Ukuran Piston Karisma Semua Jenis

Ukuran Piston Karisma – Piston menjadi salah satu komponen yang penting untuk performa kendaraan bermotor. Perlu diketahui bahwa ukuran piston setiap jenis motor berbeda – beda. Untuk mengetahui ukuran piston Karisma, silahkan simak artikel berikut.

Advertisements

Berapa ukuran standar piston motor Karisma?

Ukuran piston Karisma adalah 52,4 mm dengan ukuran pen 13 mm. Ukuran seher atau piston setiap tipe kendaraan berbeda – beda.

Daftar Isi :

  • Ukuran Piston Karisma
  • Tanda – Tanda Kerusakan Piston Motor Honda Karisma
  • Dampak Positif dan Negatif Oversize Piston Motor Karisma
  • Bagaimana Cara Perbaiki Piston Karisma Rusak?
Advertisements

Ukuran Piston Karisma

Piston pada mesin kendaraan bermotor, memiliki peran menahan atau menerima hasil pembakaran, kemudian meneruskannya ke poros engkol dalam bentuk gerakan putar. Dengan adanya komponen piston atau seher tersebut, dapat membuat roda motor berjalan.

Untuk ukuran diameter seher atau piston motor Karisma adalah 52,4 mm, dengan ukuran pen (penghubung seher dengan stang seher) sebesar 13 mm.

Apabila piston atau seher motor Kharisma telah usang dan harus dilakukan penggantian, Anda dapat membelinya secara online melalui e-commerce Shopee.

Dengan melakukan pembelian piston secara online via Shopee, Anda bisa saja mendapatkan voucher potongan harga atau gratis biaya pengiriman. Untuk dapat mengetahui ketersedian piston dengan ukuran std atau ori Karisma, silahkan klik tombol di bawah ini.

Tanda – Tanda Kerusakan Piston Motor Honda Karisma

Di dalam piston terdapat komponen – komponen lain, agar piston dalam bekerja secara optimal. Namun, apabila kompenen tersebut tidak terpasang dengan baik, dapat mengganggu cara kerja, dan merusak piston.

Berikut ciri – ciri piston motor rusak.

Advertisements

Keluarnya asap berwarna putih pada knalpot

Keluarnya asap putih tersebut berbeda dengan motor dengan kondisi piston yang normal. Saat piston rusak, asap yang keluar dari knalpot akan berwarna putih tebal, dan berbau gosong.

Selain itu, asap akan muncul secara langsung saat mesin menyala, dan akan semakin tebal saat gas ditarik.

Mesin mengeluarkan suara kasar

Dengan adanya suara kasar saat mesin dinyalakan, menjadi salah satu tanda bahwa piston motor rusak.

Hal tersebut biasanya dikarenakan adanya celah yang besar pada ring piston, sehingga menimbulkan guncangan yang keras, dan membuat dinding silinder dan piston tergerus.

Jumlah Oli Sering Habis

Biasanya ciri – ciri ini akan muncul setelah keluar asap putih tebal dari knalpot motor Kharisma. Oli akan semakin boros dan hanya dapat digunakan dalam beberapa pemkaian saja, jika piston telah rusak parah.

Kompresi mesin motor rendah

Kompresi atau jumlah tekanan pada silinder mesin motor yang berada di bawah normal menjadi salah satu indikator piston rusak.Setiap mesin memiliki batas ukuran masing – masing.

Pada umumnya, rasio kompresi motor Karisma berbahan bakar premium / pertalite yaitu 9 : 1. Untuk mengetahui nilai kompresi di bawah normal atau tidak, Anda harus melakukan tes kompresi menggunakan alat tertentu.

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan pengisian bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah dapat menyebabkan piston menjadi lebih cepat rusak.

Dampak Positif dan Negatif Oversize Piston Motor Karisma

Tidak hanya memperhatikan tampilan luar, modifikasi motor juga dilakukan pada bagian mesin. Oversize atau mengganti ukuran piston lebih besar merupakan salah satu kegiatan modifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan performa mesin.

Biasanya oversize dilakukan pada mesin motor lama yang telah aus karena usia pemakaian. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas cc mesin dengan mengganti ukuran piston serta mengganti boring asli, Anda dapat melakukan bore up.

Perbedaan antara bore up dan oversize, yaitu saat melakukan oversize (os) ukuran untuk membesarkan piston terbatas dan sama sekali tidak melakukan penggantian boring.

Namun, melakukan oversize pada piston motor Karisma, dapat menimbulkan berbagai dampak positif dan negatif.

Berikut dampak positif dan negatif oversize piston motor Karisma.

Dampak Positif Oversize Piston Motor

  • Kompresi mesin menjadi normal
  • Gerakan piston menjadi lancar
  • Tarikan mesin motor menjadi lebih responsif
  • Proses pembakaran mesin menjadi normal
  • Menjadi alternatif perbaiki ruang pembakaran
Advertisements

Dampak Negatif Oversize Piston Motor

  • Kebutuhan bahan bakar menjadi lebih boros
  • Garansi mesin resmi akan hangus
  • Mesin motor menjadi lebih cepat panas
  • Sering melakukan pelumasan/ ganti oli
  • Dapat menimbulkan potensi “ngelitik” atau bergetar pada motor
  • Dapat meningkatkan kerusakan lebih tinggi.

Bagaimana Cara Perbaiki Piston Karisma Rusak?

Berdasarkan informasi yang telah didapatkan, piston motor yang telah rusak tidak dapat diperbaiki, sehingga Anda harus membeli yang baru.

Namun, penggantian piston baru terkadang masih dapat menimbulkan masalah, jika ukuran yang digunakan tidak sesuai, atau adanya ketidakcocokan dengan kondisi pembakaran mesin.