Ukuran Piston Astrea Grand, 800, Star, Prima, dan Impressa

Ukuran piston Astrea – Piston (atau disebut juga seher) merupakan salah satu komponen motor yang letaknya berada di dalam tabung mesin pembkaran. Piston memiliki fungsi yang cukup penting. Karena jika piston bermasalah, maka motor tidak akan bisa menyala.

Advertisements

Piston untuk setiap tipe motor keluaran honda, yaitu astrea memiliki ukuran yang berbeda – beda. Lalu berapa ukuran piston Astrea?

Ukuran piston Astrea 800 dan Astrea Star adalah 47 mm, sedangkan ukuran piston Astrea Prima, Astrea Impressa, dan Astrea Grand adalah 50 mm.

Untuk mendapatkan informasi seputar piston Honda Astrea secara lengkap, Anda bisa membaca penjelasannya di bawah ini:

Daftar Isi :

  • Ukuran Piston Astrea Semua Tipe
  • Beberapa Masalah Umum pada Piston Honda Astrea
  • Ciri – Ciri Piston Motor Astrea Rusak
  • Tips Merawat Piston Astrea agar Awet
Advertisements

Ukuran Piston Astrea Semua Tipe

Honda Astrea dibagi menjadi beberapa tipe dan memiliki ukuran piston yang berbeda – beda. Anda perlu mengetahui ukuran piston tipe motor astrea Anda. Berikut ini ukuran piston Honda Astrea semua tipe:

  • Ukuran piston Astrea 800 adalah 47 mm
  • Ukuran piston Astrea Star adalah 47 mm
  • Ukuran piston Astrea Prima adalah 50 mm
  • Ukuran piston Astrea Impressa adalah 50 mm
  • Ukuran piston Astrea Grand adalah 50 mm

Jika Anda ingin membeli piston astrea dengan harga yang murah dan original, Anda dapat membelinya online melalui toko otomotif shopee terpercaya. Berikut tombol menuju ke shopee nya.

Masalah Umum pada Piston Honda Astrea

­­­Sebagai salah satu komponen dengan fungsi yang penting, Anda perlu menjaga kondisi piston agar selalu dalam keadaan baik. Berikut adalah beberapa masalah umum yang sering ditemui pada piston Astrea.

Advertisements

Piston mengeluarkan suara yang berisik

Salah satu ciri piston rusak adalah terdengar suara berisik dari dalam mesin motor pada saat dijalankan dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut disebabkan karena ada celah yang terlalu besar antara piston dan dinding piston.

Akibatnya, piston yang sudah aus tersebut membentur dinding silinder sehingga muncul suara yang berisik.

Piston terbakar

Piston yang mengalami pembakaran dengan suhu yang tinggi bisa menyebabkan piston meleleh dan berlubang. Hal tersebut bisa disebabkan karena penggunaan bahan bakar yang kotor.

Jika sudah seperti itu, motor biasanya tidak bisa dinyalakan lagi. Anda harus mengganti piston tersebut dengan yang baru agar kinerja mesin kembali normal.

Piston pecah

Piston yang pecah bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti penggunaan bahan bakar ataupun kualitas piston yang rendah.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu menjaga kualitas komponen motor yang Anda pakai. Gunakan sparepart original ataupun aftermarket dengan kualitas yang bagus agar lebih awet.

Cincin piston aus

Seiring pemakaian motor Astrea yang sudah lama, banyak komponen – komponen motor yang mengalami kerusakan termasuk piston.

Biasanya piston yang sudah lama digunakan kinerjanya akan berkurang. Piston dan silinder piston sudah tidak lagi kedap udara sehingga mengakibatkan bahan bakar masuk ke silinder dan sistem pembakaran jadi tidak sempurna.

Biasanya kondisi ini ditunjukkan dengan keluarnya asap putih yang lebat dari knalpot. Akibatnya, tenaga motor dan juga oli akan berkurang.

Timing belt putus

Timing belt pada motor Astrea berfungsi untuk mengatur pergerakan piston agar sesuai dengan fungsinya. Jika timing belt dan piston terkunci, maka piston bisa bertabrakan dengan katup piston yang menyebabkan timing belt putus.

Oleh sebab itu, Anda perlu memilih timing belt dengan kualitas yang bagus untuk menghindari kerusakan piston.

Ciri – Ciri Piston Motor Astrea Rusak

Setelah mengetahui penyebab piston motor Astrea rusak, Anda juga perlu mengerti bagaimana ciri – ciri piston Astrea yang rusak agar Anda bisa lebih waspada.

Berikut adalah beberapa ciri – ciri piston Astrea rusak:

Advertisements

Motor Astrea sulit dinyalakan

Ciri utama piston rusak adalah motor yang sulit dinyalakan. Jika motor Astrea Anda tiba – tiba mogok atau susah dinyalakan, bisa jadi yang bermasalah adalah pistonnya. Oleh sebab itu, pengecekan secara rutin harus diakukan untuk mengetahui kondisi piston apakah masih layak digunakan atau tidak.

Muncul asap putih lebat dari knalpot

Normalnya, asap yang keluar dari motor tidak akan berwarna. Jika asap yang keluar dari knalpot motor Astrea Anda berwarna putih, bisa jadi disebabkan oleh ring piston yang sudah aus.

Untuk mengganti ring piston motor Satrea tersebut, Anda bisa membawanya ke bengkel terpercaya.

Suara mesin Astrea kasar dan kinerjanya menurun

Mesin dengan kondisi normal biasanya mengeluarkan suara yang halus. Jika suara mesin tersebut terdengar kasar namun tenaga yang dikeluarkan tidak maksimal, bisa jadi piston Astrea tersebut bermasalah.

Namun Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena suara mesin yang kasar bisa jadi disebabkan oleh hal lain.

Tips Merawat Piston Astrea agar Awet

Ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga piston agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa tips merawar piston  Astrea agar lebih awet:

  • Bersihkan piston menggunakan cairan pembersih
  • Pastikan kondisi ring piston masih dalam kedaaan baik
  • Gunakan oli standar berkualitas bagus
  • Lakukan servis secara berkala