring piston, pastikan dalam kondisi baik
  • Gunakanlah oli standar dengan kualitas terbaik untuk motor anda
  • Lakukan servis kendaraan secara rutin