Ukuran Piston Jupiter : Z, Z New, Z1, dan MX

Ukuran Piston JupiterPiston atau seher menjadi salah satu komponen motor yang memiliki fungsi penting. Jika piston rusak, maka motor tidak akan bisa menyala. Jika Anda ingin mengganti piston motor Jupiter yang rusak, Anda perlu mengetahui ukuran pistonnya.

Advertisements

Lalu berapa ukuran piston Yamaha Jupiter?

Ukuran piston Yamaha Jupiter adalah 49 mm, ukuran piston New Jupiter Z dan Jupiter Z1 adalah 50 mm, ukuran piston Jupiter Z adalah 51 mm, dan ukuran piston Jupiter MX adalah 54 mm.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang piston Yamaha Jupiter secara lengkap, silahkan Anda baca penjelasannya berikut ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Piston Yamaha Jupiter Semua Tipe
  • Oversize Ukuran Piston Jupiter
  • Penyebab Piston Jupiter Rusak
  • Tanda – Tanda Piston Motor Jupiter Rusak
  • Tips Merawat Piston Jupiter agar Awet
Advertisements

Ukuran Piston Yamaha Jupiter Semua Tipe

Setiap motor Yamaha Jupiter memiliki ukuran yang berbeda – beda. Berikut adalah ukuran piston Yamaha Jupiter semua tipe.

Toko Otomotif ShopeeUkuran Piston
Yamaha Jupiter49 mm
New Jupiter Z50 mm
Jupiter Z150 mm
Jupiter Z51 mm
Jupiter MX54 mm

Jika ingin mencari harga piston yang murah dan berkualitas, Anda bisa melihat pilihan produknya di  Shopee. Terdapat banyak promo dan gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke tokonya.

Oversize Ukuran Piston Jupiter

Motor Jupiter menjadi salah satu motor yang sering digunakan sehari – hari. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan bore up untuk merubah diameter piston bawaan pabrik menjadi ukuran yang lebih besar atau oversize. Tujuannya adalah meningkatkan tenaga mesin agar lebih kuat.

Motor Jupiter yang biasanya dilakukan oversize piston adalah Jupiter Z. Biasanya bore up pada motor Jupiter Z dilakukan dengan mengganti piston os 100 yang diameter pistonnya 52 mm dan pen piston 13 mm.

Jika ingin melakukan oversize piston, Anda perlu konsultasi dulu ke ahlinya. Hal tersebut untuk menghindari kegagalan dalam proses bore up.

Penyebab Piston Jupiter Rusak

Piston Jupiter yang mengalami kerusakan juga bisa menimbulkan masalah. Anda perlu mengetahui apa saja penyebab piston motor Jupiter bisa mengalami kerusakan agar Anda bisa lebih waspada.

Berikut adalah beberapa penyebab piston Jupiter rusak.

Advertisements

Penggunaan oli mesin yang berkualitas rendah

Semua komponen motor akan tetap terjaga kondisinya dengan baik jika pemilik kendaraan merawatnya dengan baik.

Salah satu perawatan motor yang bisa Anda lakukan adalah mengganti oli secara rutin. Selain itu, jangan pernah gunakan oli bekas atau oli yang kualitasnya buruk meskipun harganya murah.

Karena oli yang kualitasnya buruk akan membuat gesekan piston dengan dinding piston semakim keras. Akibatnya piston akan cepat rusak.

Menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah

Banyak orang tidak ingin menggunakan bahan bakar oktan tinggi dengan alasan harganya mahal. Padahal penggunaan bahan bakar oktan rendah bisa mengakibatkan piston akan cepat rusak. Karena bahan bakar berkualitas buruk bisa menyebabkan kerak pada piston dan proses pembakaran menjadi tidak optimal.

Untuk motor Jupiter sendiri jenis bahan bakar yang sebaiknya adalah pertalite dengan kandungan oktan 92 atau pertamax dengan kandungan oktan 95.

Piston dan klep bertabrakan

Tabrakan yang terjadi antara piston dan klep juga menjadi penyebab piston rusak. Penyebabnya bisa bermacam – macam, salah satunya adalah penggunaan piston yang sepsifikasinya tidak sesuai dengan standar.

Jika tabrakan tersebut terjadi, pasti ada salah stu komponen yang rusak entah itu klepnya bengkok ataupun pistonnya yang bolong. Oleh sebab itu, penggantian piston motor tidak bisa dilakukan sembarangan.

Tanda – Tanda Piston Motor Jupiter Rusak

Saat piston motor Jupiter mengalami kerusakan, motor akan menunjukkan beberapa tanda – tanda. Berikut ini adalah ciri – ciri piston Jupiter rusak yang perlu Anda waspadai.

Advertisements
  • Motor tiba – tiba mogok dan sulit dinyalakan.
  • Keluar asap putih tebal dari knalpot motor.
  • Suara mesin terdengar kasar.
  • Kinerja motor menjadi menurun.
  • Oli motor cepat habis.

Jika menemukan tanda – tanda tersebut, segera bawa motor Jupiter Anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan apakah kerusakan berasal dari piston atau dari komponen lainnya.

Tips Merawat Piston Jupiter agar Awet

Untuk menjaga piston Jupiter Anda agar tetap awet, Anda bisa melakukan beberapa tips perawatan berikut ini.

  • Ganti oli secara berkala untuk memaksimalkan pelumasan piston
  • Ganti ring piston jika kondisinya sudah tidak layak pakai
  • Gunakan bahan bakar yang berkualitas
  • Lakukan servis secara rutin untuk pengecekan komponen mesin
  • Ubah gaya berkendara menjadi lebih baik seperti menarik gas dengan perlahan